Di mana sih tempat impianmu untuk menggelar resepsi?

Mungkin banyak pasangan yang memimpikan untuk merayakan hari bahagia di hotel maupun gedung mewah. Namun terkadang dana yang harus digelontorkan tak sesuai dengan budget yang dimiliki. Pada akhirnya, hari istimewa pun hanya bisa dirayakan di rumah. Hei, jangan sedih dulu! Kamu tetap bisa kok mendapatkan pernikahan impian yang elegan meski hanya menggelarnya di tempat tinggalmu saja.

Walaupun budget yang kamu miliki terbatas dan harus melaksanakannya di rumah, pastikan kamu menerapkan 7 kiat ini karena pestamu tak akan kalah istimewa dengan pesta di ballroom maupun gedung mewah!

1. Pilih satu atau maksimal dua warna yang dijadikan tema. Hal ini akan membuat kesan elegan lebih terasa.

pilih satu warna aja

pilih satu warna aja via mhamzah.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan tema serta konsep yang matang untuk hari bahagiamu. Tema dan konsep yang diusung akan membantumu mengerucutkan dekorasi seperti apa yang dibutuhkan. Hal ini pun akan membuat pestamu tak kalah istimewa karena semua dekorasinya seirama dan memiliki konsep yang matang.

Advertisement

Untuk mendapatkan kesan yang elegan, kamu bisa memilih satu atau maksimal dua warna yang digunakan sebagai tema besarnya. Misalnya saja putih, krem, atau warna netral lainnya. Sesuaikan juga warna bunga, tirai, karpet, meja, kursi, hingga tenda dengan warna tema yang kamu pilih sebelumnya.

2. Untuk menekan budget biaya sebaiknya kamu pilih bunga lokal aja, toh gak kalah bagusnya!

gunakan bunga lokal

gunakan bunga lokal via dewisri.net

Bunga merupakan dekorasi wajib yang harus ada di acara pernikahan. Mulai dari gerbang masuk rumah, photo booth, venue acara, hingga pelaminan. Bahkan, kehadirannya bisa dikreasikan begitu rupa untuk makin menyemarakkan suasana pesta. Kamu bisa membuatnya menjadi buket sederhana di pot sepanjang jalan masuk, menyusunnya sebagai penghias pelaminan, maupun meroncenya menjadi tirai bunga.

Mengingat keperluannya, dibutuhkan bunga yang tak sedikit untuk membuat pesta pernikahan terlihat istimewa. Untuk menekan biaya, kamu bisa menyiasatinya dengan membeli bunga lokal yang harganya jauh lebih terjangkau daripada bunga impor. Meski murah, kamu tak perlu cemas karena kualitasnya juga gak kalah kok.

3. Jangan biarkan halaman depan atau pagar rumahmu terlihat biasa saja, karena ini merupakan kesan pertama bagi para tamu yang akan berpesta.

hias pagar dan halaman depan

hias pagar dan halaman depan via www.eventorganizerindonesia.co

Ingin para tamu undangan terkesan? Kamu bisa memikatnya sedari awal pertama. Caranya mudah saja, kamu cukup memberikan hiasan di depan pintu kedatangan. Mulai dari gerbang rumah hingga ke depan pintu masuk. Jangan biarkan bagian depan rumahmu terlihat polos saja. Kamu bisa menghiasnya dengan taburan kelopak mawar, lentera, buah kelapa yang diberi lilin, atau rangkaian buket bunga. Pastikan dekorasi sederhana ini mampu memikat mereka.

4. Sediakan photo booth sederhana di pojokan acara, bisa dipastikan tamu undangan akan dibuat terkesima.

sediakan photo booth

sediakan photo booth via katapernikahan.com

Photo booth tak hanya bisa dimiliki ketika kamu menggelar pesta di gedung maupun hotel saja. Kamu tetap bisa memiliki photo booth sendiri kok meski menggelar pesta di rumah. Idealnya photo booth di letakkan di dekat pintu kedatangan. Kamu bisa mengira-ngira bagian mana yang paling pas digunakan sebagai photo booth. Entah itu di halaman depan maupun di ruang tamu.

Pingin photo booth yang lucu tapi murah? Caranya mudah! Kamu bisa menghiasnya dengan bangku taman (bisa pinjam milik teman, tetangga, atau saudara), letakkan pula sepeda kunomu di situ sebagai hiasan dan cukup tambahkan keranjang rotan yang sudah diisi rangkaian bunga. Tambahkan juga deretan foto polaroidmu bersama pasangan yang digantung di seutas tali rami. Selamat mencoba!

5. Manfaatkan halaman belakang sebagai tempat menjamu tamu dan berjalannya acara. Hias juga menggunakan balon pesta maupun lampion dengan warna sesuai tema.

kebun belakang untuk menjamu para tamu undangan

kebun belakang untuk menjamu para tamu undangan via visionsbyvaughn.files.wordpress.com

Manfaatkan halaman belakang yang ada di rumahmu. Kamu bisa menggelar acara pesta dengan konsep garden party di sana. Dekorasi yang dibutuhkan tak banyak, kamu cukup menambahkan pita di setiap kursi demi mempermanis tampilan. Selain itu, kehadiran lampion dan balon sesuai warna tema tak hanya akan menjadi pembeda, namun membuat suasana pestamu makin terlihat istimewa.

6. Jika pestamu dilaksanakan malam hari, kamu bisa menghias pohon yang ada di rumah dengan melilitkan lampu untuk menciptakan kesan hangat nan istimewa.

kebun belakang untuk menjamu para tamu undangan

hias dengan lampu temaram via blogvoucasar.blogspot.com

Bukan hanya lampion saja yang bisa dijadikan dekorasi, bila pestamu diadakan malam hari kamu bisa menambahkan lampu sebagai hiasan utama. Lilitkan lampu ke badan pohon, untuk membuat suasana makin hangat. Bisa juga merentangkan lampu dari satu pohon ke pohon lain. Harga lampu ini gak mahal kok, kamu bisa membeli lampu pohon natal yang berwarna kuning dengan harga kisaran 50 ribu rupiah per meternya. Murah kan?

7. Sebenarnya untuk pesta pernikahan yang harus bagus adalah fotografer dan makanannya. Dekorasi merupakan kesempatanmu untuk menekan biaya.

dekorasi biasa aja

dekorasi biasa aja via pondokindahlestari.blogspot.com

Sebenarnya untuk membuat hari bahagiamu berkesan, kamu tak perlu terpaku pada dekorasinya. Justru yang harus diutamakan adalah katering untuk menjamu dan memuaskan para tamu undangan. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah jasa foto yang digunakan karena sangat penting supaya setiap momennya bisa tertangkap secara sempurna dan bisa kamu kenang lagi nantinya. Sungguh, kamu tak perlu terlalu memusingkan mengenai dekorasi pesta, justru ini merupakan kesempatanmu untuk menekan biaya.

Jadi, sudah siap menggelar pesta pernikahan di rumah sendiri?