Apakah kamu termasuk orang yang sibuk? banya pekerjaan yang harus segera diselesaikan namun waktu yang tersisa terbatas? Atau apakah kamu orang yang lelet dalam mengerjakan suatu pekerjaan? Perhatikan dan lakukan 9 hal sakral dibawah ini!

Terlalu lama dalam melakukan suatu pekerjaan adalah hal yang bisa dirubah, kalau kamu punya keinginan kuat untuk merubahnya, yakin pasti bisa. Cobalah sesekali melakukan hal-hal dibawah ini ketika kamu ingin segera menyelesaikan pekerjaan. Tanpa sadar, pekerjaanmu sudah selesai dengan waktu yang tepat. Try it!

 

1. Mantapkan Niat, Bulatkan Tekad dan Berdoalah.

Mantapkan Niat, Bulatkan Tekad dan Berdoalah

Mantapkan Niat, Bulatkan Tekad dan Berdoalah via http://cdn1.collective-evolution.com

Niat, hal abstrak tak terlihat namun dapat dirasakan. Semua yang dilakukan bergantung dengan niat. Simpelnya, niat itu dibagi menjadi dua. Pertama niat buruk, walaupun pekerjaan yang akan kamu lakukan tergolong suatu yang mulia tapi niatmu jelak, itu percuma. Kedua, niat baik, pekerjaannya udah mulia terus niatnya baik, tunggu hadiah tuhan untukmu di surga nanti. Jangan sepelekan niat, atur hati kamu untuk selalu memulai segala pekerjaan dengan keinginan yang baik. Keinginan bisa bermanfaat untuk orang lain, bukan keinginan biar dapet pujian. Berniatlah dengan baik sebelum pekerjaan kamu tidak ada hasilnya di mata-Nya. Terakhir berdoalah supaya apa yang kamu lakukan lancar dan mudah untuk dikerjakan.

2. Bilang ke Si Doi Kalau Kamu Lagi Sibuk. Tapi Kalau Kamu Jomblo, Gausah Bilang ke Siapa-Siapa.

Bilang ke Si Doi Kalau Kamu Lagi Sibuk. Tapi Kalau Kamu Jomblo, Gausah Bilang ke Siapa-Siapa

Bilang ke Si Doi Kalau Kamu Lagi Sibuk. Tapi Kalau Kamu Jomblo, Gausah Bilang ke Siapa-Siapa via http://www.oxygen8.com

Bagi yang punya pacar dan gaada henti-hentinya menghubungi kamu, mintalah izin sejenak untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Cukuplah mengiriminya pesan singkat, bila ia tidak memberimu izin karena alasan yang kekanak-kanakan, matikanlah saja gadgetmu. Terpenting kamu sudah mengabarinya. Bagi kamu yang jomblo, langsung lanjut ke nomor tiga. Abaikan tulisan ini, nanti bikin kamu baper.

3. List Pekerjaan Yang Akan Kamu Lakukan dan Beri Durasi

List Pekerjaan Yang Akan Kamu Lakukan dan Beri Durasi

List Pekerjaan Yang Akan Kamu Lakukan dan Beri Durasi via http://www.wsfm.com.au

Jika pekerjaan yang akan kamu lakukan banyak, tulislah di kertas dan tempelkan di depan pandanganmu atau bila pekerjaanmu menghabiskan banyak waktu didepan laptop, tulislah pada sticky note di laptopmu. Prioritaskan pekerjaan yang penting dan mendesak untuk dilakukan. Jangan terlalu lama mikir dalam menuiskan. Urutkan dan ingat-ingat dengan baik pekerjaan yang harus segera kamu selesaikan. Beri durasi yang menurutmu wajar dan bisa kamu selesaikan selama waktu tersebut.

4. Take Action! Jangan Ditunda-tunda

Take Action! Jangan Ditunda-tunda

Take Action! Jangan Ditunda-tunda via http://www.abundancetapestry.com

Bila sudah ada niat baik, segera lakukan pekerjaanmu itu. Menunda-menunda hanya membuatmu tidak melakukan pekerjaan itu hingga waktunya habis. Ingatlah, mumpung masih ada waktu luangmu saat ini, lakukan sekarang juga. Menunda-nunda hanya membuatmu menyesal diakhir. Mulailah mengerjakan pekerjaanmu, fokuslah dalam satu tujuan. Bila kamu ingin menyelesaikan pekerjaan A, cukup mengerjakan yang A saja, tidak usah melirik pekerjaan B, C dan seterusnya. Namun jika kamu tipe anak yang suka mengerjakan beberapa pekerjaan dengan satu waktu secara sekaligus, itu gajadi masalah. Lakukan saja sesuka kamu, namun lebih baik jika kamu fokus dalam satu pekerjaan dahulu. Untuk kamu para mahasiswa, jangan suka nunda-nunda tugas kuliah, sekali kamu menunda tugas, setahun kamu menunda hari pernikahanmu.

