Selama ini kamu mungkin sudah sering mendengarkan cerita teman-teman lain tentang perjalanan ke luar negeri. Ya, di sana kita akan menemukan banyak hal yang berbeda dengan yang biasa kita temui sehari-hari di negeri ini.

Kini saatmu membuktikannya sendiri akan segera tiba. Tentu saja kamu sudah mempersiapkan banyak hal untuk keberangkatanmu, terutama untuk kepentingan adaptasi dengan budaya lokal di sana. Mulai dari bahasa, kebiasaan, pengetahuan, dan juga lokasi-lokasi yang ingin kamu kunjungi.Pengalaman pertama selalu yang paling berkesan. Iya, kamu pasti sedang bersemangat-semangatnya. Sudah kebayang nih kayaknya di sana mau ngapain aja.

Eits, tapi jangan sampai karena terlalu semangat kamu jadi lupa mempersiapkan hal-hal kecil ya. Pastikan perjalanananmu bebas gangguan dengan melakukan beberapa persiapan ini.

1. Agar alat elektronik tetap nyala, pastikan universal adapter ini masuk ke kopermu.

paket komplit buat segala macam alat elektronik via www.tokopedia.com

Bentuk stop kontak listrik tidak selalu sama di setiap negara. Indoneisa menggunakan tipe colokan dengan dua lubang. Sementara di beberapa negara lain ada yang menggunakan stop kontak kaki tiga atau lubang strip.
Itu artinya, alat-alat elektronikmu yang dibawa dari Indonesia tidak bisa diisi muatan listrik jika kamu tidak memiliki benda ini.

Advertisement

Milikilah universal adapter atau konverter internasional untuk menyesuaikan dengan tipe-tipe colokan di berbagai negara.Cukup membeli satu paket, kamu bisa memiliki alat serbaguna untuk dibawa ke negara mana saja.

2. Tas portable serba guna ini juga akan jadi sahabat karibmu. Jangan sampai dokumen pentingmu tercecer.

Selain tas ransel yang pastinya kamu gunakan untuk barang-barang berukuran besar, ada baiknya siapkan juga tas pinggang kecil atau tas selempang. Tas ini berguna untuk menyimpan barang-barang penting yang harus dibawa ke mana saja seperti passport, dompet, uang, ponsel dan powerbank.

Oh ya, sebelum kamu menginjakkan kaki di negara lain, wajib hukumnya menyimpan fotocopy dan soft-file hasil scan passport. Apa saja bisa terjadi di sana. Jika passportmu hilang, rekam jejak identitasmu yang bisa dibuktikan dengan dokumen salinan tersebut bisa sangat menolongmu. Tentu saja jangan disimpan di tas yang sama ya, kalau hilang ya sama saja.

3. Daripada parfum, krim, dan gelmu dibuang di bandara, sedia zipper bag plastik ini sebelum naik pesawat

kumpulkan dalam satu tempat via www.thereareplaces.com

Penerbangan internasional sedikit berbeda dengan penerbangan lokal. Untuk keamanan bandara, jenis cairan apapun hanya boleh dibawa ke kabin dalam tempat yang berukuran masing-masing 100 ml.
Jika lebih dari itu, botol-botol yang berisi cairan perawatan tubuhmu yang mungkin harganya mahal itu akan dibuang tanpa ampun ke tempat sampah.

Akan lebih aman untuk menyimpannya di dalam koper bersama barang bagasi lainnya. Namun karena perjalanan jauh mungkin akan menyita waktu lama, kamu bisa bawa cairan di botol-botol kecil dan dimasukkan ke zipper bag plastik. Jangan lupa, tidak boleh lebih dari 100 ml ya.

4. Masih seputar bandara, pastikan packingmu dari rumah sudah rapi. Kopermu mungkin dibongkar untuk alasan keamanan

biar nggak berantakan via www.aliexpress.com

Kamu harus nurut kalau diminta membongkar kopermu di bandara. Ini adalah prosedur keamanan tambahan yang terkadang perlu dilakukan.

