Sup atau sop sudah jamak dikenal di Indonesia. Sup sendiri merupakan masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan, diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah kekayaan rasa. Bahannya terdiri dari aneka ragam. Biasanya sih, terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan yang direbus sampai membentuk sari. Sup sendiri dibagi menjadi dua, yakni sup jernih dan sup kental.

Dikenal sebagai makanan yang mudah dicerna oleh lambung, sup juga dikenal sebagai comfort food yang jadi andalan kalau kita lagi sakit atau nggak enak badan. Di balik semua manfaatnya — kabar baiknya sup juga mudah dibuat bahkan oleh kita yang nggak bisa masak.

Kali ini Hipwee sudah kumpulkan 7 resep sup gampang yang bisa dipraktekkan. Itung-itung latihan buat bekal berumah tangga kelak #ehh

1. Sup jagung ayam ini udah bahannya mudah, cara bikinnya mudah, nelennya mudah lagi. Mudah-mudahan langgeng ya sama dia :3

hmmmmmmmmm via resepkoki.co

Karena sup ayam sudah terlalu mainstream. Jadi, mengkombinasikannya dengan jagung juga sah-sah saja.
Advertisement
Bahan yang kamu butuhin
    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1/2 ekor ayam kampung
  2. 1 liter air (boleh lebih kalau dikira kurang)
  3. 2 buah jagung manis, disisir
  4. 2 butir telur, dikocok
  5. 4-5 sdm meizena (boleh lebih atau kurang sesuai selera, kentalnya mau semana)
  6. Garam
  7. Gula
  8. Perasa makanan (perasa jamur misalnya, yang non MSG)
  9. Lada

2. Sup jamur isi cilok ayam boleh juga buat dijajal. Cilok nggak cuma dinikmatin dengan ditusuk-tusuk doang lho ternyata

jamur dan cilok ayam via img-global.cpcdn.com

Sup jamur biasanya identik dengan sup kental, bukan sup bening, atau juga yang sering disebut cream soup. Tapi ternyata bisa lho dikreasikan dengan kuah bening, ditambah cilok ayam pula. Katanya sih katanya, jamur bisa meningkatkan imunitas tubuh gitu terhadap infeksi. Bermanfaat kan? Bergizi kan? Coba gih!

Bahan yang kamu butuhin
    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 100 gr ayam tanpa tulang, potong kecil-kecil
  2. 1 bungkus jamur tiram, suwir-suwir
  3. 2 potong tahu putih, potong-potong
  4. 2 batang daun bawang, potong-potong
    Bumbu ayam
  5. 2 cm jahe, parut/ haluskan
  6. 1/2 sdt gula, garam, lada
    Bahan cilok
  7. 6 sdm tepung kanji
  8. 4 sdm tepung terigu
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/2 sdt kaldu ayam
  11. 1/2 sdt lada
    Bumbu kuah
  12. 2 siung bawang putih, haluskan
  13. 2 cm jahe, parut/ haluskan
  14. 1 sdm saos tiram
  15. 1 sdm kecap asin
  16. 1 sdt minyak wijen
  17. 1/2 sdt lada
  18. secukupnya gula, garam

Langkah yang kudu kamu lakukan

  1. Campur ayam dengan bumbu ayam. Biarkan selama 15 menit.
  2. Sambil menunggu rendaman ayam, kamu bisa manfaatin waktu buat bikin buat adonan ciloknya. Awali dengan mencampur semua bahan cilok, beri air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk.
  3. Lalu, didihkan air, dan pipihkan cilok yang kemudian diisi dengan ayam. Jika sudah, langsung masukkan ke dalam air yg mendidih. Lakukan sampai habis.
  4. Tambahkan bawang putih ke dalam kuah cilok tadi. Masukkan tahu dan jamur, serta semua bumbu kuahnya. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dulu ya
  5. Sup sudah siap disajikan dengan taburan daun bawang.

