Foto emang jadi medium yang unik dan menjadi salah satu penemuan terbesar yang pernah ditemukan manusia. Foto mengabadikan momen ataupun kejadian yang tak mungkin bisa diulangi lagi — dengan kata lain, foto itu saksi sejarah manusia, Bro.

Nah, di bawah ini ada 24 foto yang tak hanya sekadar foto, namun bisa menjadi sejarah. Ada cerita yang ada di dalam foto-foto ini, mulai dari yang gokil abis hingga yang bikin kamu trenyuh. Pengen tahu foto apa saja? Lihat dalam artikel ini yuk…

1. Foto Akrobatik dari Lantai 86 Gedung Empire State, New York

Aksi nekat dan gila para akrobat via sphotos-h.ak.fbcdn.net

Advertisement

Foto gokil di atas adalah foto akrobat dari Jarley Smith (atas), Jewell Waddeck (kiri), serta Jimmy Kerrigan (kanan). Ketiganya melakukan aksi akrobatik yang gila dan gokil ini dari lantai 86 di Empire State Building, New York. Foto ini sendiri diambil pada tanggal 21 Agustus 1934.

Kamu berani ambil foto seperti ini?

2. Para Gentleman Bergaya di Jembatan Brooklyn

Para gentlemen bergaya di jembatan Brooklyn via ep00.epimg.net

Foto mengagumkan karya Eugene de Salicnac di atas menampilkan 10 gentlemen (pelukis sih sebenarnya), yang asik bergaya sambil bergelantungan di antara kabel – kabel Jembatan Brooklyn, New York. Foto ini sendiri diambil pada tanggal 7 Oktober 1914 di landmark kota New York sejak tahun 1883.

3. Fotonya Orang-Orang Genius Yang Sering Kamu Temui Di Buku Pelajaran

Ketika para genius berkumpul via www.lowbird.com

Yakin deh, pasti kamu bisa tahu yang mana Einstein atau Marie Curie! Tapi kamu bisa tunjukin gak yang mana Piccard, De Broglie, Fowler, Heisenberg, Hendrik Antoon Lorentz atau Neil Bohr?

4. Charlotte Despared, Aktivis Perempuan Yang Bersuara Hingga Usia Senja

Charlotte Despared (1844 – 1939) via sverigeskvinnolobby.se

Foto di atas adalah foto Charlotte Despared yang ambil bagian dalam unjuk rasa anti fasisme yang terjadi di London tahun 1933. Keren yah, udah senja gitu masih aktif menyuarakan opininya?!

5. Anti-Nazi? Di dalam Partai Nazi Sendiri Juga Ada Kok!

August Landmesser via bi.gazeta.pl

Ternyata tidak semua prajurit Nazi tunduk patuh pada kediktatoran Hitler lho!

Dalam foto yang diambil pada tanggal 13 Juni 1936 ini, terlihat ada seorang prajurit yang nggak hormat sama sekali. Banyak orang menduga prajurit ini adalah August Landmesser. August sendiri dikeluarkan dari Nazi setelah menikahi Irma Eckler, seorang wanita Yahudi.

6. Main Tenis di Atas Pesawat Udah Cukup Gokil Belum?

Main tenis di atas pesawat via 24.media.tumblr.com

Fufufufufu, ngeriiiii men!

7. Sutradara Terhebat Bersama Singa Terhebat

Sir Alfred Joseph Hitchcock dan Leo MGM via lh6.googleusercontent.com

Alfred Hitchcock memang bener sutradara handal! Bahkan dia dapat mengarahkan Leo, singa miliki Metro Goldwin Meyer, hingga Leo bisa akting dan menunjukkan kegagahannya. Hasil akting Leo tentu saja sering kamu lihat hingga sekarang:

Itu di si Leo via img2.wikia.nocookie.net

Nah, sering lihat Leo kan?!

8. Dan Bisa Jadi Begini Nasibnya Leo Jika Dia Ada di Afrika….

Leo di Afrika via tengrinews.kz

9. Komitmen Seorang Pengawal…

Anggota Evzone, pasukan pengawal presiden via 4.bp.blogspot.com

Eh, foto di atas bukan foto adegan film lho ya?!

