Kamu kerja melulu. Terus kapan pensiunnya?

Masih lama ya. Gak masalah kok. Yang penting udah mulai mempersiapkan masa pensiun. Karena cepat atau lambat, masa pensiun pasti tiba. Kan gak ada orang yang kerja terus sampai tua. Cuma masalahnya, gak sedikit juga orang yang kerja tapi lupa bersiap untuk pensiun.

Semua orang pengen pensiun dengan sejahtera. Pengen menikmati masa pensiun yang indah. Masa pensiun yang tetap bisa mempertahankan gaya hidup seperti sewaktu bekerja. Sayangnya, masa pensiun yang sejahtera ya belum tentu bisa terjadi kalo kita gak persiapkan dari sekarang. Jadi, persiapkanlah masa pensiun kita.

Pensiun identik dengan hari tua. Masa dimana kita gak bekerja lagi. Banyak orang bekerja keras, lalu untuk apa kalo bukan untuk masa pensiun. Karena masa pensiun adalah kehidupan yang sesungguhnya. Masa pensiun yang sejahtera. Sayangnya, gak semua orang sudah bersiap untuk memasuki masa pensiun.

Asal tahu saja, hasil riset dari Tim Hartley (Pacific Financial Services) menyebutkan dari 100 orang yang pensiun, hanya 5 persen yang benar-benar bebas secara finansial. Artinya masih banyak orang yang masih kurang uang di masa pensiun. Mungkin karena selama masa bekerja terlalu konsumtif, terlalu boros. Di sisi lain, dari 120an juta pekerja di Indonesia, tidak lebih dari 5%yang sudah punya program pensiun. Gak banyak dari kita yang sudah punya program pensiun. Literasi Keuangan Indonesia yang dirilis OJK 2014 menyebutkan hanya 2% pekerja yang sudah memiliki program jaminan pensiun. Serem banget sih kalo masa pensiun kayak gitu …

Advertisement

Sungguh, kita ini kurang “mempersiapkan masa pensiun”. Hidup orientasinya terlalu ke masa sekarang. Belum sampe untuk mikirin masa pensiun. Terus ngejawab, boro-boro ngurusin masa pensiun, buat hari-hari aja udah gak cukup. Yang bener, apa benar seperti itu ? Ayooo coba pikirin yang benar …

Tolong jawab ya. kamu sebenarnya pengen apa gak sih punya masa pensiun sejahtera ?

Pasti pengen dong masa pensiun sejahtera. Buat apa kerja lama-lama tapi masa pensiunnya gak sejahtera. Iya gak. Sekian lama bekerja masa gak bisa punya dana yang cukup buat pensiun. Sederhana aja kan. Gaji hasil kerja hari ini, silakan dipake untuk penuhi kebutuhan hari-hari. Tapi pasti ada sisanya yang bisa ditabung untuk masa pensiun kan. Itu sudah kamu lakukan belaum? Ayo dong, jangan tunda lagi. Hari ini terlalu banyak orang yang bekerja tapi gak mikirin masa pensiunnya.

Atau kalo gak, kamu minta dari kantor kamu untuk sediakan program pensiun. Banyak kok perusahaan yang punya program pensiun buat karyawannya. Itu kan amanat dari UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Perusahaan atau pemberi kerja harus memberikan manfaat yang sesuai terhadap karyawannya pada saat pemberhentian kerja, pensiun, dan kematian. Jadi, tanya dan minta saja dari kantor untuk sediakan program pensiun. Penyelenggara kan dari luar ini. Tinggal panggil dan ajak diskusi program pensiun yang sesuai.

Kalo mau masa pensiun kamu sejahtera. Gak ada yang lain keculai mulai persiapkan masa pensiun melalui program pensiun. Siapkanlah sejak dini program pensiun, mumpung masigh ada uang yang bisa disisihkan. Bayangkan klao nanti sudah gaka ada lagi uang yang bisa ditabung buat pensiun.

Terus, gimana caranya biar kita bisa pensiun sejahtera?