3. Sup daging tetelan dan kacang merah bisa bikin makan siangmu terkesan mewah lho..

kacang merah dalam sajian mewah via selerasa.com

Biar nggak cuma menikmati sajian sup ini di resto yang cukup banyak juga ngeluarin rupiah, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Kacang merah sudah jadi rahasia umum kan kalau kaya akan faedah. Biar kecil tapi banyak kegunaannya. Untuk yang menderita diabetes misalnya, kacang merah dapat membantu penderitanya untuk mengendalikan tingkat gula darah, serta rendah indeks glikemik.

Bahan yang kamu butuhin

  1. 250 gr daging sapi tetelan
  2. 100 gr kacang merah (selera)
  3. 1 buah wortel import
  4. 10 buah buncis
  5. 5 siung bawang merah
  6. 3 siung bawang putih
  7. gula secukup nya
  8. garam secukup nya
  9. lada bubuk secukupnya
  10. 2 cm jahe
  11. 1 lembar daun bawang dan seledri

Langkah yang kudu kamu lakukan

  1. Rebus daging dan kacang merah terlebih dahulu, rebusnya secara terpisah ya. Kalau kacang merah sudah empuk tiriskan, airnya dibuang ya.
  2. Jika daging sudah lunak atau empuk, segera masukkan wortel lalu buncis.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah di haluskan. Lalu masukkan jahe. Tumis hingga wangi, lalu masukkan ke rebusan daging dan wortel tadi.
  4. Apabila daging dan wortel telah matang, baru masukkan buncis. Setelahnya, masukkan gula dan juga garam.
  5. Masukkan daun bawang seledri, baru kemudian dihidangkan.

4. Sup bihun oyong wortel + telur puyuh dapat menyegarkan harimu

sajian bergizi via selerasa.com

Dari namanya aja, kebayang kan gimana segarnya bihun, oyong, dan wortel disiram kuah bening? Apalagi saat hujan, duh anget dek! Oyong sendiri sudah diketahui kalau memiliki kandungan aneka vitamin, mulai dari A hingga C yang banyak banget, belum lagi zat besi, seng, dan magnesiumnya. Untuk mengimbangi aneka vitamin dari oyong dan wortel, telur puyuh pun hadir sebagai pelengkap dengan kandungan proteinnya.

Bahan yang kamu butuhin

  1. 3 bh wortel
  2. 2 bh oyong
  3. 1 pack bihun jagung (mie putih)
  4. 4 bh bawang putih
  5. 1 sdt merica
  6. Garam dan gula secukupnya
  7. 10 bh telur puyuh

Langkah yang kudu kamu lakukan

  1. Kupas semua bahan. Potong wortel dan oyong.
  2. Goreng bawang putih, tiatii.. jangan sampai gosong kaya kulitmu
  3. Haluskan bawang putih yang sudah digoreng, tambahkan merica
  4. Rendam bihun dengan air
  5. Rebus air sampai mendidih. Setelahnya, masukkan bawang putih dan merica yang sudah kamu haluskan tadi
  6. Masukkan wortel, tunggu sampai empuk baru kemudian masukkan oyong (jangan lama-lama cuy, nanti aneh)
  7. Masukkan bihun dan telur puyuh
  8. Tambahkan gula dan garam secukupnya
  9. Tadaaaa siap disajikan ~~~

5. Sup pangsit tuna bisa bikin harimu lebih berwarna. Ciyeee ~~~ nggak kaya hatimu gitu #ehh

pangsit tunaaaaaaa via 3.bp.blogspot.com

Kata siapa pangsit cuma bisa dipasangin sama mie doang? Jadinya mie pangsit dong. Tapi pangsit bisa juga diolah jadi salah satu bahan buat bikin sup, bisa dikombinasikan dengan tuna misalnya. Tuna itu nggak cuma kaya akan protein saja, tapi juga miliki kandungan omega-3 asam lemak, vitamin B, dan sebagainya. Nggak cuma buat anak-anak, orang dewasa pun pasti akan merasa surga ketika menyantapnya…

Bahan yang kamu butuhin

Kaldu Ayam :

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1 buah punggung ayam, dikerat
  2. 2 siung bawang putih, dikeprek
  3. 1 sdm saus tiram
  4. Brokoli secukupnya
  5. Wortel secukupnya
  6. Lada, garam dan gula secukupnya
  7. 1 liter air
  8. 1 sdt minyak wijen