Foto di atas itu adalah foto seorang pengawal kepresidenan (Evzone) Yunani yang diambil saat terjadi kerusuhan di Yunani 2008 yang lalu. Salah satu titik kerusuhan tersebut berada di Syntagma Square, yang juga menjadi tempat Tomb of the Unknown Soldier (Taman Makam Pahlawan) berada.

Namun, ternyata cara yang digunakan Pasukan Huru – Hara untuk membubarkan para demonstran itu adalah dengan melepas gas air mata. Dan para anggota Evzone ini tetap keukeuh nggak beranjak dari posisinya walaupun dia harus merasakan pedasnya gas air mata yang dilepaskan oleh pihak kepolisian. Duh, bayangkan komitmen mereka!

10. Namun, Tidak Selamanya Protes Ditunjukkan Dengan Membuat Kerusuhan…

Rumania via www.azworks.co.kr

Gambar di atas jadi bukti ‘kan, kalau protes itu tidak melulu harus menggunakan kekerasan dan kerusuhan?! Foto di atas adalah foto anak kecil yang memberikan balon berbentuk hati kepada polisi anti huru-hara, saat terjadi kerusuhan di Rumania tahun 2013 yang lalu.

11. Irom Sharmila, Aktivis Bermental Baja Dari India

Irom Sharmila via i.dawn.com

Foto di atas adalah foto dari Irom Sharmila, seorang aktivis yang melakukan protes dengan berhenti makan dan minum sejak 2 November 2000. Wow! Mogok makan ini dilakukannya karena Irom menuntut pencabutan tentara Armed Forces Special Powers Act (AFSPA) dari wilayah timur laut India.

Hingga saat ini, Irom masih mogok makan dan bertahan hidup karena dipaksa makan melalui selang dari hidungnya, serta topangan beberapa multivitamin dan berbagai nutrisi lain yang disuntikkan ke dalam tubuhnya.

12. Th ch Qu ng c, Vietnam

biksu via domtotal.com

Foto di atas adalah foto karya Malcolm Browne yang mengabadikan aksi Th ch Qu ng c, seorang biksu Mahayana di Vietnam yang melakukan aksi bakar diri sebagai bentuk protes kepada pemerintah Vietnam Selatan pada 11 Juni 1963.

Protes ini dilakukannya karena pemerintahan Vietnam di bawah Ng nh Di m melakukan penyiksaan kepada umat Budha Vietnam. Th ch sendiri meninggal dalam aksinya ini, namun ternyata hatinya masih tertinggal dan tak terbakar sama sekali. Hati ini kemudian dianggap suci dan disimpan di dalam Pagoda Xa Loi sebagai bentuk penghormatan kepada Th ch.

13. Jangan Pernah Remehkan Anak Kecil…

Apa yang bakal kamu rasakan saat kamu harus terima nasib jika dikacangin oleh seorang anak kecil? Haha, dongkol pasti! Dan santai saja, kamu engga sendiri kok. Ini nih buktinya,

Pertemuan pertama Gary Kasparov dan Magnus Carlsen via qph.cr.quoracdn.com

Pecatur no. 1 di dunia kala itu, Gary Kasparov (kanan) harus rela dikacangin oleh junornya yang baru berusia 13 tahun, Magnus Carlsen (kiri) dalam pertandingan catur Reykjavik Rapid tournament, tahun 2004. Bahkan Magnus sempat meninggalkan Kasparov yang sedang kesulitan menentukan langkahnya:

Magnus meninggalkan Kasparov yang memikirkan langkahnya via qph.cr.quoracdn.com

Ini bocah nge-rock abiiiss!

14. Ketika Tahanan Dan Sang Penahan Bertemu Kembali

Tawanan dan si penawan bertemu kembali

Foto di atas adalah foto seorang gerilyawati Vietnam, Nguy n Th Kim Lai bersama tawanannya Andrew Robinson, seorang pilot Amerika.