Ada banyak cara. Intinya kita harus mulai menyisihkan sebagian dari gaji atau rezeki yang kita punya untuk program pensiun. Jangan dihabisin gaji untuk kebutuhan hari-hari atau bersikap konsumtif. Segala rupa mau dibeli padahal gak terlalu penting, gak genting juga. Memang uang punya kamu tapi pakailah sesuai kebutuhan saja. Harus ada yang bisa ditabung, buat masa pensiun.

Atau kamu juga bisa pilih alternatif untuk meraih masa pensiun yang sejahtera. Setidaknya ada 3 Cara agar kita bisa Pensiun Sejahtera:

1 Siapkan Masa Pensiun. Banyak uang di masa kerja percuma kalo gak dipake buat mempersiapkan masa pensiun. Kerja apapun, usia berapapun harus nyiapin masa pensiun. Mau pensiun sejahtera atau tidak? Itu pilihan. Kalo mau sejahtera, milikilah program pensiun..

2. Mulai Investasi. Kamu itu hebat kalo gaji tiap bulan gak habis buat kebutuhan doang. Tapi masih bisa diinvestasikan. Tentu ngumpulin dulu nanti kalo udah cukup baru belikan rumah, belie mas, atau apapun. Asal tujuannya investasi.

3. Rutin Menabung. Sisihkan gaji yang ada tiap bulan untuk menabung secara rutin. Berapapun besarnya biasakan menabung. Itu habit yang baik dan berguna di masa pensiun.

Kalo mau pensiun dengan sejahtera, harus mulai disiapkan dari sekarang. Semakin muda semakin baik. Agar dana yang terkumpul di masa pensiun menjadi lebih besar. Gak usah ikut-ikut gaya hidup yang sementara. Lebih baik persiapkan masa pensiun dari sekarang. Toh, gak ada ruginya kalo bisa ngumpulin uang untuk masa pensiun. Kan targetnya masa pensiun yang sejahtera.

Coba misalnya, untuk masa pensiun yang sejahtera. Mulailah dengan mengikuti Program Pensiun, misalnya melalui DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang ada di pasaran. Karena program pensiun ini dapat membantu kesinambungan penghasilan di masa pensiun. Dengan sedikit uang, persentase dari gaji, setiap bulan disisihkan untuk program pensiun. Cari saja Perusahaan DPLK yang kompeten untuk mengelola dan menginvestasikan dana pensiun yang kita miliki. Insya Allah, nantinya lumayan buat masa pensiun kita.

Lho, kenapa harus program pensiun?

Gak harus program pensiun sih. Tapi kalo mau sesuai dengan tujuan masa pensiun yang sejahtera, program pensiun DPLK patut diperhitungkan. Karena ada beberapa keuntungan seperti: adanya pengurangan pajak penghasilan (PPh 21), ada pengurangan pajak penghasilan badan (PPh 25), dan hasil investasinya yang maksimal. Program pensiun atau program pesangon bisa kok disesuaikan dengan kondisi perusahaan, atau kondisi karyawannya. Program pensiun bisa jadi kendaraan yang pas untuk mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera.

Yukk, muali persiapkan masa pensiun kita. Jangan ditunda lagi, nanti malah keburu pensiun gak punya apa-apa. Wajar sekarang ini banyak orang yang sudah pensiun masih mau bekerja lagi. Karena tidak adanya dana yang cukup untuk masa penisun. MARI PERSIAPKAN MASA PENSIUN yang SEJAHTERA. Kalo gak sekarang kapan lagi, kalo bukan kita siapa lagi?

Bekerja itu memang penting, Tapi jauh lebih penting kita persiapkan masa pensiun yang sejahtera. Bukan masa pensiun yang bergantung pada anak. Atau masa pensiun yang masih tetap bekerja. Pensiun itu menikmati jerih payah kita sewaktu kerja dulu. Maka mulailah untuk mempersiapkan masa pensiun, sadar masa pensiun akan tiba.

Jangan tunda lagi untuk punya program pensiun. Mulai dari sekarang … Kerja YES, Pensiun OK.

A Leader for Employee Benefits #SadarPensiun