Uang memang memegang peranan penting dalam hidup kita. Tanpa uang, kamu tidak bisa makan, membayar kuliah, atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar yang lainnya. Sayangnya, kita tidak selalu bisa punya uang lebih. Apalagi saat akhir bulan. Kalau sudah memasuki masa-masa ini, kamu hanya bisa bingung memikirkan bagaimana akan melanjutkan hidupmu dari mulai makan hingga masalah mengisi bensin.

Tidak memiliki uang memang sulit. Tapi, saat-saat “prihatin” ini juga bisa jadi pengalaman berharga untukmu. Ada lho keuntungan-keuntungan yang hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu tak punya banyak uang. Apa saja sih keuntungan tersebut?

1. Karena Tak Banyak Yang Kamu Punya, Kamu Akan Dipaksa Merasa Cukup dengan Apa Yang Sudah Ada

Menikmati kecukupanmu via huffingtonpost.com

Saat kamu punya banyak uang, akan susah bagimu untuk merasa puas. Rasanya ingin selalu membeli barang-barang baru dengan uangmu, bahkan kalau barang itu sebenarnya tak kamu butuhkan.

Maka dari itu, ada kalanya kamu perlu bersyukur saat tabunganmu sedang tipis. Karena tidak memiliki banyak uang, perlahan kamu mulai bisa menahan hasratmu untuk terus membeli barang. Kamu hanya akan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang benar-benar penting. Ketika akhirnya rezeki baru datang menghampiri, kamu pun akan sangat menikmati kesempatan baru yang kamu punya untuk memanjakan diri.

2. Dengan dompet yang tipis, kamu diingatkan bahwa kebahagiaan justru berasal dari hal-hal sederhana

Advertisement

Teman-teman juga sumber kebahagiaan via bananahkim.wordpress.com

Saat memiliki uang, kebahagiaan seperti mudah untuk didapatkan. Kamu bisa berbelanja, menonton konser artis idola, atau pergi berplesir ke luar kota. Memang, dengan melakukan hal-hal tersebut, stres dan penat seperti “lewat”. Tetapi, bagaimana jika uang itu tidak ada?

Tipisnya dompet membuatmu sadar bahwa untuk bahagia, kamu tidak harus mengeluarkan dana. Kebahagiaan juga bisa kamu dapat melalui hal-hal kecil yang selama ini ada di sekitarmu: curhat sepanjang malam dengan sahabat, menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, atau sekadar membaca buku yang kamu suka.

Kamu tidak perlu ke mana-mana, tidak perlu juga membuang banyak tenaga. Kebahagiaan selalu ada, bahkan dari hal-hal kecil yang tidak pernah kamu duga. Dan hal-hal kecil di sekitarmu itulah yang akan selalu jadi pengingat bahwa bahagia itu sederhana.

3. Kamu Pun Akan Belajar Menikmati Kegiatan yang Biasanya Tak Kamu Suka

Menyenangkan diri dengan kegiatan sederhana via wikimedia.org

Memanjakan diri tidak selalu harus pergi ke salon, berbelanja baju baru, atau menambah koleksi action figure di lemarimu. Dengan tidak tersedianya uang yang banyak di dompetmu, kamu pun belajar untuk memanjakan diri dengan kegiatan-kegiatan sederhana, tanpa perlu mengosongkan dompet atau tabunganmu.

Kamu yang tadinya harus menonton film di bioskop, sekarang mulai belajar untuk menikmati serunya menonton hanya dari laptop. Dulu kamu yang wajib membeli buku setiap minggu, tetapi saat ini lebih memilih menghabiskan waktu di perpustakaan. Kamu tidak lagi ngoyo untuk memanjakan diri dengan hal-hal yang harus dibeli. Kamu sadar, dengan kegiatan yang sederhana kamu pun bisa mendapat kesenangan yang serupa.

4. Membeli Barang Tak Bermerek Pun Tidak Masalah, Selama Fungsinya Serupa

Daripada beli barang di toko bermerek, kamu akan memilih garage sale via shoppingmagz.com

Harga mahal bukan berarti jaminan. Biasanya, harga barang menjadi mahal karena diproduksi oleh merek ternama, padahal kualitas dan fungsi yang dimilikinya sama saja. Ketika memiliki uang, kamu sering terkecoh mengenai hal ini dan akhirnya menghabiskan uang lebih banyak untuk barang yang sebenarnya sama saja.

Namun saat uangmu menipis, kamu tidak lagi ragu untuk membeli tisu atau sabun mandi yang memiliki harga lebih murah. Kamu juga tidak lagi merasa gengsi untuk membeli baju di toko-toko yang selama ini kamu sangsikan. Kamu sadar bahwa tidak selamanya harga akan menentukan kualitas. Dengan pencarian yang jeli, kamu pun bisa mendapat barang dengan fungsi serupa tapi memiliki harga yang jauh lebih murah.

5. Di Saat Kamu Memiliki Uang Lagi, Kamu Akan Lebih Menghargainya

Kamu lebih bijak menggunakan uang via www.aceshowbiz.com

Walaupun banyak hal sederhana yang tetap bisa membuatmu bahagia saat tabunganmu menipis, kamu tetap menyadari bahwa uang itu memegang posisi penting di kehidupanmu. Kamu tetap harus membeli makan, memenuhi kebutuhan bulanan, hingga membayar kontrakan. Namun, yang berbeda adalah saat ini kamu lebih menghargai keberadaan uang tersebut dan tidak menghabiskan dengan seenaknya.

Kamu lebih bijak dalam menggunakan uangmu. Kamu tidak lagi asal membeli barang tanpa melihat fungsi dan urgensi kebutuhannya. Uang yang kamu miliki benar-benar dihemat. Kamu sudah tahu bagaimana sulitnya memenuhi kebutuhan karena uangmu sudah keburu habis di awal.

6. Kamu Pun Jadi Menyadari Bahwa Menabung Itu Untuk Kebaikanmu Sendiri

Menabung itu penting via ella-mode-fashion.blogspot.com

Pernah merasakan tabunganmu begitu tipis tidak hanya membuat kamu menjadi lebih bijak dan hemat, tetapi juga sadar bahwa menabung itu penting. Kamu tidak akan tahu apabila di depan nanti, kamu akan membutuhkan uang dalam jumlah besar. Dengan menabung, kamu akan selalu memiliki uang cadangan yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk keperluan mendesak.

Nah, bagaimana? Dompet kosong tidak selamanya bikin melompong, ‘kan? Sudah, jangan sedih! Masih banyak kok yang bisa kita lakukan! 😉