Dulu saat kalian TK atau SD,masih ingat tidak bagaimana disain atau dekorasi ruang kelas kalian? Apa kelas kalian dulu menarik? Apa malah dulu kelas kalian tidak ada dekorasinya? Sekarang kondisi kelas sangat mempengaruhi semangat belajar para siswanya, lho! Ruang kelas yang indah dan sedap dipandang akan membuat kelas menjadi nyaman dan asri. Berikut ada 10 desain kelas yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi anda yang seorang guru ataupun bukan yang ingin mempercantik ruang kelas.

 

1. Kupu-kupu Warna-warni

Kupu-kupu ilmu

Kupu-kupu ilmu via http://facebook.com

Dinding kelas yang kosong tak berarti bisa dijadikan sebagai media kreasi. Buat saja kupu-kupu yang seakan-akan terbang ke atas dengan barang bekas. Tak harus kupu-kupu kok. Kamu bisa gunakan hewan lain seperti lebah atau capung :) Manfaatkan dinding kosong dengan baik supaya kelas menjadi meriah.

2. Papan Tulis Kreatif

liat papan terus ahh

liat papan terus ahh via http://facebook.com

Bagian terpenting dalam ruang kelas adalah papan tulis. Setiap proses pembelajaran mau tak mau para siswa harus menatap dan menoleh ke papan tulis. Karena itu,jangan buat papan tulis kelas menjadi biasa-biasa saja! Gunakan kertas lipat atau buffalo untuk membuat dekorasi papan tulis. Papan tulis yang colorful akan mengundang perhatian dari para siswa.

3. Pintu Kelas Owl

Daftar nama siswa dengan kepala hewan

Daftar nama siswa dengan kepala hewan via http://owl.com

Pintu kelas yang lucu juga pasti akan disenangi siswa. Coba buat daftar nama siswa dengan berbagai inspirasi. Bisa tumbuhan, binatang, atau kendaraan. Dengan begitu, para murid baru tidak akan takut untuk masuk ke kelas.

4. Kelas Playful

semangat sekolah adik Adikk

semangat sekolah adik Adikk via http://facebook.com

Kelas yang playful serta interaktif bisa membuat para siswa bersemangat lho! Buat suasana kelas se-friendly mungkin dengan tema kesukaan anda contohnya, kebun binatang, taman bermain, atau bola dunia.

5. Ruang Musik Tradisional Tapi Modern

Cinta Indonesia

Cinta Indonesia via http://mutiarabunda.com

Menarik bukan berarti selalu berkonsep minimalis dan colorful. Konsep tradisional ini nggak kalah menarik juga, lho. Buatlah ruang musik yang bertema sehingga keadaan ruangan menjadi menyenangkan dan sedap dipandang.

6. Koridor Lego dan Colorful

Yuk kesekolah

Yuk kesekolah via http://faceboo.com

Koridor sekolah jangan lupa dipoles ya! Bikin aja tema yang simpel tapi dekat dengan anak-anak. Seperti konsep lego yang ada diatas. Temanya sih biasa, tapi bila kamu punya jiwa seni yang tinggi konsep itu bakalan jadi luar biasa menarik kok!

7. Nyantai di Student Lounge Yuk!

Tempat janjian para siswa

Tempat janjian para siswa via http://mutiarabunda.com

Minimalis, simpel, berwarna. Tempat nyantai nggak boleh biasa-biasa. Pake saja konsep yang minimalis tapi mengundang perhatian siswa. Dengan begitu, siswa makin betah di sekolah.

8. Pohon Pengisi Kekosongan Koridor

Jika dinding koridor masih ada yang kosong dan hampa,coba isi dengan dekorasi seperti diatas. Nggak usah susah dan muluk. Konsep pohon beserta burung hantu bisa jadi pilihan mudah nan menarik.

9. Kantin Sekolah Berasa Restoran Mewah

pingin dikantin mulu

pingin dikantin mulu via http://facebook.com

Yuk disain kantin sekolah dengan hiasan-hiasan tak biasa. Orang akan betah berada dikantin bila suasana menarik dan menyenangkan. Buatlah para siswa makan bak di restoran mewah karena dekorasinya.

10. Manfaatkan Ruang Kosong

modern nan indah

modern nan indah via http://mutiarabunda.com

Ruang yang kosong jangan dibiarkan begitu saja. Manfaatkan sebagai tempat yang lucu dan bermanfaat. Desainlah ruang kosong dengan berbagai atribut tak biasa tapi tak terlalu mahal. Bisa dengan bambu,kayu,atau bahkan daun-daunan bekas. Menarik dan segar bisa tetap ditonjolkan walaupun ruangan itu sempit.

Itu dia beberapa inspirasi ruangan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi mendisain.Mainkan kreatifitasmu supaya ruangan-ruangan yang biasa disulap jadi tempat yang menarik.

Semangat dan Salam!