Menurut beberapa wanita mungkin travelling sendirian adalah hal yang menakutkan, pergi ke tempat baru, tanpa teman, dan sendirian. Tapi pendapat itu tidak berlaku untuk mereka Solo Female Backpacker, para wanita yang memang pecinta travelling dan tahu cara aman ketika travelling sendirian.

Tidak ada salahnya kok kalau kita wanita pergi traveling sendirian. Kita bisa lebih bebas menyusun jadwal perjalanan dan lama waktu untuk menetap di suatu tempat. Banyak hal yang bisa kita lakukkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selama kita berpergian. Sekarang ini semakin banyak wanita yang berpergian bahkan berkeliling dunia sendirian, tapi tetap aman sampai ke tempat tujuan. Ini menunjukkan bahwa dunia travelling tidaklah sekeras yang dipikirkan jika kita memutuskan untuk berpergian sendiri. Ada beberapa tips yang aman untuk kalian para wanita pecinta traveling sendirian maupun bersama teman.

1. Sebelum pergi, cek barang bawaan minimal 3 kali.

Siapkan semua barang bawaan yang dibutuhkan. Berupa pakaian yang dibutuhkan, obat-obatan, alat ibadah, perlengkapan mandi, dll. Jangan sampai ada yang tertinggal apalagi kalau itu adalah barang yang penting. Yang ada perjalanan kita jadi nggak tenang dan selalu kepikiran. Jadi minimal 3 kali pastikan semua barang bawaan sudah masuk ke dalam koper/ransel. Usahakan jangan terlalu banyak barang bawaan, sesuai kebutuhan aja, biar nggak ribet dan nggak mengganggu kenyamanan pas kita travelling.

2. Jangan mengandalkan Handphone, catat nomor-nomor penting di secarik kertas.

Phone number on paper via http://www.heleo.com

Nomor-nomor penting atau nomor darurat sangatlah penting dibawa saat kita pergi jauh ke kota atau bahkan ke negara lain. Nomer yang wajib dicatat adalah keluarga atau orang tua, kakak, teman dekat, atau sodara yang tinggal di kota yang akan kita kunjungi itupun klo ada, lebih bagus lagi ada nomor rumah sakit dan nomor kantor polisi setempat. Jangan mengandalkan Handphone, meskipun mempunyai Handphone lebih dari satu kalau kemungkinan terburuk kecopetan atau hilang kan masih bisa menghubungi keluarga atau orang terdekat karena kita sudah menyimpan nomor ditempat lain. Simpan secarik kertas berisi nomor telepon penting tadi di saku, jangan di tas. Dan jangan sampai lupa selalu memberi kabar kepada keluarga dimanapun posisi kita, jangan karena keasyikan travelling jadi melupakan keluarga ya! 🙂

3. Jangan simpan semua uang di dompet.

Advertisement

Travel money tips via http://www.sophant.co.uk

Usahakan simpan uang yang kamu miliki merata, di dompet, di tas, di saku, atau tempat lainnya yang sekiranya aman untuk mengantisipasi kemungkinan uruk yang bisa saja terjadi. Dan berhati-hati juga saat mengeluarkan dompet, apalagi ditempat umum.

4. Berpenampilan sederhana, tidak berlebihan.

Jangan perlihatkan barang-barang berharga yang kita miliki, barang-barang mewah atau semacamnya yang bisa mengundang para penjahat tertuju pada kita. Jangan berpakaian atau berpenampilan terlalu glamour, jangan terlalu memperlihatkan kesan kita mempunyai harta yang melimpah. Peran kita diperjalanan itu jadi wanita yang tangguh dan pemberani. Dan yang penting juga jangan terlihat takut dan ragu-ragu ketika pergi sendirian, karena saat berada di tempat yang asing memang terkadang muncul rasa takut, padahal ini justru akan membuat kalian terlihat rapuh dan mudah untuk diserang orang jahat. So, be brave, ladies! Kita bisa menjaga diri kita sendiri selama tidak ada orang lain yg menjaga kita.

5. Bawa bekal sendiri.

Travel health tips via http://www.traveller.com.au

Sebaiknya membawa bekal makan dan minum sendiri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk tidak menerima makanan atau minuman dari orang lain yang tidak dikenal.

6. Tidak pernah lupa berdoa dan beribadah memohon perlindungan Tuhan.

Jangan lupa berdoa via http://gambartop10.blogspot.com

Dan yang terpenting daripada itu semua adalah, tidak lupa berdoa sebelum kita berpergian, meminta doa orang tua, dan usahakan untuk selalu berdoa dan mengucap salam dimanapun kita berada. Karena saat kita berpergian jauh dari keluarga, apalagi saat kita pergi sendirian, Tuhan yang selalu bersama kita, jadi jangan pernah merasa sendiri dan takut.

Itu tadi beberapa tips travelling yang aman sendirian buat wanita. Jadi gimana, masih takut dan nggak berani nyoba travelling tanpa teman? Jangan ngaku anak travelling kalo belum ngerasain sensasi pergi traveling sendirian. 🙂