Sejak kecil kita memang sudah ditanamkan kebiasaan untuk menabung. Namun, sekarang saat kamu sudah berpenghasilan sendiri, menabung justru jadi hal yang sulit sekali. Banyaknya godaan sana sini atau gaya hidup yang cukup tinggi jadi penyebab utamanya. Mau nggak mau, uang gaji bulanmu pun seringnya tandas tak bersisa, bahkan nggak jarang itu terjadi di tengah bulan.

Kalau begini terus, kapan uangmu bisa terkumpul? Bisa-bisa dalam waktu satu tahun uang tabunganmu akan segitu-segitu aja. Biar pundi-pundi tabunganmu bisa terus bertambah, kamu layak menerapkan tips yang Hipwee kasih ini.

1. Membuat anggaran pengeluaran tiap bulannya itu penting. Supaya kamu tahu berapa banyak gajimu yang bisa ditabung dan berapa banyak yang digunakan untuk kebutuhan primer.

Buat anggaran pengeluaran bulanan via femmeandfortune.com

Gajimu 2.500.000 perbulan

Kebutuhan bulanan 1.500.000

Sisanya 1.000.000 untuk rekening tabunganmu

Membuat daftar biaya makan, transportasi, pulsa telpon, dan kebutuhan primer lainnya nggak cuma memudahkan kamu mengetahui jalanya pengeluaran uangmu. Tapi, bisa juga menjadi acuan supaya kamu nggak menghambur-hamburkan uang begitu saja. Baru, setelah kebutuhan primermu tercukupi dan uangmu jatah kebutuhan bulanan masih tersisa, kamu bisa mempergunakannya untuk kebutuhan skunder. Buat daftar kebutuhan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jangan berlebihan, jangan juga kekurangan.

2. Memisahkan uang tabungan dengan uang kebutuhan di rekening yang berbeda.

Advertisement

Punya dua rekening yang berbeda via nurulkamilah96.wordpress.com

Sadar atau nggak, niat menabung kamu bisa saja terganggu jika uang tabungan dengan kebutuhan tersimpan di wadah yang sama. Karena, saat jatah uang kebutuhanmu hampir habis, nominal uang jatah tabungan membuatmu tergiur untuk menggunakannya. Sementara, jika memiliki dua rekening yang berbeda, kamu bisa mensugesti dirimu, jika nominal uang yang kamu punya cuma ada di rekening kebutuhan.

3. Pastikan juga kamu memilih sistem rekening tabungan yang nggak bisa kamu tarik setiap bulannya, atau hanya bisa kamu tarik dalam jangka waktu tertentu.

rekening tabungan cukup punya buku tabungannya aja, kartu ATM nggak perlu via www.bpjs-kis.info

Selain membedakan rekening tabungan serta kebutuhan. Kamu juga harus memastikan, jika rekening untuk tabungan memiliki sistem tabungan untuk rencana jangka panjang. Semata-mata agar kamu tak bisa mengambil uang itu setiap saat. Jangan lupa juga, khusus untuk rekening tabungan kamu nggak perlu membuat kartu ATMmu. Demi niat menabung yang berjalan sesuai rencana.

4. Karena seringnya pengeluaran dadakan membuat uangmu tak jelas kemana perginya. Menyediakan dana darurat bisa jadi alternatif yang membantu untuk ke depannya.

Setiap bulan, kamu juga nggak pernah tahu jika ada kebutuhan dadakan, seperti misalnya saat kamu atau orangtuamu sakit. Mau nggak mau kamu harus mengeluarkan uang lebih. Namun, kebutuhan dadakan seringnya juga membuat uangmu tak jelas kemana perginya. Karena itu, untuk mensiasatinya kamu perlu menyediakan dana darurat setiap bulannya. Paling tidak saat dana darurat itu tidak terpakai, kamu bisa mengakumulasikannya untuk bulan depan. Dan, saat sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang mengharuskanmu mengeluarkan dana cukup besar, kamu pun tenang karena memiliki persedian dari dana darurat itu sendiri. Dijamin juga uang tabunganmu tetap aman, gais.

5. Membuat satu toples untuk satu mimpi besar kamu, dijamin itu jadi motivasi kamu untuk selalu menyisihkan uang. Meski sedikit yang penting nabung.

Punya banyak toples via quotesgram.com

Kamu punya cita-cita meneruskan S2 dengan biaya sendiri, atau rencana menikah di umur sekian, atau juga keinginan untuk bisa keliling Eropa. Memiliki dream jar alias toples impian hukumnya wajib kamu coba. Pilih toples kaca yang menurutmu cukup besar, lalu tulisakan impianmu di toples tersebut. Dengan begitu, setiap kamu memiliki sisa uang dan kebetulan melihat toples impian, udah pasti kamu akan terus termotivasi untuk menyisihkan sisa uang ke dalam toples. Hitungannya, kamu tetap menabung juga kan, hanya saja caranya terkesan lebih menyenangkan.

6. Pastikan kamu selalu siapkan uang tunai, paling tidak 50 ribu atau 100 ribu, biar nggak pakai kartu. Karena pakai kartu selalu bikin kamu lebih boros dibandingkan uang tunai.

