Sudah tidak terbantahkan lagi, kasih sayang orangtua kepada anak adalah kasih sayang sejati yang tak lekang dimakan waktu. Banyak hal dilakukan orangtua demi memberikan kasih sayang kepada anaknya. Mereka rela melakukan apa saja demi kehidupan anaknya. Ketika anak sakit, atau butuh biaya besar, orangtua terkadang melakukan hal-hal ekstrem, di luar kebiasaan mereka. Bisa jadi hal yang dilakukan adalah hal yang sangat baik, namun sebaliknya, tak banyak yang akhirnya melakukan hal buruk. 

Apa sajakah tindakan ekstrem orangtua demi memberikan kasih sayang dan memenuhi kebutuhan sang anak?

1. Rela bekerja jauh dari keluarga hingga berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun

Ilustrasi TKI via http://liputan6.com

Idealnya, orangtua dan anak tinggal seatap atau serumah. Namun, ada kalanya ada kondisi yang menyebabkan anak dan orangtua harus tinggal terpisah. Misalnya, sang ayah meninggal sehingga sang ibu terpaksa bekerja di luar kota atau luar negeri. Pertemuan dengan anak hanya bisa dilakukan sekali dalam sebulan atau bahkan sekali dalam setahun. Lebih ekstrem lagi, ada yang berpisah lebih dari 2 tahun. Pasti ada rasa sedih, baik di hati orangtua maupun anak, namun bisa jadi itu cara yang paling memungkinkan demi menyambung hidup.

2. Apapun akan dilakukan orangtua demi menyelamatkan anaknya. Organ vital tubuh pun rela mereka pertaruhkan

Orang tua menjual ginjal via http://liputan6.com

Beberapa tahun yang lalu kita menyaksikan aksi heroik orangtua yang menawarkan ginjalnya. Alasannya, ia butuh biaya untuk menebus ijazah sang anak yang tertahan di kampus. Kondisi kemiskinan membuatnya melakukan aksi dramatis untuk menjual ginjal pada orang membutuhkannya.

Ada juga kisah yang mirip, orangtua yang menawarkan ginjalnya demi mendapat uang untuk pengobatan anak. Biaya pengobatan anak yang besar tentu membuat orangtua merasa kebingungan dan rela melakukan hal di luar nalar, yaitu mencoba menjual ginjal. Tentu saja rasa kasih sayanglah yang mendasari para orang tua melakukan hal itu. 

3. Tak sedikit pula orangtua yang bertindak kriminal demi mencukupi kebutuhan hidup sang anak

Advertisement

ilustrasi perbuatan kriminal via http://tribunnews.com

Beberapa tayangan kriminal, baik di televisi maupun di media online, menyajikan berita yang cukup miris, yaitu tentang pelaku kriminal yang merupakan sepasang suami istri. Alasannya klasik, mereka terjebak dalam kemiskinan dan mencari uang untuk anak mereka dengan jalan pintas. Ada juga seorang ayah yang mencuri demi membiayai persalinan sang istri. Kisah yang mirip, ada orangtua yang melakukan korupsi demi mendapatkan uang lebih untuk anak-anaknya. Duh, sungguh besar pengorbanan orangtua hingga terjebak dalam perbuatan yang tercela. 

4. Menyelamatkan anak dari bencana

ilustrasi bencana alam via http://liputan6.com

Orang tua, terutama ibu, rela mengorbankan apa saja demi keselamatan anak-anaknya. Banyak kisah tentang ibu yang hanya sedikit makan dan sedikit tidur demi anaknya. Di saat ada bencana alam, pertama kali yang dipikirkan seorang ibu adalah keselamatan anak-anaknya. Di Jepang, ada kisah mengharukan di mana seorang ibu tewas tertimpa reruntuhan gempa dalam posisi memeluk dan melindungi anaknya. Sang anak selamat, sementara sang ibu tewas. Kasih sayang luar biasa ini sungguh membuktikan bahwa nyawapun bisa dipertaruhkan oleh orang tua demi keselamatan sang anak. 

5. Rela berbuat lebih untuk buah hati yang cacat

ilustrasi anak cacat via http://detik.com

Jika dalam kondisi normal saja orangtua berkorban luar biasa demi anak, maka saat anak dalam kondisi cacat, pengorbanan orang tua jauh lebih dahsyat!

Ada seorang ibu yang setiap hari menggendong anaknya untuk berangkat dan pulang sekolah karena anaknya cacat. Ada juga ibu yang rela mengundurkan diri sebagai PNS demi mendampingi sang anak yang berkebutuhan khusus. Perjuangan yang luar biasa juga saat orang tua merawat anak-anak cacat. Ketekunan dan kesabaran para orang tua ini layak diacungi jempol.