Bicara soal satra emang nggak ada bosennya. Lebih-lebih buat kamu yang hobi baca karya sastra. Di Indonesia ini banyak banget penulis sastra. Tapi, ironinya sedikit banget lho anak muda yang mau tau soal sastra.  Jaman sekarang mah puitis dikit dibilang alay. Mungkin terlanjur menjamur yaa stereotip kalau buku sastra itu selalu habot alias berat. Padahal, lewat sastra itu kita bakal tau banyak hal. Hadeh. Untuk itu gaes, ini beberapa penulis kondang yang karyanya wajib kamu nikmati. Tenang aja tulisannya dijamin nggak jadul. Keren deh!

1. Dewi Lestari (Dee)

Dewi Lestari via https://www.google.co.id

Dewi Lestari ini beken banget dengan buku andalannya yang berjudul Supernova. Banyak juga lho karyanya yang udah diangkat ke layar lebar. Mulai dari Perahu Kertas, Madre, Rectoverso, dan Filosofi Kopi. Dalam Supernova, Mbak Dee mengusung tema tentang spiritual gitu. Kalau untuk buku yang lain Mbak Dee mengambil tema cinta. Cinta sama manusia, roti, kopi, dan lain-lain. Pokoknya tentang cinta tapi nggak alay sama sekali gaes. Bahasanya juga mengalir banget. Cucok deh! Bukunya Mbak Dee ini juga udah menyabet banyak banget penghargaan lho gaes.

2. Seno Gumira Ajidarma

Seno Gumira Ajidarma via https://www.google.co.id

Siapa sih pecinta sastra yang nggak kenal SGA alias Seno Gumira Ajidarma. Sebagai calon junior (uhuk) saya mohon izin yaa untuk menyapa beliau dengan Om. Karya Om Seno tuh banyak gaes. Ada cerpen ada novel. Beberapa karya beliau juga udah cetak ulang. Om Seno banyak nulis tentang pergerakan, sejarah, nasionalisme, ketuhanan, cinta, dan yang berat-berat deh pokoknya. Secara Om Seno ini jurnalis lho gaes. Tapi bahasanya puitis banget dan enaklah dibaca. Karya Om Seno banyak sih yang populer, tapi yang paling saya suka Sepotong Senja Buat Pacarku. Itu cerpen gaes. Teman-teman kuliah saya sering tuh gombalin pacar-pacarnya pakai kata-kata di cerpen tersebut. Romantis gaes ceritanya.

3. Ayu Utami

Advertisement

Ayu Utami juga termasuk salah satu penulis sastra perempuan yang buku-bukunya nggak hanya laris tapi udah dikompetisiskan gaes. Saman dan Larung adalah serial paling awal Mbak Ayu yang mengguncang dunia sastra karena keberanian beliau membuat gebrakan gaes. Karya Mbak Ayu itu nggak sekadar fiksi gaes. Mbak Ayu selalu berhasil menghadirkan topik bahkan kritikan dan mengajak pembaca untuk berpikir ulang terutama tentang keperempuanan. Mbak Ayu selalu keren dengan tulisan-tuisannya yang berat tapi lincah.

4. Candra Malik

Candra Malik via https://www.google.co.id

Gus Candra, begitu beliau kerap disapa. Gus Candra ini juga termasuk penulis yang karyanya sadis. Salah satu buku Gus Candra yang membuat hati bergetar adalah Fatwa Rindu. Hadeh kata-kata puitisnya bikin ngilu. Gus Candra ini juga nulis cerpen, novel, dan esai lho gaes. Salah satu kumpulan cerpen yang rekomended adalah Mawar Hitam. Di situ banyak banget tema-tema unik yang disuguhkan Gus Candra dengan bahasa yang syuper sekali.

5. Sudjiwo Tejo

Sudjiwo Tejo via https://www.google.co.id

Ampun Mbah, saya nyebut mbah penulis. Yup! Siapa sih yang nggak kenal Mbah Sudjiwo Tejo. Beliau adalah dalang, budayawan, seniman, dan penulis hebat. Salah satu bukunya yang akan bikin kalian klepek-klepek adalah serial Rahwayana. Buku itu sebetulnya sejenis cover versionnya Rama Sinta gaes. Tapi di situ pandanganmu akan cerita romansa Rama Sinta akan diubah oleh Mbah ST. Jadi kamu akan lebih pro ke Rahwana. Beliau menuliskan karya itu dari sudut pandang seorang Rahwana gaes. Keren kan?

Yup itu dulu yaa gaes, beberapa penulis yang direkomendasikan. Banyak penulis lainnya yang juga keren-keren. Terus membaca yaa gaes. Cintai dunia sastra. 🙂