Korean wave ternyata masih menggema di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bukan hanya Kpop yang berhasil mencuri hati publik Indonesia, tetapi drama yang dihasilkan oleh negara gingseng tersebut juga berhasil memikat para pencinta drama. Episode yang pendek dan cerita yang ringan berhasil membuat drama korea begitu booming di Indonesia, hal tersebut juga ditunjang dengan penampilan para pemainnya yang sangat charming. Banyak drama korea yang begitu populer di indonesia, sebut saja Goblin, The Heirs, Dessendence of The Sun, dll. Pasti diantara para pembaca sudah pada pernah melihat drama tersebut bukan? Nah, berikut adalah drama korea jadul yang berasal dari tahun 2010-an yang mungkin sja belum pernah kalian saksikan. Dijamin, air mata akan berlinang saat kalian menyaksikan 5 drama dibawah ini, apa saja? cekidot!

1. King of Baking, Kim Takgu

Poster Promosi via https://id.wikipedia.org

Di dunia ini tidak ada istilah dan mereka hidup bahagia selamanya

Drama ini cukup populer pada tahun 2010. Hal tersebut dibuktikan dengan ratingnya yang tinggi. Bahkan drama ini pernah ditayangkan di salah satu stasiun tv swasta di Indonesia. Drama King of Baking, Kim Tak-Goo bercerita mengenai Tak Goo (Yoon Shi Yoon) yang ternyata adalah putra dari keluarga kaya yang merupakan hasil hubungan gelap. Ada juga Ma Joon (Joo Won) yang ternyata juga merupakan hasil hubungan selingkuh. Cerita dengan berbagai hubungan yang rumit, konflik keluarga, dendam, dan berbagai emosi yang menyentuh hati ini berhasil membuat rating drama ini tinggi.

Selain itu banyak pesan moral yang disampaikan oleh drama ini, salah satunya kita tidak boleh putus asa dalam hidup dan harus tetap fight dengan berbagai masalah dalam hidup. Drama yang merupakan drama pertama bagi Joo Won ini juga menjadi yang paling banyak dicari di mesin pencari Korea Naver. Bagaimana menurut kalian drama King of Baking, Kim Tak-Goo ini? Oh ya, ada aktris Kim So Hyun juga, lho.

2. Cinderella’s Sister

Poster promosi Cinderella’s Sister via https://id.wikipedia.org

Advertisement

Orang-orang yg meninggalkanku, walaupun mereka pergi tanpa mengatakan apapun, aku bisa melupakan mereka dengan mudah

Drama yang menggantikan King of Baker ini juga tidak kalah menyedihkan ceritanya. Drama ini juga dibintagi oleh aktris dan aktor papan atas korea, sebut saja Moon Geun Young, Chun Jung Myung, Ok Taecyeon, Seo Woo, dll. Drama ini menceritakan kisah klasik Cinderella versi modern, berfokus pada hubungan antara dua saudara tiri yang dibumbui dengan konflik persaingan dan cinta.

Song Eun-jo, yang selama ini tinggal dengan ibunya (dan juga kekasih ibunya), akhirnya mendapat keluarga baru dan rumah setelah ibunya menikah lagi dengan seorang pria kaya yang memiliki sejenis usaha anggur tradisional. Pada awalnya, ia menolak hal itu, dan bahkan mencoba untuk melarikan diri karena trauma akan masa lalunya. Eun-jo yang sinis tidak menerima kasih sayang yang diberikan oleh adik tirinya, Hyo-seon, dan ayah tirinya, Gu Dae-seong. Namun, Eun-jo menemukan seorang teman bernama Hong Ki-hoon, seorang mahasiswa yang bekerja di perusahaan anggur ayah tirinya, yang juga disukai oleh Hyo-seon. Ki-hoon akhirnya meninggalkannya untuk mengurus masalah-masalah pribadi, namun kecemburuan Hyo-seon terhadap Eun-jo menyebabkannya untuk membuat Eun-jo percaya bahwa Ki-hoon telah meninggalkannya.

Ketiganya bertemu kembali 8 tahun kemudian dan memulai jalan cerita utama. Han Jeong-woo, seorang anak yang dianggap oleh Eun-jo sebagai adiknya 8 tahun yang lalu, muncul untuk berada di dekatnya dan melindunginya. Cinta segitiga terbentuk ketika Hyo-seon jatuh cinta pada Ki-hoon, namun Ki-hoon masih mencintai Eun-jo. Perasaan pengkhianatan bergejolak di hati Eun-jo, menciptakan kesalahpahaman dan kesulitan. Namun, kebaikan ayah tiri Eun-jo akhirnya mulai mengubah hidup semua orang.

3. Good Doctor

good doctor via https://en.wikipedia.org

Manusia suka mengingat-ingat kesalahan-kesalahan orang yang membuat mereka menunggu

Nah kalau kalian suka drama yang mengambil tema medis, drama ini wajib masuk playlist kalian. Drama yang memiliki 20 episode ini di perankan oleh aktor tampan Joo Won, dimana ia berperan sebagai seorang dokter anak yang mengidap autisme. Selain itu ada juga Moon Chae Woon, gadis yang menaruh perhatiannya kepada sang dokter autis. Drama ini menceritakan seorang laki-laki autis yang ingin menjadi dokter spesialis anak. Dia mengatasi diskriminasi sosial dan menggunakan kemampuan luarbiasa yang dimilikinya.

4. Briliant Legacy

Menyesal adalah saat kau punya pilihan, tapi kau malah memilih pilihan yang salah

Brilliant Legacy adalah drama bertema keluarga yang secara mengejutkan berhasil mencapai rating 47,1% dan menjadi topik hangat di tahun 2009. Walaupun memiliki episode yang cukup banyak, yakni 28 episode, namun cerita yang disajikan membuat kita merasa kalau episodenya kurang banyak. Drama ini juga diperankan oleh aktris dan aktor kece korea nih, seperti Han Hyo Joo, Lee Seung Gi, Moon Chae Woon dan Bae Soo Bin, pada tau nama-nama pemeran drama ini kan ya?

Drama Brilliant Legacy bercerita mengenai Go Eun Sung yang kehilangan hartanya setelah ayahnya dikabarkan meninggal. Ibu tirinya (Kim MI Sook) diam-diam masih memiliki harta, tetapi dia hanya ingin menghidupi putri kandungnya Seung Mi (Moon Chae Won) sehingga mengusir Eun Sung. Hidup Eun Sung mulai berubah setelah ia menolong seorang nenek tua (Ban Hyo Jung).

5. Pasta

Kau telah membumbui hatiku dengan garam kemudian gula, lalu kau menggorengnya

Jika kalian suka dengan dunia masak-memasak, maka kalian wajib memasukkan drama ini kedalam list kalian. selama nonton drama ini dijamin kalian akan merasa lapar, hehehh. Pasta sendiri adalah drama yang ditayangkan oleh MBC pada tahun 2010 dan memiliki rating yang cukup tinggi. Di drama ini kalian bisa melihat wajah polosnya Kong Hyo Jin, dimana ia berperan sebagai pemeran wanita utama. Pasta mengisahkan tentang impian dan keberhasilan seorang wanita muda yang bercita-cita menjadi seorang koki elit pada restoran ternama "La Sfera". Kita bisa melihat perjuangan Seo Yoo Kyung, yang walaupun ia dipecat berkali kali oleh Chef Pimpinan restoran Choi Hyun Wook, tetapi ia tidak menyerah, justru ia semakin berusaha untuk meningkatkan skill yang ia punya untuk membuktikan kepada Chef-nya bahwa ia masih layak bekerja di "La Sfera".