Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Maka wajar saja jika mereka berlomba-lomba dalam membuat rambut mereka tetap cantik dan menarik. Meski tidak semua, tapi sebagian besar wanita masih menggemari gaya rambut panjang. Hal itu mungkin sejalan dengan anggapan masyarakat bahwa rambut panjang identik dengan kecantikan yang miliki seorang wanita. 

Rambut yang sehat biasanya akan tumbuh sekitar 1,2 cm setiap bulan. Itu berarti bahwa dalam setahun rambut dapat tumbuh dengan panjang mencapai 15 cm. Sehingga orang-orang beranggapan bahwa rambut panjang adalah rambut yang sehat. Sementara rambut yang tidak sehat adalah rambut rontok, kusut dan kering.

Untuk menjaga agar rambut tetap tumbuh dengan cepat, maka perawatan rambut secara mandiri harus rutin dilakukan. Tidak perlu yang mahal, cukup dengan cara sederhana dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Maka dari itu, yuk simak 5 bahan tradisional tersebut.

1. Santan kelapa

santan kelapa via https://pixabay.com

Memanjangkan rambut dapat dilakukan dengan menggunakan buah kelapa. Caranya adalah dengan memarut buah kelapa kemudian ambil santannya. Oleskan santan kelapa pada rambut hingga merata dari kulit kepala sampai ujung rambut. Kemudian, tutup dengan handuk yang telah dihangatkan lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih. Lakukan terapi santan ini sebanyak 4 kali seminggu selama sebulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Biji kemiri

Biji kemiri telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Caranya yaitu, giling biji kemiri sampai hancur, lalu oleskan ke kulit kepala saat malam hari menjelang tidur. Diamkan semalaman dan cucilah rambut keesokan harinya dengan menggunakan sampo. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Teh Hijau

teh hijau via https://pixabay.com

Advertisement

Salah satu manfaat dari teh hijau adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut secara cepat. Teh hijau mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk mempercepat sirkulasi darah pada kulit kepala. Caranya yakni dengan mencampurkan teh hijau ke rambut dan kulit kepala. Setelah itu, tutup dengan menggunakan handuk hangat. Tunggu sampai 20 menit lalu bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan air dingin. 

4. Minyak Zaitun

minyak zaitun via https://pixabay.com

Minyak zaitun selama ini dikenal memiliki segudang manfaat. Mulai dari memasak, pengobatan, hingga perawatan kecantikan. Tidak hanya itu, Minyak zaitun mengandung berbagai senyawa mineral alami yang baik untuk rambut. Cara menggunakannya adalah siapkan minyak zaitun secukupnya sesuai dengan jenis rambut. Sebelum digunakan, sebaiknya keramas terlebih dahulu agar kotoran tidak menghambat penyerapan minyak zaitun. Setelah keramas, oleskan minyak pada rambut secara merata. Pijatlah secara lembut selama 3-4 menit lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Air Kelapa

Air kelapa via https://pixabay.com

Air ini mengandung protein, kalium, dan zat besi tinggi yang cukup bermanfaat untuk memanjangkan rambut. Gunakan secara rutin minimal 2 hari sekali untuk hasil lebih memuaskan. Caranya yakni dengan menyiapkan air kelapa sekitar 500 ml. Lalu oleskan air kelapa tersebut ke seluruh bagian rambut. Pijat sebentar agar meresap sempurna. Untuk hasil lebih baik, diamkan semalaman dengan menutup kepala menggunakan handuk hangat. Saat pagi, bilaslah rambut dengan keramas sampai bersih.

Mudah sekali bukan? Itulah beberapa cara memanjangkan rambut dengan bahan alami. Meskipun prosesnya lama tapi hasilnya tidak mengecewakan apalagi ini merupakan bahan alami yang sudah terjamin keamanannya.

Sekian dulu. Selamat mencoba, ya.