Di usia yang telah beranjak dewasa, undangan pernikahan sudah mulai berdatangan padamu. Teman-teman seangkatan yang dulu ospek bareng, KKN bareng, seru-seruan bareng, sekarang banyak yang sudah menikah. Bahkan, beberapa sudah ada yang punya anak. Mungkin, sebentar lagi, giliran teman dekat atau sahabatmu yang akan menikah. Supaya kamu nggak terkejut bila teman dekatmu tiba-tiba mengirim undangan padamu, ada baiknya kamu pahami beberapa gelagat yang mengisyaratkan kalau temanmu itu akan segera menikah.

1. Dia jadi mulai jarang kelihatan, sibuk tapi nggak tahu sibuk apaan.

Biasanya hang out bareng, sekarang sibuk via www.imagui.com

Biasanya, kamu dan dia pasti punya waktu hang out bersama. Di akhir pekan, kamu dan temanmu pasti nongkrong bareng. Tapi akhir-akhir ini, kalian udah jarang bisa kumpul bareng lagi. Dia sepertinya sibuk banget. Kamu nggak tahu pasti dia sibuk apa karena di hari libur pun tampaknya dia masih juga sibuk. Walaupun dia masih sering menghubungi, tapi untuk diajak ketemuan rasanya susah banget. Kalau temanmu lagi kayak gini, jangan panik. Dia nggak lagi marah sama kamu kok, mungkin dia sedang mempersiapkan hari yang super besar untuknya. Tunggu saja!

2. Kalau ada telepon masuk, dia harus menjauh untuk mengangkat telepon itu.

Ngangkat telpon aja sembunyi-sembunyi via www.tumblr.com

Suatu hari, dia bisa ngumpul bareng kamu dan teman-teman lainnya. Tapi, meskipun badannya sedang kumpul-kumpul, pikirannya seolah ada di suatu tempat yang lain. Berkali-kali, dia sibuk melihat ponselnya. Ketika ada telepon masuk, dia harus pergi jauh-jauh dari yang lain untuk menjawab telepon tersebut.

Advertisement

Benar-benar sangat mencurigakan!

Sekali lagi, kamu nggak perlu khawatir. Enggak usah menuduh temanmu terlibat macam-macam apalagi sampai mencurigai dia lagi bisnis narkoba. Tapi, kamu perlu mencurigai jangan-jangan benar kalau dia akan segera menikah.

3. Sering bilang ada acara keluarga, jadi gak bisa ikutan hangout…

Kayaknya tiap minggu acara keluarga via sukatmaatmadja.com

Kamu: Minggu besok nonton yuk rame-rame!

Teman: waduh, nggak bisa deh, aku ada acara keluarga.

Kamu: kayaknya minggu kemarin kamu juga ada acara keluarga? Tiap minggu sekarang arisan keluarga?

Teman: eh, itu kemarin kan dari keluarga bapak sekarang dari keluarga ibu.

Alasan yang sering dilontarkan ketika dia nggak bisa diajak ketemuan adalah ada acara keluarga. Ini sudah kode banget! Memang benar dia sedang ada acara keluarga, tepatnya mempersiapkan acara untuk membentuk keluarga baru.

4. Suka banget ngumpulin kartu nama catering atau fotografer.

Koleksi kartu nama via www.tokopedia.com

Kamu mendapati temanmu ini memiliki hobi baru yang cukup aneh yaitu mengoleksi kartu nama. Tapi, kartu nama yang dikoleksi ini cukup spesifik, bukan sekedar kartu nama. Kartu nama yang menjadi koleksi pilihan temanmu itu adalah kartu nama catering, fotografer, tukang rias, desainer kebaya. Setiap datang ke kondangan atau acara-acara lain, temanmu selalu mengambil kartu nama orang yang memiliki profesi tersebut di atas. Oh iya, bukan cuma koleksi kartu namanya saja, temanmu itu juga follow instagram dan twitter akun-akun yang menawarkan jasa tersebut di atas.

5. Kadang-kadang cerita kalau lagi sebel sama pacarnya, tapi nggak jelas masalahnya apa.

Drama. Drama. Drama. via www.jawaban.com

Beberapa kali, dia curhat sekilas kalau lagi bete sama pacarnya. Anehnya, setiap ditanya sebel kenapa dia nggak pernah jawab.

“Sebel aja,” katanya.

Persiapan menikah memang rumit sehingga kadang bikin bete. Biasanya pasangan yang lagi mempersiapkan pernikahan sering terbawa pada perdebatan-perdebatan kecil. Galau dengan berbagai pertimbangan juga sering kali membuat emosi. Hal yang biasa banget dialami pasangan yang hendak menikah. Makanya, kalau teman kamu emosinya lagi labil nggak jelas dan suka bilang sebel sama pacaranya dengan alasan yang entah apa. Siap-siap aja nih, kemungkinan besar, temanmu itu akan membina rumah tangga.

6. Tiba-tiba posting foto pre-wed… NAH LO!

Tiba-tiba pasang foto prewed via travel.detik.com

Dari sikapnya yang mendadak berubah itu, akhirnya beberapa saat kemudian terjawab sudah kenapa dia menjadi aneh. Segala kecurigaan dan kebingunganmu terjawab seketika di saat temanmu itu memposting sebuah foto di akun sosial medianya, foto pre-weddingnya. Ketika kamu mengetahuinya, kamu langsung menanyakannya pada temanmu yang dijawab dengan malu-malu.

7. Lalu ngajak ketemuan bareng-bareng untuk ngasih undangan.

Tiba-tiba ngasih undangan via simomot.com

Pertanyaan-pertanyaanmu yang bertubi-tubi itu dijawab dengan ajakan ketemuan. Enggak cuma kamu yang diajak ketemuan, beberapa teman lain juga diajak. Bagai menggelar konfrensi pers, dia pun menjelaskan rencana pernikahannya sembari membagi undangan. Semua kebingunganmu dan yang lainnya terjawab sudah. Temanmu yang beberapa hari terakhir mendadak jadi misterius ini ternyata benar-benar akan menikah.

Seandainya, kamu punya teman yang tiba-tiba bertingkah laku mencurigakan seperti ini, jangan buru-buru dihakimi. Yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan hati karena sebentar lagi temanmu akan melangkah ke pelaminan. Yang tabah karena satu per satu temanmu mulai menyandang status istri atau suaminya orang.

Sementara, kamu masih gini-gini aja?