1. Gunakan uangmu untuk meningkatkan skills

Ayo gunakan uangmu untuk meningkatkan skills via http://onebigphoto.com

Di zaman sekarang begitu mudahnya generasi millennial untuk meningkatkan skill yang mereka butuhkan. Tidak seperti jaman dahulu di mana banyak orang yang memiliki keterbatasan akses internet, kaum millennial dapat dengan mudah mempelajari kegiatan dan hal-hal baru yang berguna untuk meningkatkan skill.

Ingin belajar bisnis dan membuka startup, kamu bisa mengikuti seminar atau workshop entrepreneur terdekat di kota kamu. Ingin terjun ke dunia digital imaging? Ikutilah kursus singkat desain grafis yang bisa meningkatkan skill Adobe Illustrator/Photoshop-mu. Tentunya pendidikan dan pelatihan yang berkualitas disertai dengan harga yang lumayan. Daripada menghabiskan uang THR untuk makan mewah di sky bar, lebih baik kamu gunakan untuk menambah skill di CV kan?

2. Ayo mulai investasi kecil-kecilan!

Belajar investasi yuk! via http://investasi.kontan.co.id

Siapa bilang kamu harus mengeluarkan dana seabrek untuk berinvestasi? Dengan jumlah uang THR-mu sebenarnya sudah cukup untuk melakukan investasi kecil-kecilan, kok. Contohnya adalah dengan melakukan investasi reksa dana yang dengan modal 100 ribu rupiah, kamu sudah bisa menanam saham.

Advertisement

Kamu juga bisa melakukan instrumen investasi lainnya melalui situs crowdfunding yang menyediakan fitur peer to peer lending seperti Crowdo. Cara kerja situs ini kamu bisa menginvestasikan uangmu ke perusahaan yang kira-kira menjanjikan, dan kamu mendapatkan keuntungan dari profit mereka. Jika masih ragu-ragu, kamu bisa membeli bentuk investasi konvensional seperti membeli emas yang harganya cenderung naik terus setiap tahun.

3. Atau kamu bisa mulai dengan menggunakannya sebagai modal usaha.

Ayo belajar berbisnis! via http://www.hipwee.com

Pengaruh iklim entrepreneurship sedang naik-naiknya. Bagi kamu yang memiliki rencana untuk membangun startup, kamu bisa menggunakan uang THR-mu sebagai modal usaha demi masa depan. Dana ini juga bisa kamu gunakan untuk menunjang usaha yang sedang kamu jalani, seperti membayar biaya iklan digital atau pengembangan aplikasimu. Uang THR ini tidak serta merta kamu habiskan dalam sekali waktu, namun bisa juga untuk disimpan sebagai dana cadangan usaha yang sedang kamu jalankan.

4. Beli Gadget? Boleh sih, tapi belilah yang bisa mendukung profesimu.

Beli gadget untuk mendukung profesimu via http://tekno.kompas.com

Sebagai seorang pekerja, kamu juga bisa membelanjakan uang THR-mu dengan membeli benda-benda yang mendukung profesi. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan dengan poin nomor satu, yakni menginvestasikan uang untuk mendukung skill-mu. Misalnya jika kamu seorang desainer, gunakan uang THR untuk membeli peralatan seperti drawing pad terbaru atau laptop grafis yang lebih canggih. Bagi kamu yang sedang bekerja sebagai fotografer, kamu bisa membeli lensa kamera terbaru untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas.

5. Terakhir, kamu bisa gunakan uangmu untuk traveling. Menyenangkan bukan?

Traveling!!!! via https://www.pexels.com

Salah satu hal yang unik dimiliki millennial adalah mereka lebih memilih menghamburkan uang untuk sesuatu yang menambah pengalaman ketimbang untuk hal-hal yang materil. Prioritas yang berbeda menjadikan cara millennial melakukan pengeluaran menjadi berbeda pula. Alhasil, traveling menjadi suatu hal yang lebih berharga dibandingkan menyicil rumah atau mobil. Meski demikian, kamu pun bisa menghabiskan uang THR-mu untuk berjalan-jalan namun tetap produktif.

Contoh cara traveling yang bisa kamu lakukan adalah pergi ke negara atau daerah yang masih belum banyak orang mengunjunginya seperti ke pedalaman negara Laos atau ke daerah pegunungan di Nepal. Kamu bisa mendapatkan cerita yang menarik dan inspiratif dengan mendekatkan diri kepada penduduk asli negara tersebut. Jangan lupa untuk turut mempelajari kultur dan budaya setempat agar kamu tidak hanya mendapatkan foto-foto ciamik dari tempat-tempat wisatanya, tapi juga cerita seru yang bisa kamu bagikan ke orang-orang. Melalui pengalaman inilah, kamu bisa mengemasnya dengan berbagai karya seperti tulisan blog, traveling vlog, atau buku. Kegiatan produktif ini tentu bisa sekaligus menambah portofolio kamu dalam menulis, fotografi, videografi, dan editing video.

Demikian kegiatan produktif yang bisa dilakukan oleh kaum millennial dengan uang THR mereka. Pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari artikel ini adalah meski millennial dikenal sebagai generasi yang kreatif dan dinamis, namun dalam segi keuangan kaum millennial sudah harus mulai berpikir demi masa depan mereka dengan cara investasi ke dalam berbagai hal. Maka dari itu gunakan uang THR kamu sebaik mungkin ya! Selamat menuaikan ibadah puasa dan selamat menjelang hari raya Idul Fitri..