Namun karena semua serba cepat, isi koper yang berantakan akan menyulitkanmu menata kembali barang bawaan sehabis dibongkar. Siasati dengan mengelompokkan barang-barangmu ke dalam storage bag seperti ini agar lebih tertata rapi.

5. Beberapa negara menyaratkan rekam medis vaksinasi. Pastikan kamu sudah diimunisasi.

imunisasi untuk kesehatan via www.amazine.co

Beberapa negara seperti Amerika Selatan dan Afrika meminta pengunjung melakukan vaksinasi untuk kolera, sementara Cina dan India spesifik meminta vaksinasi hepatitis.

Para jamaah haji sebelum ke Mekkah biasanya diminta untuk melakukan vaksinasi meningokokus. Pastikan kamu sudah mencari tahu persyaratan untuk masuk negara tujuanmu dulu jauh-jauh hari. Imunisasi ini paling baik dilakukan 3 bulan menjelang keberangkatan.

6. Masih tentang kondisi medis, catat sendiri resep obat yang kamu butuhkan secara personal.

obat-obatan pribadi via pharmacyinfo.xyz

Kalau kamu memiliki kebutuhan untuk menerima pengobatan khusus, misalnya alergi dan semacamnya, jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan pribadimu dari tanah air.

Untuk jaga-jaga, mintalah resep obatmu kepada dokter dan bawalah catatan resep tersebut di dompetmu ketika berpergian. Siapa tahu kamu membutuhkannya sewaktu-waktu, resep tersebut bisa ditebus di apotek luar.

7. Biar smartphone lebih berguna, unduh beberapa aplikasi yang memudahkan hidupmu ketika di negeri orang

manfaatkan smartphone selama traveling via www.fremantle.wa.gov.au

Di zaman serba digital seperti ini, banyak sekali aplikasi yang dibuat untuk memudahkan kehidupan kita. Ketika traveling ke negeri lain, aplikasi yang perlu kamu miliki adalah peta kota dan rute transportasi setempat seperti jalur MRT  (Masas Rapid Transit). Keuntungannya, aplikasi ini bisa membantumu mempelajari kota yang ingin kamu kunjungi dan membuat waktu kunjunganmu lebih efisien.

Buat kamu yang muslim, coba unduh juga aplikasi yang membantu menentukan waktu salat dan arah kiblat seperti Muslim Pro.

8. Karena air mineral harganya mahal, bawa botol minum aja ke mana-mana

minum dari botol sendiri via www.intrepidtravel.com

Nggak seperti di sini, di luar negeri orang tidak terbiasa membeli air mineral untuk kebutuhan sehari-hari.
Soalnya air keran pun sudah bisa diminum langsung tanpa dimasak terlebih dahulu. Di tempat-tempat umum, biasanya tersedia tap water yang bisa langsung diminum ketika haus.

Manfaatkan tap water ini untuk mengisi botol minummu sebelum berpergian lebih jauh lagi.

9. Karena lidah kita Indonesia, sambal pedas akan menyelamatkan hari-hari yang hambar di negeri seberang

sambal pedas yang nambah selera makan via www.tokopedia.com

Awalnya mungkin seneng-seneng aja makan roti, pasta, dan kawan-kawan. Lama-lama kok jadi hambar. Pengen makanan yang ada rasa pedasnya. Tapi pedesnya sana itu bener-bener nggak ada apa-apanya standar pedes Ind0nesia. Kalau hal ini terjadi, kamu akan sangat beruntung kalau sempat menyelipkan beberapa sachet sambal pedas ke dalam kopermu. Makanan hambar pun akan terasa enak dengan bantuan saus sambal dari tanah air.

Nah itulah hal-hal kecil yang jika lupa kamu perhatikan, akan membuat perjalananmu kurang nyaman. Jadi jangan sampai kelupaan ya. Tentunya perjalanan pertamamu ke luar negeri akan jadi sangat berkesan! 😉