Makin ke sini, makin banyak acara-acara TV dengan berbagai genre bermunculan menghiasi layar TV kita. Dari mulai komedi dan talkshow ringan, hingga acara-acara berbau politik dan hukum yang ‘berat’ untuk dimengerti. Tapi sayangnya, tak sedikit pula dari daftar acara tadi yang mengandung unsur-unsur kurang layak tonton. Bahkan, disinyalir dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia), acara-acara ini dapat membodohkan masyarakat jika terus menerus ditayangkan,

Tapi, nggak semua cara TV di Indonesia itu buruk, kok. Masih banyak jajaran acara yang layak dan baik untuk ditonton dari pagi memulai aktivitas hingga malam hari menjelang tidur. Nih, Hipwee bagikan khusus buat kalian…

1. Ranking 1 Trans TV, acara yang mengajak kita bernostalgia pelajaran di masa sekolah. Bonusnya, ingatan akademis kita akan makin terasah.

Dipandu presenter kocak, Ruben Onsu, Pampam dan Atika Sari Devi membuat acara edukasi ini dikemas dengan apik nan seru. Tayang setiap Senin-Kamis pukul 8.30, menjadikan Ranking 1 sangat layak tonton untuk menyegarkan pagi harimu dengan pengetahuan-pengetahuan baru serta bermanfaat bagi memori akademismu yang mungkin sedang ‘tumpul’.

Ranking 1…. pinter nggak tuh?

2. Upgrade pengetahuan dan wawasan dengan Laptop Si Unyil. Meski dipandu boneka, mutu dan manfaat acara ini cukup lumayan

Advertisement

Duh, Unyil…. via merdeka.com

Untuk menemani jam istirahatmu, acara yang ditayangkan Trans 7 ini sepertinya cocok dan tak kalah menarik. Konten tayangan yang tak biasa dan bermanfaat pun senantiasa ditampilkan dalam acara ini seperti, petualangan, cara pembuatan makanan khas daerah, serta perkembangan teknologi yang semakin maju. Bonusnya, kamu akan dibuat gemas dengan pembawaan Unyil yang lucu dan atraktif.

Baca juga: Tayangan ‘Sampah’ Versi KPI

3. My Trip My Adventure. Nggak hanya mengajakmu keliling Indonesia. Di sini kamu akan merasakan mewahnya jadi anak muda

Pagiiiii….!! Sebentar lagi #mtmadiver jangan sampe ga nonton!!!

Video kiriman my trip my adventure #mtma (@mytrip_myadvntr) pada

Melihat kenyataan bahwa kekayaan alam di Indonesia itu tak ada habisnya. Trans TV bersama Vicky Nitinegoro, Nadine Chandrawinata serta Denny Sumargo menampilkan acara petualangan yang tidak biasa serta membuat takjub penonton dengan suguhan-suguhan pemandangan alamnya, My Trip My Adventure. Muncul di layar kaca pada pukul 10.00 pada hari Jumat dan 8.30 pada Sabtu-Minggu menjadikan tayangan ini selalu ditunggu para pemirsa, khususnya penikmat petualangan alam. Peminat acara ini pun semakin bertambah karena semangat dan keatraktifan anak muda sangat ditonjolkan dalam setiap episodenya.

4. Breakout Net TV. Acara musik yang nggak diisi goyang ‘Lalala yeyeye’ semata

Acara musik bermutu niih via youtube.com

Jumlah acara musik di Indonesia memang tak terhitung lagi akhir-akhir ini. Namun, kebanyakan dari acara tadi justru membuat para penggemar musik tak enak hati dengan isi acara yang melenceng dari esensi bermusik yang sesungguhnya. Namun tak usah kuatir, ada acara musik Breakout yang akan memanjakan selera bermusikmu dengan kehadiran para musisi berbakat dari berbagai genre dan tentunya sangat menginspirasi. Jam tayangnya un fleksibel, yaitu pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Hidup Nggak Seindah di TV. Ini Alasan Kamu Harus Berhenti Nonton FTV!

5. Mah…mau tanya dooong. Nggak bertele-tele dan minus drama. Talkshow Mama Dedeh memberimu tayangan simpel tapi mengena

Mah, curhat dong…. via kemendag.go.id

Tayang setiap hari pukul 06.30-07.30 pagi, acara yang dibawakan oleh Abdel dan Mamah Dedeh ini tak ada salahnya kamu tonton untuk memulai aktivitas di pagi hari. Dengan konsep acara yang ringan dan membahas kejadian sehari-hari di keluarga atau masyarakat, kamu takkan dibuat bingung ketika menyaksikannya. Bubuhan komedi juga tak ketinggalan ditampilkan Mamah Dedeh yang begitu ‘nyambung’ dengan gurauan Abdel.

6. Tetangga Masa Gitu? Bukti kalau digarap serius, sitkom Indonesia juga bisa bagus!

Memasuki tahun 2000-an, acara-acara sit-kom di Indonesia memang sudah semakin jarang mengudara, justru sinetron dan infotainment lah yang semakin gencar dan dominan ditayangkan di TV Indonesia. Dengan hadirnya Tetangga Masa Gitu? di Net TV ini rasa rindu pemirsa terhadap tayangan komedi-komedi ringan pun semakin terpenuhi.