Sedia uang cash aja deh via www.kapanlagi.com

Memiliki dan membawa kartu ATM setiap saat, membuatmu tak bisa menahan godaan menggeseknya ketika uang cashmu tak memadai untuk berbelanja. Nah, kamu perlu mengantisipasi itu dengan menyediakan uang cash minimal 50 atau 100 ribu di dompet, sedangkan kartu ATMmu bisa saja kamu simpan di tempat yang lain selain dompetmu. Ini wajib kamu lakukan, demi menekan hasrat berbelanjamu.

7. Memanjakan diri sesekali perlu. Buat saja agenda kapan kamu harus nonton bareng teman atau sekedar jalan-jalan ke tempat rekreasi yang kamu ingin kunjungi dari dulu.

Boleh lah sesekali jalan-jalan bareng teman via erwinrewin.tumblr.com

Namanya juga anak muda, nonton bareng atau sekedar jalan-jalan dan ngopi bersama teman-teman bisa jadi agenda rutin memanjakan diri setiap bulannya. Tapi, pastikan juga agenda tersebut nggak membuat pengeluaranmu membengkak. Pilih saja satu agenda dalam setiap bulannya, misalnya bulan ini kamu mau nonton film yang udah kamu nanti berbulan-bulan bersama temanmu, lalu bulan depan kamu membuat rencana untuk jalan-jalan ke tempat wisata bisa bersama teman, bisa sendiri, atau bersama keluarga. Pokoknya, agendakan satu kegiatan dalam setiap bulannya ya.

8. Kamu yang punya hobi belanja juga sah-sah aja, asalkan kamu bisa membuat list apa saja yang kamu beli tiap bulannya. Pastikan benda tersebut nantinya akan bermanfaat.

Boleh belanja tapi jangan sering-sering

Berbelanja juga sah-sah aja kok, asalkan kamu tahu batasannya. Buat saja list barang yang kamu akan beli setiap bulan, dan list barang itu jangan sampai lebih dari dua item. Misalnya, bulan ini kamu ingin membeli sepatu atau tas saja, lalu bulan depan ingin membeli baju dan buku sekaligus. Intinya, kamu harus bisa mengerem biaya belanja setiap bulan dengan mengetahu seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan.

9. Makanan enak emang salah satu kebahagian untuk kamu. Kuliner dalam sebulan juga kalau bisa jangan sampai lebih dari 2 atau 3 kali.

Hobi makannya direm ya via koranyogya.com

Urusan perut itu memang menyangkut kebahagianmu juga. Tapi, jangan sampai menguras kantongmu ya. Mempunyai hobi kuliner tapi tetap bisa menabung, kamu perlu menetapkan anggaran tetap tiap bulannya. Dan, pastikan anggaran itu nggak boleh lebih untuk 2 sampai 3 kali kuliner ke tempat-tempat makan yang direkomendasi.

10. Punya tempat tongkrongan yang hemat, kayak rumah temen atau warung murah yang nyaman. Jadi duit gak habis buat nongkrong.

Nongrong di kedai pinggir jalan juga enak via www.laksanahotel.com

Nongkrong juga nggak perlu gaya-gayaan di kafe paling ternama di kota. Cari saja tempat nongkrong yang nyaman dan murah seperti rumah teman atau warung. Semata-mata, agar pengeluran bulananmu tak habis terpakai untuk kegiatan nongkongmu ini. Maklum anak muda kan, nongkrong bareng teman udah jadi kebiasaan yang kadang sulit untuk diubah.

11. Bukannya pelit tapi menggunakan aplikasi flip untuk transfer uang ke rekening lain membuatmu mengirit biaya potongan transaksi. Lumayan uang 3 ribu – 10 ribu di rekeningmu nggak perlu hilang.

pakai aplikasi flip buat transfer ya biar irit via www.thecognitio.com

Irit bukan berarti pelit ya. Kadang kamu juga ngerasa terbebani kan, dengan potongan biaya transaksi ini itu yang diberlakukan oleh pihak bank tempat rekeningmu bersemayam. Untuk transfer kea tm orang lain aja, biaya potongannya bisa mencapai 10.000. Bayangin kalau dalam sebulan kamu bisa hamper 3 kali melakukan transaksi transfer ATM. Wah… 30 ribu itu lumayan loh kalau buat makan sehari. Makannya, siasat jitu yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi flip untuk transfer uang ke rekening lain. Aplikasi ini berbaik hati membantu transaksi transfer uang tanpa ada potongan biaya. Asyik kan? Ini bukan pelit loh, tapi ini irit.

12. Pada akhirnya menabung itu soal niat dan komitmen. Tanpa itu, kamu tak akan berhasil menambah tabungan di rekeningmu.

niatkan menabung uang ini ya via gaya.tempo.co

Pengen deh rasanya punya tabungan yang bisa bermanfaat banget di masa depan. Tapi, kok rasanya sulit banget nyisahin uang 500 ribu perbulan. Nah loh, apa yang salah kira-kira dari cara kamu menggunakan uang? coba di cek lagi. Perlu kamu tahu juga rencana nabungmu nggak akan maju-maju, kalau nggak di dukung dengan niat dan tekad yang kuat. Jadi, mulai hari ini yuk kencangkan ikat pinggang dan tekat yang kuat.

Semoga dalam beberapa bulan ke depan uang tabungan kamu bisa bertambah hingga 3 jutaan ya. Semangat kakak!