Belajar adalah sebuah proses dalam hidup yang tidak pernah berhenti. Dari kecil hingga dewasa, manusia akan terus dituntut untuk belajar mengenai segala hal. Pada dasarnya, hanya orang yang selalu belajar lah yang akan berhasil di masa depan kelak. Bagaimana dengan kamu? Belajar bisa kapanpun, dimanapun, dan dengan apapun. Tak harus dengan buku yang segambreng, ada beberapa hal yang membuat belajar semakin asik dan menyenangkan. Dengan beberapa hal ini, materi pelajaran jadi menyenangkan dan tidak membosankan. Apa saja sih? Cekidot!

1. E-Book Pendidikan

E-book pendidikan via https://www.wardayacollege.com

E-book menjadi media paling sering digunakan oleh para pelajar, terutama mahasiswa. Banyak e-book yang tersebar luas dari berbagai sumber di Internet. Kemudahan akses dengan handphone ataupun dengan laptop membuat e-book menjadi bahan utama pengganti buku yang digunakan para siswa. Dengan e-book, kamu akan lebih nyaman belajar karena tidak ada lagi tumpukkan buku yang bikin sepet mata. Di tambah lagi, kamu bisa akses e-book layaknya kamu sedang bermain game di laptop atau handphone.

2. Website E-learning

Website E-learning via https://google.com

Website e-learning menjadi media belajar baru yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti buku. Website e-learning ini menjadi kelas virtual yang bisa kamu gunakan ketika kamu membutuhkan bantuan untuk mengerjakan soal-soal, terutama matematika. Website e-learning memberikan materi berupa video pembelajaran yang membuat siswa mampu memahami cara kerja suatu pelajaran. Beberapa macam e-learning yang bisa kamu coba adalah Wardaya College dan Khan Academy.

3. Blog Pendidikan

Advertisement

Blog Pendidikan via https://google.com

Blog menjadi wadah lain untuk kamu mengeksplor kamu di bidang akademik. Ratusan materi dipersembahkan dalam ratusan blog di Internet. Materi dan bab apapun yang kamu butuhkan, kamu bisa mendapatkan banyak blog yang memberikan jawaban akan kesulitanmu tersebut. Blog cukup menjanjikan untuk belajar dan mengalihkan dari buku. Hanya perlu akses lewat handphone atau gadget yang kamu punya, kamu akan dengan mudah belajar dengan berbagai macam blog yang mempelajari beragam hal.

4. Aplikasi Pendidikan di Handphone

Aplikasi Pendidikan via http://www.dailysocial.id

Selanjutnya adalah aplikasi belajar di handphone. Tak hanya ojek atau taksi yang punya aplikasi, belajar juga punya aplikasi khusus untuk menunjang kamu. Kamu bisa mendownload dan mengerjakan beragam soal di aplikasi tersebut.

5. Youtube

Nah, yang satu ini merupakan rahasia umum. Ya, Youtube menjadi wadah untuk belajar materi-materi yang tidak kamu pahami di sekolah. Beragam materi dibahas dalam ribuan video dalam berbagai bahasa. Untuk matematika, kamu bisa mendapatkan tahapan-tahapan pengerjaan matematika dan rumus matematika. Untuk bahasa, kamu juga bisa mendapatkan materi grammar, speaking, reading, ataupun dan listening.

6. Games

Games untuk pendidikan via http://www.mexicanmadness.com

Games tidak bisa buat belajar? Kata siapa? Sekarang-sekarang ini banyak games yang diciptakan untuk memacu selera siswa untuk belajar. Beragam pelajaran, seperti matematika dan bahasa inggris bisa ditingkatkan dengan games. Ada games yang menuntut siswa untuk pandai mengotak-atik rumus matematika untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Yang lebih aplikatif, games memacu siswa dalam Bahasa Inggris, terutama listening dan vocabulary.