Hubungan jarak jauh alias LDR alias Long Distance Relationship alias apapun itu namanya merupakan suatu fase sulit dalam suatu hubungan. Tak jarang fase ini malah menghancurkan hubungan yang telah lama dibina. Minimnya jumlah pertemuan dapat membuat benih-benih kecurigaan bermunculan dan berkembang seiring berlalunya waktu. Benih-benih inilah yang harus dihancurkan atau malah dibasmi sebelum berkembang.

Banyak cara yang dilakukan oleh para mafia LDR ^^ untuk dapat mempertahankan hubungannya. Beberapa tips dapat disimak pada artikel ini. Semoga hubunganmu langgeng dan LRD mu berhasil ya... Capcuss yukkk...

 

1. Jaga Komunikasi

Menjaga komunikasi

Menjaga komunikasi via http://cintamela.com

Komunikasi merupakan kunci dalam LDR

Komunikasi merupakan hal penting dalam menjalankan LDR. Jangan sampai berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan kamu dan doi tak bertukar kabar. Ingat, dalam sehari saja banyak hal yang bisa terjadi. Kamu pasti gak mau kan ada orang yang lebih perhatian ke doi? Intinya jangan biarkan hubungan kalian renggang sehingga memudahkan orang lain untuk mencoba masuk dalam hubungan kalian.

Komunikasi juga harus dijaga kadarnya. Cobalah untuk mendiskusikan dengan pasangan kadar komunikasi kalian dan tepati.Tidak harus tiap menit kamu menghubunginya, jika hal itu kamu lakukan doi malah akan kabur karena menilai kamu terlalu over protective. Tetap berikan dia ruang untuk bergerak agar dia ingat untuk kembali. Kamu dan dia masih memiliki hidup masing-masing, hargai itu!!

2. Saling Percaya

Dasari hubungan dengan kepercayaan

Dasari hubungan dengan kepercayaan via http://esapuspita.com

Jika komunikasi merupakan kunci LDR, maka kepercayaan adalah dasar dalam menjalani LDR

Dalam LDR, dasar yang harus disepakati dan lakukan bersama adalah saling percaya. ini harus ditanamkan di dalam hati kedua belah pihak, tidak ada gunanya jika hanya dianut oleh salah satu pihak. Jangan pernah sekalipun curiga terhadap pasangan karena ini dapat menjadi benih ketidaksetiaan. Tidak sedikit pasangan yang selingkuh hanya karena doi terlalu curiga loh...

Saling percaya juga harus dibarengi dengan kejujuran. Dua hal ini akan selalu saling melengkapi. Seseorang yang terlalu curiga terhadap pasangannya, bisa jadi karena ia pernah berbohong atau bahkan mendua di belakang pasangannya. Jadi, selalu tanamkan kejujuran di dalam diri yang secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa percaya.

3. Bertukar Benda Spesial

Saling bertukar benda yang dapat mengingatkan

Saling bertukar benda yang dapat mengingatkan via http://dreamstime.com

Sebelum menjalani LDR, berikan doi benda yang bisa mengingatkannya padamu. Benda yang ampuh biasanya benda yang  bisa menyimpan atau mempertahankan bau mu untuk waktu yang lama, seperti baju, jaket, boneka atau berikan saja langsung parfummu padanya ^^. Sebelum diberikan ke doi, pastikan kamu menyemprotkan parfummu disana. Terkadang bau dapat membuat seseorang seolah-olah berada disekitar kita.

4. Hindari Bertengkar di Telepon

Hindari bertengkar di telepon

Hindari bertengkar di telepon via http://bisikan.com

Bertengkar di telepon merupakan salah satu hal yang tabu untuk dilakukan dalam LDR. Bukannya apa-apa, biasanya pertengkaran akan selesai jika kamu dan doi bertemu, saling tatap muka dan memujuk secara langsung, nah ini masih bisa dilakukan jika kalian hanya beda kota, tapi coba bayangkan jika kalian sampai BEDA BENUA... Berabe kan tuh?? Hal ini bisa dihindari dengan menjaga mood saat telepon-an. Jika kalian sedang dalam mood yang tidak baik, ada baiknya untuk menghindari komunikasi dalam bentuk apapun dulu. Ingat,,, jangan lama-lama dan harus jujur ke pasangan.

Selain itu, jaga pertengkaran kalian untuk tetap menjadi secret diantara kalian saja. Tidak perlu mengumbarnya di medsos-medsos. Hal ini dapat menyebabkan adanya oknum-oknum tertentu yang mencoba masuk dalam hubungan kalian dan akan mengakibatkan masalah menjadi lebih runyam.

5. Pajang Foto Doi atau Foto Kalian Bersama

Pajang kenangan kalian

Pajang kenangan kalian via http://abeatifulmess.com

Agar selalu ingat akan doi, tak ada salahnya untuk memajang foto doi atau foto kenangan bersama ditempat-tempar tertentu seperti di kamar atau di dompet. Nah kalo perlu ni jadikan aja foto itu wallpaper hp atau bahkan profile picture sosmed, biar oknum-oknum yang berniat PDKT jadi mundur dan balik badan....

6. Dengarkan Lagu/Musik yang Menjadi Kesukaan dan Membawa Kenangan Bersama

Dengarkan lagu kenangan

Dengarkan lagu kenangan via http://yuniarwijananto.blogspot.com

Ada cinta yang kurasakan saat bertatap dalam canda

Ada cinta yang kau getarkan saat ku resah dalam harap

Oh indahnya...

Saat kalian jadian atau saat-saat  tertentu, terkadang kalian mendengarkan lagu atau musik bersama dan menyukainya. Nah ini bisa masuk kategori lagu kenangan loh.. Saat LDR, mendengarkan lagu tersebut akan membangkitkan kenangan kalian saat bersama...

7. Buat Agenda Kegiatan Saat Kalian Nanti Bertemu

Liburan bareng bisa jadi agenda selanjutnya

Liburan bareng bisa jadi agenda selanjutnya via http://hargaikataku.blogspot.com

Susunlah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan bersama nantinya, bisa liburan bareng, mengunjungi rumah camer dsb. Ini bisa jadi penyemangat dan alasan untuk mempertahankan hubungan.

8. Jangan Lupa Mengatakan "I Miss You"

Sering-sering katakan

Sering-sering katakan "I miss you" via http://7-themes.com

I miss you.......^^

Meski terdengar sederhana namun sangat bermakna, kata-kata tersebut merupakan ungkapan seseorang yang rindu dan ingin secepatnya bertemu. Walaupun sering diungkapkan, kata-kata ini tetap akan selalu membuat doi melayang...^^