Kekayaan kuliner di Indonesia memang mampu membuat takjub bagi sebagian besar orang. Dari sabang sampai merauke berbagai resep masakan sudah banyak ditemui dan mampu ‘menggoyang’ lidah yang mencicipinya. Mulai cita rasa yang asin, manis hingga pedas dari kekayaan kuliner ini seolah tak ada habisnya. Tak heran, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan kuliner unik serta memanjakan lidah selain sebagai negara ramah dan murah senyum.

Nah, kali ini Hipwee akan mengajak kalian mensyukuri kekayaan kuliner Indonesia di Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan banyaknya variasi bumbu serta jenis penyajiannya, perjalanan kalian di Banjarnegara dari pagi hingga petang dijamin akan menyenangkan dengan sajian kuliner lezat di sana. Siap-siap ngiler, ya!

1. Awali pagi harimu dengan soto krandegan khas Banjarnegara yang gurih ini! Lengkapi tetesan jeruk nipis agar menambah citarasanya.

sarapan pakai soto krandegan, kenyang! via jitu.knjx.jitunews.com

Mengawali pagi harimu dengan soto krandegan Banjarnegara sepertinya paling pas untuk persiapan energi di siang hari. Perbaduan kuah kental santan, ketupat, irisan tauge dan potongan daging sapi yang empuk akan memanjakan selera makanmu dalam sekejap. Tak perlu bingung mencari kuliner khas yang satu ini, datang saja ke alun-alun Banjarnegara dan kamu akan menemukan banyak penjual soto krandegan dengan raza yang lezat serta harga yang terjangkau.

2. Tak perlu takut kekenyangan setelah sarapan, menyantap beberapa combro kalipalet akan memperbaiki mood perjalananmu!

ngemil combro yuk! via klikdieng.com

Advertisement

Setelah sarapan dan belum terlalu kenyang, kalian bisa kembali memanjakan lidah dengan cemilan khas warga Kalipalet, Banjarnegara ini. Makanan berbahan dasar singkong ini sangat nikmat jika disajikan dengan cabai rawit atau es teh manis, lho. Yuk ngemil dulu sebelum mulai berpetualang!

3. Ketika menjelang siang dan perutmu mulai keroncongan lagi, segera nikmati bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara yang gurih dan mengenyangkan ini.

bakso kupat enak dan mengenyangkan via plus.google.com

Lanjutkan perjalanan kulinermu ketika menjelang siang dengan sajian bakso ketupat ini. Terletak di belakang Polres Banjarnegara, warung bakso yang terkenal ini tak pernah sepi didatangi pengunjung. Dengan harga yang terjangkau di bawah 10.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati santap siang tanpa takut kehabisan uang.

Dengan campuran ketupatnya yang cukup banyak, kamu nggak perlu kuatir akan kelaparan lagi dengan cepat. Kaldu sapi yang kental dengan rasa bakso yang enak sekali gigit ini pun menjadi ciri khas bakso ketupat belakang Polres Banjarnegara ini.

4. Perjalanan siangmu takkan lengkap jika tak mencicipi Es Dawet Ayu khas Banjarnegara ini. Dengan rasa yang segar dan harga terjangkau, yakin kamu nggak akan nambah?

dawet ayu khas Banjarnegara yang super segar! via jogja.tribunnews.com

Meski kamu bukan orang asli Banjarnegara, deretan penjual es dawet ayu Banjarnegara ini pasti sering kamu lihat di depan-depan sekolah atau komplek perumahan sekitar tempat tinggalmu. Betul nggak? Ya, karena ketenaran es dawet yang satu ini, banyak orang yang enggan untuk berpaling ke jenis es yang lain. Keunikan lain dari es dawet bercampur gula jawa ini adalah, harganya yang sangat terjangkau yaitu 3-5.000 rupiah saja. Karena minuman merakyat ini khas di Banjarnegara, kamu bisa dengan mudah menemukannya di sepanjang jalan.

Siapa nih yang belum pernah minum es dawet ayu khas Banjarnegara?

5. Sore hari telah tiba, yuk cicipi citarasa khas dari Buntil Banjarnegara yang fenomenal ini.

gurih dan segarnya buntil singkong via kulinerbanjar.com

Pernah mendengar tentang buntil? Makanan bersantan dari daun singkong yang terkenal ini sudah banyak digemari terutama oleh orang-orang penyuka makanan gurih dan pedas. Meskipun khas di Banjarnegara, kamu juga bisa menemukan buntil di daerah lain di Jawa Tengah, kok. Bahkan, buntil juga sudah terkenal di luar negeri karena rasanya yang khas, ucap Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno.

Terasa hampa jika hanya berisi daun singkong, campuran lain seperti petai, ikan teri serta juhi lah yang sering dijadikan pelengkap hidangan buntil khas Banjarnegara ini. Sajikan sengan nasi hangat dan es teh supaya perut dan lidahmu terpuaskan, ya.

6. Menjelang malam hari yang syahdu di Banjarnegara, tak lengkap rasanya jika tak ditemani si cantik nan gurih Mendoan Banjarnegara.

mendoan emang paling maknyusss via kuliner-khas-daerah-banjarnegara.blogspot.com

Kembali mensyukuri keanekaragaman kuliner di Indonesia, kita wajib mengenal makanan khas Banjarnegara berbahan dasar tempe ini. Balutan tepung dan irisan daun bawang pada tempe ini menambah selera makan kita apabila disajikan dengan sambal kecap yang super pedas.

Sebelum malam hari datang, sebaiknya kamu bergegas mencari mendoan di warung-warung atau pedagang kaki lima di sepanjang jalan Banjarnegara. Nikmati selagi hangat agar kelezatannya tak berkurang!

7. Menutup perjalanan dengan Mie Ongklok Banjarnegara lengkap dengan sate dan kuah pedasnya, sepertinya pas dijadikan pengantar tidur karena lelah seharian.

tutup petualangan kulinermu dengan mie ongklok ini via adilhanipramastyo.wordpress.com

Menikmati sajian mie yang berbeda dari biasanya dengan mie ongklok, yuk! Cara meraciknya yang nggak mainstream yaitu dengan di kocok dengan bumbu-bumbu khusus membuat harga mie ini cukup mahal dibanding mie yang lainnya. Campuran daging sapi, ayam, ebi, sawi dan kol mampu menciptakan perbaduan yang sempurna lengkap dengan sate ayam berkuah kacang kental ini.

Jika kamu kebingungan mencari mie ongklok yang enak di Banjarnegara, datang saja ke Semampir, Kec. Banjarnegara, tepatnya di warung mie ongklok Pak Tugi yang sudah terkenal dan harganya yang masih wajar untuk kantong mahasiswa.

Jadi, sudah siap memanjakan lidah di Banjarnegara weekend ini? Tag teman yang akan kamu ajak ke sana, ya!