Setiap orang tentu punya cara tersendiri untuk mencapai kesuksesan. Misalnya saja kalau kita bicara soal sukses di bidang akademik, ada orang yang lebih senang belajar bersama teman untuk memahami materi ujian. Sementara itu ada juga yang saat belajar akan memilih untuk sendiri tanpa gangguan banyak suara. Tidak hanya soal belajar saja, cara bekerja yang cocok dengan masing-masing orang pun berbeda.

Beberapa tipikal orang akan suka bekerja di kantor dengan aturan kerja yang jelas. Sebaliknya sebagian lainnya akan sangat menikmati bila ia ditugaskan turun ke lapangan dan tidak harus bekerja di belakang meja. Untuk mengenali kamu ini sebenarnya masuk kategori pekerja yang mana, berikut Hipwee akan mengulas ciri atau tanda yang dirasakan oleh mereka yang cocok bekerja di luar ruangan. Mau tahu apa saja? Ini dia daftarnya:

1. Kamu enggan menjalani rutinitas kerja yang sama setiap harinya. Membayangkan bergulat dengan aktivitas yang itu-itu saja sudah sukses membuatmu merasa ‘menderita’

tidak suka dengan rutinitas via imgbuddy.com

Kalau kamu adalah orang yang anti menjalani rutinitas yang itu-itu saja, hal tersebut adalah salah satu tanda bahwa jenis pekerjaan yang mengharuskan kamu duduk di belakang meja tidak cocok denganmu. Membayangkan kalau kamu harus duduk di depan komputer mulai pagi hingga sore hari, sudah sukses membuatmu kehilangan semangat. Bagimu tidak ada yang menarik dengan itu semua.

Sebaliknya, pekerjaan di luar ruangan dan tidak ditentukan oleh jam kerja adalah suatu hal yang sangat menyenangkan bagimu. Entah mengapa saat orang lain enggan berpanas-panasan dan lebih suka bekerja dengan jam kantor yang sudah jelas, kamu jutsru menyukai hal sebaliknya. Bagimu bekerja tanpa aturan jam kantor yang mengingat jauh lebih menyenangkan daripada harus menjalani rutinitas yang sama setiap harinya.

2. Memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan baik adalah ciri dari kepribadianmu: Kamu tidak masalah jika harus berhadapan dengan situasi berbeda setiap harinya

Advertisement

mudah beradaptasi via women2.com

Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru juga menjadi pertanda bila kamu sesuai dengan jenis pekerjaan yang lebih banyak melibatkan aktivitas di luar ruangan. Biasanya jenis pekerjaan yang mengharuskan pekerjanya untuk berada di luar ruangan, akan membutuhkan mereka yang bisa dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Misalnya saja seorang marketing yang setiap hari memiliki kemungkinan bertemu dengan orang baru. Tanpa adanya kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat, tentu sulit rasanya kamu bisa mencapai hasil maksimal yang diharapkan. So, kalau kamu adalah tipe orang punya kemampuan menyesuaikan diri dengan baik mungkin pekerjaan di luar ruangan bisa sangat sesuai dengan dirimu.

3. Pertemuan dengan orang asing menjadi hal menyenangkan yang selalu terasa menarik untuk kamu lakukan

senang bertemu dengan orang baru via princessisatwork.blogspot.com

Apakah kamu tipe orang yang menikmati pertemuan dengan orang-orang baru?

Jika ya, mungkin menjalani pekerjaan di luar gedung akan terasa sangat menyenangkan untukmu. Bagi mereka yang menyukai pekerjaan yang memungkinkan dirinya untuk berinteraksi dengan orang-orang baru, duduk seharian di kubikel menyelesaikan pekerjaan akan terasa sangat menyiksa.

Kamu senang memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan mereka yang tidak berasal dari lingkungan keseharianmu. Daripada harus menyelesaikan laporan keuangan, pergi mewawancarai narasumber terasa lebih menantang untuk dilakukan. Pertemuan dengan orang-orang yang tidak kamu kenal inilah yang selalu membuatmu terasa bersemangat untuk bekerja.

4. Tinggal di zona nyaman dan minim tantangan akan membuat si pekerja lapangan sejati kehilangan semangat diri

keluar dari zona nyaman via www.forbes.com

Tinggal di lingkungan yang sudah kamu kenal memang terasa menyenangkan. Tapi hal tersebut tidak berlaku untukmu yang sangat suka dengan tantangan. Mereka lebih memilih untuk berhadapan dengan tantangan di luar zona nyaman daripada harus berkutat dengan hal yang sama setiap barunya.

Maka dari itu tidak mengherankan bila tipe orang seperti ini sangat cocok ditempatkan pada jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan beradaptasi dan menjalin interaksi dengan orang baru di luar kesehariannya. Jika kamu adalah tipe orang yang gemar menantang diri dengan keluar dari zona nyamanmu itu sebuah pertanda bahwa akan menjadi pekerja yang tangguh di lapangan.

5. Tetap bisa menyelesaikan pekerjaan meski harus jauh dari atasan juga ciri dari orang yang cocok menempati pekerjaan di luar ruangan

displin bekerja walau tanpa pengawasan via commons.wikimedia.org

Pergi ke luar ruangan untuk menyelesaikan pekerjaan akan membuatmu jauh dari pengawasan atasan. Beberapa orang bisa menjadi lengah dan bekerja tidak maksimal karena merasa tidak ada orang yang melihat hasil pekerjaannya. Alhasil orang tersebut tidak bisa menyelesaikan dengan baik segala beban kerja yang dipercayakan.

Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku oleh kamu yang cocok dengan jenis pekerjaan yang tidak perlu diawasi sepenuhnya oleh atasan. Kamu tetap dapat dipercaya untuk melaksanakan tugas sesuai dengan porsinya meski kamu bekerja tanpa pengawasan. Tanggung jawab merampungkan pekerjaan tersebutlah yang membuatmu cocok jika berprofesi di bidang yang memungkinkanmu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

6. Duduk selama berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan adalah siksaan untukmu. Jika disuruh memilih, melakukan pekerjaan di luar ruangan akan selalu jadi pilihan

suka melakukan aktivitas via www.jerryrlucado.com

Duduk di kursi kantor untuk menyelesaikan pekerjaaan bukanlah kebiasaan yang kamu idamkan. Dalam bayanganmu pekerjaan yang ideal akan membuatmu banyak melakukan kegiatan fisik. Kamu tidak suka melakoni aktivitas kantor yang minim gerak. Sebaliknya, sebuah pekerjaan yang memungkinkanmu untuk memiliki banyak kegiatan di luar ruangan akan terasa sangat menyenangkan. Intinya, jika disuruh memilih melakukan kegiatan indoor atau outdoor, kamu lebih suka memilih kegiatan outdoor.

Orang-orang yang punya kecenderungan lebih baik untuk melakukan pekerjaan di luar ruangan memang merasa tersiksa jika diberi aturan untuk diam. Jika kamu juga merasa bahwa siksaan terbesar adalah duduk dan menyelesaikan pekerjaan itu tandanya kerja di dalam ruang bukanlah pilihan yang tepat.

Bekerja di kantor atau lapangan pada dasarnya sama baiknya. Tapi kalau memang kamu sudah punya tanda-tanda di atas, nampaknya akan lebih cocok bagimu untuk bekerja di lapangan yang penuh dengan tantangan