Zaman yang kian berkembang membuatmu harus menekan pengeluaran sehari-hari. Hal ini supaya kamu bisa menabung untuk kebutuhan hidup lainnya. Untuk itu, segala cara berhemat kamu lakukan, termasuk biaya makan. Misalnya nih kamu jadi sering memasak sendiri supaya nggak beli makanan di warung. Padahal, di warung kamu juga bisa berhemat kok. Asalkan makanan yang dipilih memang murah dan kamu pintar mengakalinya sebagai lauk saat jam makan berikutnya.

Nah, kira-kira apa aja ya menu lauk yang murah di warung dan bisa dimasak sendiri? Apalagi kalau sekali makan uang yang keluar di bawah 10.000. Wah, kantongmu benar-benar tetap gendut deh! Langsung aja yuk simak 7 lauk yang bisa menjadi pasangannya nasi putih berikut ini!

1. Siapa yang bisa menolak gurihnya ikan asin? Beberapa potong ikan udah bisa mengobati rasa lapar, apalagi kalau ada sambal terasi!

makan ikan asin pasti gak berani langsung banyak-banyak deh ;)))) via ahsanfile.com

Ada gak ya lauk yang kalau dimakan itu gak abis-abis?

Ikan asin tuh. Lo jilat-jilatin aja sambil makan nasi putih juga kenyang.

Yup, ikan asin memang lauk yang bisa dinikmati tanpa harus memakan dagingnya. Rasa asinnya yang seperti nggak pernah ada habisnya ini tentu bisa menghemat pengeluaranmu. Kamu bisa menikmati sedikit potongan daging ikan asin dengan nasi putih yang banyak lho dan rasa asinnya juga tetap mendominasi.

Advertisement

Apalagi kalau disajikan dengan sambal terasi, nggak ada yang mengalahkan deh kelezatannya. Ditambah harganya yang murah meriah, kurang hemat apalagi coba?

2. Asah kemampuan memasak dengan membuat kering tempe. Selain lauk ini tahan lama, biaya membuatnya juga gak seberapa.

tahan lama lho via www.resepdian.com

Adik aku besok mau pergi seminggu ke luar kota. Bawain bekal apa ya biar dia gak mengeluarkan banyak uang?

Kamu masakin kering tempe aja. Kan awet tuh berhari-hari gak perlu digoreng lagi juga.

Harga tempe yang murah meriah dan bergizi ini udah terkenal di mana-mana. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak mencoba bereksperimen dengan bahan utamanya tempe. Untuk hematnya, Hipwee menyarankan nih kamu membuat kering tempe aja. Meski dipotong kecil dan tipis-tipis, perut kamu tetap kenyang kok tanpa harus memakan tempe dengan potongan yang besar dan tebal. Udah gitu kering tempe tahan lama lagi.

3. Mencoba sesekali menu vegetarian juga gak apa-apa, misalnya aja nasi putih lauknya terong balado. Hmm…rasanya juara!

vegetarian sesekali yuk via sumberpakan.com

Kalau sehari-hari udah sering mengonsumsi daging, nggak ada salahnya sesekali lauk untuk menemani nasi putih menggunakan sayuran. Kamu bisa memilih terong sebagai sayuran yang diolah dengan bumbu balado seperti telur atau ayam. Rasa lezatnya nggak kalah kok dengan kedua lauk itu. Hehe.

4. Bakso gak hanya buat camilan pengganjal perut aja. Buat lauk pakai nasi putih juga bisa…

gimana, kurang nikmat apa? via timetodrool.blogspot.co.id

Siapa bilang menghemat pengeluaran makan hanya dapat dilakukan dengan makan lauk pauk yang harganya murah? Kenyataannya kamu masih bisa kok membeli jajanan sebagai teman nasi putih, misalnya aja bakso. Kalau kamu beli bakso seporsi dan ada 4 atau 5 butir bakso yang didapat, maka bisa dibagi sebagian untuk makan siang dan sisanya lagi untuk makan malam. Ditambah lagi kalau ada bihun atau mie kuningnya, perutmu semakin kenyang deh.

5. Meski harganya lumayan , tapi daging abon ini tahan lama dan banyak gizinya. Gak ada salahnya kamu memilih lauk ini buat makan sehari-harinya.

dibuat variasi seperti ini juga menggugah selera makanmu ;D via cookpad.com

Daging abon harganya memang cukup lumayan menguras kantong, tapi gizi dan tahan lamanya nggak akan merugikan kamu. Hanya dengan sedikit suwir-suwiran abon, perutmu pun udah kenyang dan abon yang masih ada bisa disimpan lagi tanpa harus menghangatkan kembali. Kelebihan daging abon ini sangat tahan lama. Jadi kalau kamu pandai mengukur taburan daging abon ke nasi putihmu, bisa sebulan lebih dikonsumsi juga belum habis-habis.

6. Gorengan juga bisa menjadi sahabat nasi putih. Misalnya aja gorengan tahu, tempe, dan risol. Dijamin murah meriah sih…

menggugah selera via majalahkesehatan.com

Jangan mengaku orang Indonesia kalau kamu nggak suka gorengan. Meski minyaknya dipakai berkali-kali, tetap aja rasa lezatnya nggak bisa kamu tolak, hehe. Nah, karena kamu dalam rangka berhemat nih, nggak ada salahnya memanfaatkan gorengan yang dibeli sebagai cemilan kamu ubah jadi lauk. Gak rugi dong, apalagi gorengan yang kriuk-kriuk ini pasti membuatmu semangat saat makan.

7. Bosan nasi putih? Kamu bisa nih membuat nasi goreng. Porsi nasinya yang diperbanyak dan pakai satu telur aja biar hemat! 😀

nasi goreng kalian yang begini ajalah via www.tvmuh.com

Yang bosan makan sendirian, bisa nih menciptakan nuansa kehangatan dengan masakan atau makanan yang kamu beli. Porsi nasi goreng yang banyak bisa kamu manfaatkan untuk berbagi dengan yang lain. Kamu juga bisa memasak sendiri, misalnya aja sengaja mengambil porsi nasi putih yang banyak dengan telur sebutir. Dijamin deh, nggak ada yang menolak dari nasi gorengmu ini.

Jadi, menu apa yang kamu pilih untuk menekan pengeluaranmu? Semoga semakin bersemangat berhemat ya dan apa yang Hipwee informasikan ini bermanfaat buat kamu. Selamat menekan pengeluaran, guys! 😀