Tebing mungkin belum menjadi tempat wisata yang friendly di kalangan umum. Kalaupun ada wisatawan yang datang ke tebing, hanya sekedar mendaki hingga puncak. Tapi, hal tersebut tidak berlaku di Tebing Hawu dan Pabeasan yang terletak di Padalarang, Jawa Barat. Kedua tebing ini terkenal sebagai lokasi bagi para pemanjat. Tapi, kamu bisa melakukan beberapa permainan disana!

 

1. Hammocking diatas Tebing

Hammocking diatas ketinggian 70 meter

Hammocking diatas ketinggian 70 meter via http://srwrd.blogspot.co.id

Hammocking diantara pohon? Sudah biasa. Gimana kalau hammocking diantara tebing dan berada diatas ketinggian 70 meter? Pasti deg-degan, dong. Nah, wahana satu ini menjadi mainan andalan di tebing Hawu dan semakin hits di media sosial, lho! Kamu bisa merasakan sensasi hammocking diketinggian dengan pemandangan bukit dan sawah yang menakjubkan.

Takut jatuh? Jangan khawatir!

Sebelum hammocking, kamu akan dibekali dengan seperangkat alat pengaman oleh instruktur yang menyediakan wahan hammocking diatas tebing. Instruktur tersebut dapat dipercaya karena sudah memiliki banyak pengalaman diketinggian, terutama dalam ilmu panjat tebing. Pastikan kalau instruktur tersebut memiliki lisensi untuk melakukan kegiatan tersebut, ya! Supaya tetap safety dan bisa play fun.

2. Kurang Menantang? Cobain Panjat Tebing dan Rappeling!

Panjat Tebing dan Rappeling di Tebing Pabeasan (Citatah 125)

Panjat Tebing dan Rappeling di Tebing Pabeasan (Citatah 125) via http://www.instagram.com

Climbing is as close as we can come to flying.

-Margaret Young

Nggak cuma hammocking aja. Banyak wahana lain yang bisa dimainkan di tebing Hawu dan Pabeasan. Kamu bisa mencoba slackline, rappeling, bahkan panjat tebing. Untuk kamu yang senang berolahraga dan butuh sesuatu yang menantang, cobain panjat tebing!

Tebing Hawu dan Pabeasan memiliki banyak sekali spot panjat tebing. Saking banyaknya, hampir setiap akhir pekan banyak penggiat alam yang berlatih panjat tebing disini. Kalau kamu ingin mencobanya, bisa banget! Karang taruna disana siap menemani kamu untuk berolahraga panjat tebing. Tinggal datang saja ke sekre Karang Taruna yang terletak dibawah tebing Pabeasan (atau terkenalnya Citatah 125). Nanti kamu akan ditemani oleh anak-anak karang taruna yang sekaligus memiliki komunitas lokal disana untuk berpanjat tebing ria.

3. Jika Punya Waktu Liburan Lebih dari Satu Hari, Mending Camping Aja!

Camping diatas Tebing Hawu

Camping diatas Tebing Hawu via http://www.instagram.com

Kurang puas kalau hanya mencoba satu wahana karena waktu tidak cukup? Bisa diakali. Disini juga bisa buka lapak untuk gelar tenda, lho. Kalau kamu memiliki waktu liburan lebih dari satu hari, camping aja di puncak Tebing Hawu.

Kamu bisa hammocking diatas tebing di sore hari sambil menanti matahari terbenam, melihat bintang dan kerlip lampu rumah dari atas tebing, dan keesokannya bisa berolahraga dengan melakukan panjat tebing dan rappeling.

Kalau kamu camping, bisa dapat semua deh pokoknya. All in one!

4. Berkegiatan Konservasi

Salah satu kegiatan konservasi sekolah alam yang bekerjasama dengan komunitas lokal yang bernama Suku Badot

Salah satu kegiatan konservasi sekolah alam yang bekerjasama dengan komunitas lokal yang bernama Suku Badot via http://www.instagram.com

Conservation is state of harmony between men and land.

Aldo Leopold

Tidak hanya bermain, kamu juga bisa melakukan kegiatan konservasi di tebing Hawu-Pabeasan. Kamu bisa membantu dengan melakukan kegiatan seperti menanam pohon, mendonasikan buku kepada komunitas lokal disana, atau bahkan membuat event sendiri dengan melakukan kerjasama bersama komunitas lokal tebing Hawu-Pabeasan dan itu gratis!

Kalau belum bisa memberikan sesuatu dan ingin membantu konservasi, tidak masalah. Kamu bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan oleh komunitas lokal tebing Hawu-Pabeasan. Mereka suka mengadakan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat.

5. Bermain di Tebing Hawu-Pabeasan = Melindungi Kawasan Karst dari Penambang

Lokasi Pertambangan Karst yang Mengancam Kawasan Karst Hawu-Pabeasan

Lokasi Pertambangan Karst yang Mengancam Kawasan Karst Hawu-Pabeasan via http://srwrd.blogspot.co.id

Dengan kehadiranmu meramaikan tebing Hawu dan Pabeasan dapat membantu untuk mengusir para penambang yang semakin mendekati tebing Hawu-Pabeasan. Eksploitasi tambang disekitar Hawu-Pabeasan sangat mengancam tebing tersebut.

Mengapa? Batuan karst yang menjadi elemen utama Tebing Hawu-Pabeasan menjadi incaran para penambang untuk dijadikan sebagai bahan semen, pupuk, kosmetik, hingga pasta gigi. Padahal karst yang ada di Tebing Hawu-Pabeasan adalah bagian penting dari kehidupan manusia karena memiliki manfaat sebagai penampung air alami dan regulator iklim yang membantu penyerapan CO2. Tambang yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun juga merugikan warga sekitar terutama dalam hal persediaan air.

Yuk, ramaikan Tebing Hawu-Pabeasan dan jadikan sebagai lahan bermain, bukan untuk lahan pertambangan. #SaveTempatBermain

Ps: Ingat, jangan lupa sampahnya dibawa turun dan dibuang ke tempatnya, ya.