Tulisan ini dibuat oleh Vithry Tanjung dari team ZenRooms. Cek ZenRooms.com untuk memesan kamar berkualitas untuk liburanmu dengan harga yang murah. Gunakan kode ZENVITRI untuk mendapatkan potongan IDR 100K per bookingnya.

Sebagai traveler sejati, apapun bisa dilakukan untuk menghemat perjalanan liburan, termasuk cara packing. Beberapa tips ini mungkin akan berguna untuk liburanmu selanjutnya

 

1. Selalu buat daftar packing

Packing List

Packing List via https://www.tumblr.com

Membuat daftar packing akan membuat kita mengetahui barang-barang apa saja yang akan kita butuhkan selama berlibur. Kegiatan ini dapat meminimalisir kemungkinan melupakan barang penting yang harus dibawa selama liburan. Bukan hanya itu, daftar packing akan membuat kegiatan packing lebih mudah dan terorganisir.

2. Usahakan hanya membawa barang yang dibutuhkan

Minimalisir barang-barang yang akan dibawa. Berpegangan pada daftar packing, coret barang-barang yang mungkin hanya akan membebani, bisa disubstitusi dengan barang lain, maupun sudah tersedia di tempat tujuan. Sebagai contoh, pada umumnya hotel akan menyediakan perlengkapan mandi, jadi tidak perlu lagi membawa handuk dan peralatan mandi, bukan? 

3. Gulung pakaian yang akan dibawa

rolled clothes

rolled clothes via https://www.google.com

Tips yang mungkin paling banyak digunakan traveler di seluruh dunia, gulung pakaian yang dipacking. Baju yang digulung akan menghemat banyak tempat di dalam tas. Bukan hanya itu, menggulung baju dapat mengurangi kerutan pada baju yang dipacking.

4. Bawa tas yang paling ringan

a woman with a bag

a woman with a bag via https://www.pexels.com

Pilih tas berpergian yang ringan. Travelers pasti tidak ingin membuang beberapa kilo jatah bagasi hanya untuk tasnya saja, bukan? Bila memungkinkan, hindari membawa tas berbentuk koper yang berat dan merepotkan. Tas bentuk ransel adalah yang paling simpel dan mudah untuk dibawa-bawa.

5. Jangan membawa tas terlalu banyak

minimalist stuffs

minimalist stuffs via https://www.tumblr.com

Membawa tas terlalu banyak hanya akan merepotkan diri sendiri. Bagi para Travelers, biasanya hanya dianjurkan membawa maksimal 2 tas. Dengan demikian Travelers tidak akan kerepotan dengan membawa barang yang teralalu banyak dan terpisah. Yang paling dianjurkan adalah membawa 1 tas ransel berisi pakaian dan 1 tas jinjing untuk barang-barang penting dan perlengkapan lain. Travelers juga bisa menggunakan tas pinggang untuk menyimpan dompet, handphone dan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan peta maupun itinerary.

6. Cari tahu peraturan bagasi pesawat

airplane luggage

airplane luggage via https://www.google.com

Berbeda maskapai dan negara tujuan, berbeda pula peraturan bagasinya. Akan lebih baik jika Travelers mencari tahu terlebih dahulu peraturan bagasi pesawat. Sebagai contoh, pesawat tujuan ke Amerika Serikat hanya megijinkan bagasi gratis maksimal seberat 20kg, sementara utuk tujuan ke HongKong bisa mencapai 30kg. Anjuran untuk mencari tahu aturan berat bawaan ini juga dapat berlaku untuk sarana transportasi lain seperti kapal, kereta, bis dan lainnya.

7. Selalu membawa obat-obatan

Tidak ada yang ingin tidak sehat saat sedang berlibur, namun kelelahan akibat perjalanan jauh hingga perbedaan cuaca yang signifikan bisa jadi membawa pengaruh buruk bagi kesehatan Travelers. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa persediaan obat-obatan standar dan vitamin saat berpergian. Lagipula, Travelers memang disarankan untuk meminum multivitamin setiap hari saat liburan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap prima untuk menikmati saat berlibur.