Pangsit Tuna:

  1. 1 pack pangsit siap pakai
  2. 1 kaleng tuna in water
  3. 3 sdm tepung sagu
  4. secukupnya lada dan garam
  5. 1/2 sdt royco ayam
  6. 1 batang daun bawang iris tipis
  7. 1 butir telur

Langkah yang kudu kamu lakukan

  1. Buat kaldu ayam, rebus punggung ayam hingga mendidih. Masukkan lada, garam, dan gula. Kemudian masukkan saus tiram dan minyak wijen. Saring hingga mendapat kaldu yang bersih. Sisihkan.
  2. Tuang tuna kaleng beserta airnya ke wadah. Lalu, masukkan tepung sagu, telur, daun bawang, lada garam.
    Masukkan 1 sdt adonan isi ke pangsit, kemudian rebus hingga matang. Sisihkan.
  3. Atur pangsit dalam mangkuk, tata dengan wortel dan brokoli, siram dengan kaldu. Siap disajikan..

6. Sup baso tahu yang kekinian ini cocok untuk menemanimu di akhir pekan

selamat makan via www.medanbisnisdaily.com

Tahu ialah makanan yang banyak mengandung protein, karena bahan dasarnya adalah kacang kedelai. Oleh karena itu, tahu banyak diminati oleh warga Indonesia karena harganya yang murah dan juga kaya akan protein. Tahu mah jangan dimakan dengan digoreng aja, coba dikreasikan dengan bentuk sup gini deh, lebih sehat tauuuuuk…

Bahan yang kamu butuhin

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1 biji tahu kain putih
  2. Buncis secukupnya
  3. Daun bawang secukupnya
  4. Penyedap
  5. 3 siung bawang putih, dicincang
  6. 15 biji bakso sapi

Langkah yang kudu kamu lakukan

  1. Bawang putih dicincang, lalu ditumis sampai harum. Kemudian masukkan bakso, wortel dan kentang.
  2. Masukkan garam dan penyedap, lalu tunggu sampai empuk kentang dan wotelnya, baru masukkan tahu.
  3. Terakhir, masukkan buncis dan seledri. Selesai ~~~

7. Sup sayur ini sudah murah meriah, bisa untuk santapan kapan saja, rasanya pun istimewa. Jadi wajib kamu coba!

biar sehat via www.royco.co.id

Buat yang nggak suka sayur-sayuran mentah, ini asli kudu dijajal lho. Sebab, dengan kuah kaldu, rasanya pun jadi berubah, percayalah. Bisa juga sebagai siasat bagi si kecil yang masih susah makan, apalagi makan sayur. Praktikkin di rumah yak..

Bahan yang kamu butuhin

    " data-mobile-editor="ingredients">
  1. 1 buah Kubis
  2. 2 buah wortel
  3. 1 buah kentang
  4. 1 siung bawang putih
  5. 2 siung bawang merah
  6. Lada bubuk secukupnya
  7. Kaldu ayam bubuk secukupnya
  8. 1 tahu putih
  9. Garam secukupnya
  10. Daun bawang dan daun seledri

Langkah yang kudu kamu lakukan

  1. Siapkan semua bahan. Lalu kupas wortel dan kentang, kemudian dipotong dadu. Potong kubis dan cuci semua bahan. Tumbuk bawang putih bersama garam. Iris tipis bawang merah.
  2. Tuang 1 sendok minyak goreng ke wajan, lalu panaskan. Tumis bumbu yg sudah di tumbuk sampai harum. Setelah itu, tuang air dan masukan kaldu ayam, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya.
  3. Iris daun bawang dan daun seledri lalu taburkan, bawang merah yang sudah digoreng dimasukan juga. Cicipi, lalu tiriskan. Dan siap untuk dinikmati…

Nah, itu dia kreasi olahan sup yang bisa kamu coba buat bekal berumah tangga. Inget, nggak cuma buat yang udah jago masak aja, buat yang baru belajar masak pun sah-sah saja. Nggak rugi kok kalau kamu mau mencobanya. Yuk, buat sendiri. Semoga berhasil ya. Jangan lupa, calon mertua dikasih juga ya.