7. Big Bang Kompas TV yang dibawakan Andy F. Noya dikemas dengan sisipan komedi ringan nan menarik

Big Bang, Kompas TV via tribunnews.com

Meskipun terbilang acara baru, Big Bang yang tayang di Kompas TV ini tak kalah eksis dengan acara-acara feature lainnya. Dengan menghadirkan bintang tamu anak-anak muda berbakat, Big Bang tentunya membawa banyak manfaat guna memberikan kontribusi bagi perkembangan kreativitas anak bangsa.

8.Daripada nonton sinetron sampah mending nonton On The Spot aja!

On The Spot, Trans 7 via aristyasblog.wordpress.com

Mengambil konten-konten video dari Youtube.com, On The Spot Trans 7 mampu menampilkan hal-hal baru yang bahkan belum pernah terbayangkan sebelumnya dan tentunya banyak menambah pengetahuan. Banyaknya video-video yang ditampilkan tadi pun membuat penonton enggan beranjak dari depan TV saat menontonnya.

Baca juga: Sebelum Mencap FTV Itu Nggak Mutu, Lebih Baik Baca 7 Hal Ini Dulu

9. 86 Net TV mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan kooperatif terhadap hukum serta kepolisian

Siap 86! via netmedia.co.id

Jika kita jeli, acara-acara bertema kepolisian seperti 86 ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Konten acara yang dikemas on the spot ini pun mampu menegaskan tujuan mulia untuk menghargai polisi serta hukum yang berlaku di Indonesia.

10. Stand Up Comedy Kompas TV. Ger-geran. Kritik sosialnya juga lumayan

SUCI, SUCI, SUCI via tabloidbintang.com

Seperti yang kita tahu, acara Stand Up Comedy yang ditayangkan setiap hari Jumat, Sabtu Minggu pukul 22.00 ini banyak mengahadirkan para komika yang tak hanya menyampaikan lawakan, tapi juga kritik-kritik sosial. Pembawaan ringan dan cerdas secara otomatis mengedukasi masyarakat terhadap hal-hal kecil yang seringkali disepelekan di lingkungan sekitar.

11. Bagimu penggemar lagu-lagu zaman dulu, A Night to Remember lah yang paling cocok menemani nostalgia syahdumu

nostalgia yuk via twitter.com

Satu lagi acara musik yang bagus dan layak tonton di Indonesia, yaitu A Night to Remember. Acara musik yang dibawakan oleh Rossa ini banyak menampilkan penyanyi-penyanyi muda dengan membawakan lagu-lagu di awal 1990-2000an sebagai sarana bernostalgia bagi para penggemar. Uniknya, kemasan acara ini tak sama sekali kaku, tapi justru sangat menyenangkan bisa mendengarkan lagi lagu-lagu everlasting Indonesia yang luar biasa bagusnya.

12. Mata Najwa masih jadi talkshow paling berkualitas. Narasumbernya cerdas dan cadas!

Malam ini, kami hadirkan kembali, PEJABAT PEMBURU RENTE, pukul 22.30 WIB hanya di @metrotv

Video kiriman Mata Najwa (@matanajwa) pada

Acara di Metro TV yang tayang setiap hari Rabu jam 20.05 ini memang sudah populer di Indonesia. Kemasan acara yang cerdas dan berbobot terasa lengkap dengan penampilan menawan Najwa Shihab sebagai pembawa acara. Ciri khas Mata Najwa pun terlihat jelas dari banyaknya isu-isu kritis yang dibawakan para narasumber penting pada setiap sesi.

Kalau kamu, ngefans isi acaranya atau Najwa Shihabnya nih?

13. Ini Talkshow Net TV, talkshow ringan penuh canda yang mendeklarasikan “anti SARA” kepada masyarakat Indonesia.

“Kalau ada yang mengejek atau mengolok-olok, denda 5 ribu terus dimasukkin ke toples, ya.”

Sule & Andre, host & co-host Ini Talkshow Net TV.

Mesikpun dibawakan oleh komedian nyentrik Sule dan Andre, kemasan acara yang tayang setiap Senin-Jumat pukul 20.00-21.30 ini sangat menarik serta menjunjung tinggi arti menghargai satu sama lain. Maraknya komedi yang disisipi hinaan SARA di Indonesia, justru membuat acara ini mendeklarasikan “anti SARA” dengan peraturan denda 5 ribu setiap keluar 1 olokan atau hinaan SARA dari presenter atau bintang tamu. Wah, bagus, ya.

14. Akhiri kesibukanmu seharian dengan menonton acara inspiratif, mengedukasi dan kaya manfaat, Kick Andy.

Kinck Andy, Metro TV via deirdretenawin.wordpress.com

Sebagai pengantar tidur atau penutup malammu, tak ada salahnya kamu menyaksikan acara inspiratif seperti Kick Andy. Dengan dipandu Andy F. Noya sebagai presenter, serta kehadiran bintang tamu yang luar biasa membuat acara ini layak kamu tonton demi pengetahuan dan wacana positif baru.

Jadi, acara mana nih yang biasa kamu tonton? Share juga acara layak tonton lainnya di kolom komentar, ya.

Kredit Featured Images by http://foto.metrotvnews.com