Hallo sobat, sudah lama nih gak corat-coret lagi. Artikel kali ini akan bahas tentang kamu, iya kamu (Dodit, mode on). Yupp, bener banget, kita akan kupas satu-satu nih buat kamu para pejuang kampus. Karena faktanya, berdasarkan hasil observasi di lapangan, mahasiswa itu gak seperti yang digambarkan di film-film sinetron yang serba hedon. Faktanya, banyak dari mereka berasal dari desa, kemudian datang ke kampus dengan gaya culunnya. Di desa nun jauh di sana, banyak harapan-harapan dari orang tua dan keluarga. Dan ketika sudah lulus dan bekerja, inilah fakta-fakta unik tentang kamu, iya kamu:

1. Susah Nabung

Pada umumnya, mereka yang baru kerja mempunyai ekspektasi yang tinggi tentang masa depannya. Dalam angannya ingin beli rumah, mobil, dll. Dan cara yang paling aman untuk mendapatkan itu semua adalah dengan menabung, bisa sih kredit tapi sangat tidak disarankan. Setelah gajian dan telah dipotong biaya operasional kehidupan seperti buat makan, kontrak pulsa, dll. Tibalah saatnya buat menabung. Namun faktanya, saldo rekening tiba-tiba kembali ke angka semula. Tiba-tiba adik butuh biaya sekolah. Tiba-tiba ortu butuh modal. Tiba-tiba rumah minta direnovasi.

2. Merasa Belum Mapan

Dan kejadian fakta pertama terjadi pada bulan-bulan berikutnya. Setelah beberapa lama bekerja ternyata gaji gak ngumpul juga. Sementara lihat kawan-kawan lain mereka sudah ganti gadget baru, travelling kemana-mana, dan sebagian malah ada yang nyebar undangan. Ditambah tiap orang pada lapor ke sosial media tentang aktivitasnya yang luar biasa, dan itu semakin membuat kamu merasa stres. Akhirnya kamu merasa minder dan membuat dakwaan pada diri sendiri bahwasannya kamu belum mapan.

Advertisement

3. Menunda Nikah

Dari fakta pertama dan kedua akhirnya munculah opsi yang membuat adanya fakta ketiga yaitu menunda nikah. Jika diibaratkan seperti hukum aksi dan reaksinya Newton, makan menunda nikah adalah sebuah aksi berlebihan yang timbul karena kamu telah membuat dakwaan atas dirimu sendiri. Sebagian orang ada yang segera sadar dan sebagiannya lagi menganggap ini adalah jalan yang benar. Namun faktanya, berdua memang lebih baik, ini versi lagu. Sedangkan versi orang yang beriman, mereka yakin pada janji Tuhannya yang telah menjamin rizki hambanya.

4. Kamu Adalah Orang Luar Biasa

Pesan untuk cewek, jika kamu menemukan cowok tipe ini, kuatkanlah dan perjuangkan. Kerena mereka adalah intan yang sudah muncul ke permukaan. Tinggal sedikit bersabar dan diasah, maka kamu akan menikmati keindahannya. Mengeluh itu hal yang wajar dan kadang merasa kalah. Dan fakta terakhir, meskipun serba terbatas, kamu telah melakukan tugasmu dengan baik, berhasil mengangkat derajat keluarga dan membuat bangga orang tua. Hingga kamu paham tentang satu hal yang membuatmu damai.

Harta itu sebatas apa yang kita makan kemudian menjadi kotoran, sebatas apa yang kita pakai kemudian usang, dan harta yang kekal adalah apa kita sedekahkan.