Maka percaya dan yakinilah masih ada kekuatan doa yang maha ampuh dahsyatnya. Doa tulus yang senantiasa terlantun menggetarkan langit-Nya. Percayakan semuanya pada yang Maha Menguasai Hati. Tuhan Maha Membolak-balikkan hati setiap manusia.

Karena ada yang Maha Menguasai Hati dan Maha Membolak-balikkan hati, maka berhati-hatilah menjaga hatimu. Kita tak akan pernah tahu kapan hati seseorang akan dibalikkan. Pun juga tak akan pernah tahu kapan hati seseorang diteguhkan. Yang kita tahu kita harus menjaganya dalam iman. Semua yang ada di dunia ini hanyalah titipan dan pinjaman dari-Nya. Jika memang bukan hakmu/hakku, janganlah kau kuasai.

Kau dan aku milik Tuhan. Hatimu dan hatiku milik Tuhan. Memanglah benar adanya, adalah bukan hakku atasmu. Bukan pula hakmu atasku. Ada hak Tuhan diantara kita dan pada diri kita. Adalah bukan hakmu/hakku pula untuk mengharuskan orang lain sesuai dengan maumu/mauku.

Semoga Sang Pemilik Hati senantiasa membersamai diri, agar selalu hati-hati dalam menjaga hati, sehingga sebolak-baliknya hati, serapuh dan kehilangan teguhnya hati, tetap pada koridor-Nya.

Love your qalbu.