Foto kiri adalah foto pertama yang diambil pada tahun 1965 oleh fotografer Phan Thoan dan menjadi spesial karena menjadi ikon Perang Vietnam. Pada tahun 1995 – tiga puluh tahun kemudian – Andrew mengikuti kru TV Jepang dan bertemu kembali dengan orang yang pernah menahannya.

Pertemuan tersebut berlangsung hangat, bahkan mereka kemudian saling melempar candaan satu sama lain. Dalam pertemuan setelah 30 tahun ini juga terungkap bahwa Andrew menyerah dan tidak melakukan perlawanan pada Nguy n karena Nguy n mengingatkannya pada adik perempuannya. Awww, so sweet!

15. Ingin Lihat Bumi Dari Luar Angkasa, Guys?!

ibdahnya bumi via spaeted.files.wordpress.com

16. Atau Begini…

jump via matukhnov.ru

Dan Karena Keajaiban Yang Luar Biasa Itu Bernama Bumi…

17. Mulai dari Gunung Berapi Yang Ada Di Samudra Luas…

gunung api di laut via 0.static-atcloud.com

Ada sebuah gunung api di dasar laut? Hmmm, kok bisa ya?!

18. Badai Tornado…

Badai tornado supercell via img1.voc.com.cn

Tornado di dalam foto tersebut adalah tornado supercell yang sempat terjadi di Montana, Amerika Serikat pada tahun 2010 yang lalu. Lihat betapa besar diameter dari badai tornado tersebut!

19. Dirty Thunderstorm, Chile

Dirty Thunderstorm via www.golosscience.com

Fenomena alam yang menakjubkan, bukan? Foto tersebut adalah foto dari letusan gunung berapi Puyuhue Cordon Caulle di Chile yang kemudian diikuti dengan hujan petir.

Fenomena di atas sering disebut dengan dirty thunderstrom, badai petir yang terjadi berbarengan dengan letusan gunung berapi. Dirty thunderstom ini terbentuk dari debu – debu letusan gunung berapi yang kemudian membentuk aliran listrik statis di udara.

20. Hingga Catatumbo Lighting, Venezuela

Catatumbo Lighting via k31.kn3.net

Hayo ngeri nggak tuh lihat petir nyamber-nyamber banyak banget gitu?!

Fenomena tersebuat adalah fenomena Petir Catatumbo yang ada di Venezuela. Hampir setiap malamnya kamu bisa menemukan 280 kali sambaran petir yang terjadi di pertemuan Sungai Catatumbo dan Danau Maracaibo. Menurut para ahli, hujan petir ini terjadi karena adanya gas metana keluar dari danau dan sungai di Venezuela ini.

Namun, Walaupun Bumi Terkadang Berbahaya, Kejam dan Mengerikan, Beberapa Orang Masih Tetap Bisa Menikmatinya, Dengan Cara Yang Luar Biasa Gokil dan Gila…

21. Berani Skydiving dengan Tangan dan Tanpa Sepatu?

berani skydiving dengan satu tangan dan tanpa sepatu, seperti orang ini? via www.prikol.ru

22. Selfie di Christ the Redeemer, Sao Paulo, Brazil?

Selfie di atas patung Christ the Redeemer, landmark khas kota Sao Paulo, Brazil?

23. Atau Selfie Dari Atas Gedung Tertinggi Kedua Di Dunia?

Foto di atas adalah foto dua Daredevil asal Rusia, Vadim Makhorov and Vitaly Raskalov. Keduanya mengambil gambar dari Shanghai Tower yang tengah dibangun, tanpa ada satupun alat pengaman! 100 persen Gokil dan gilaa!

24. Dan Orang Ini Tahu Betul Bagaimana Caranya Menikmati Hidup…

George A. Blair via www.trbimg.com

Kenalkan, George A. Blair! Satu-satunya orang yang berani untuk surfing di usianya yang telah menginjak 93 tahun. Luar biasa ya?! Namun sayang kakek pemberani ini telah meninggal pada 2013 yang lalu.

Nah, itu dia 24 foto yang tak hanya sekadar foto, namun menjadi saksi sejarah yang gokil dari segala penjuru dunia. Kamu punya kejadian dan foto yang lebih gokil lagi nggak?