 

5. Putar Musik, Biar Semangat.

Putar Musik, Biar Semangat

Putar Musik, Biar Semangat via http://41.media.tumblr.com

Memutar musik kesukaan akan mengurangi ketegangan dan tekanan dirimu dalam mengerjakan pekerjaan yang bagimu berat untuk dilakukan. Selain itu akan menambah semangatmu secara tidak langsung. Hindari musik-musik bertemakan hal yang sedang terjadi dengan dirimu dan pasanganmu. Dijamin, kamu tidak akan fokus dalam pekerjaan. Kamu akan tenggelam dalam kegalauan yang mendalam. Percayalah. Tapi, kalau kamu tipe yang menyukai kesunyian, tips ini tidak berguna. Musikmu adalah sunyimu, mungkin sebagian darimu merasa lebih baik dalam keadaan itu. Tidak masalah, lakukan saja jika memang itu membuatmu lebih merasa nyaman.

6. Fokus! Walau Banyak Godaan

Fokus! Walau Banyak Godaan

Fokus! Walau Banyak Godaan via http://sf.co.ua

Ada saja godaan menghadang didepan mata, dari sekedar ajakan untuk ngobrol, ajakan untuk main, dan ajakan-ajakan lainnya. Godaan datangnya nggak hanya dari luar, tapi bisa dari dirimu sendiri. Ketika mata ini sudah mengantuk, ketika rasa malas menggeliat, itu adalah bentuk-bentuk godaan yang harus sekuat mungkin kamu lawan. Ingatlah, masih banyak pekerjaan yang harus segera kamu selesaikan. Segala macam godaan bisa dilakukan nanti-nanti, percayalah! namun pekerjaan yang sudah ada deadlinenya itu nggak bisa dilakukan nanti-nanti.

7. Jauhkan Gadget

Tanganmu merasa gatel bila semenit ga megang gadget? Atau mungkin suka banget nge-cek sosial media kapanpun waktunya? Walaupun gaada notifikasi? Hentikan sejenak kebiasaan ini ketika kamu sedang belajar atau mengerjakan tugas. Percayalah, nggak akan ada pesan masuk dari si doi. Waktu diawal kamu kan sudah minta izin. Pasti dia sudah fahamlah. Bila perlu matikan saja gadgetmu atau di silent. Fokuslah mengerjakan pekerjaanmu, gausah ngelirik ke gadget, ingat waktu yang sudah kamu durasikan. Selesaikan sesegera mungkin pekerjaanmu itu.

8. Lakukan Dengan Ikhlas dan Maksimal

Lakukan Dengan Ikhlas dan Maksimal

Lakukan Dengan Ikhlas dan Maksimal via http://cdn.klimg.com

Ikhlas, hanya kamu yang merasakannya. Mudahnya gini, kalau kamu berat dan mengeluh terus dalam mengerjakan pekerjaan terssebut, berarti kamu belum ikhlas. Setidaknya parameter kasarnya seperti itu. Biasakan untuk mengerjakan segalanya secara disiplin dan hasil yang maksimal. Tenang, ini masalah jam terbang. Bila kamu sudah sering melakukan pekerjaan itu dan kamu terbiasa, sikap disiplin dan kualitas baik pekerjaanmu akan mengikuti.

9. Pekerjaan Satu Selesai, Lanjutlah Ke Pekerjaan Lainnya.

Pekerjaan Satu Selesai, Lanjutlah Ke Pekerjaan Lainnya.

Pekerjaan Satu Selesai, Lanjutlah Ke Pekerjaan Lainnya. via http://www.successpraxis.com

Jangan gampang puas setelah selesai melaksanakan satu pekerjaan, istirahatlah sejenak dan kemudian lanjut melakukan pekerjaan selanjutnya. Semangat berproses lebih baik!