Berdasarkan hasil penjualan terbanyak, maskapai easyJet mengklaim bahwa kursi nomor 7F adalah yang paling oke. Sementara hasil survey dari SkyScanner menyatakan kursi nomor 6A yang paling baik karena angka itu dianggap “angka keberuntungan”.

Sebenarnya, semua kursi di pesawat sama baik tergantung dari kebutuhan masing-masing penumpang. Ada penumpang yang membutuhkan keselamatan, kenyamanan, bagasi extra, dan ada penumpang yang butuh ruang extra untuk bayi.

Jika Kamu Mengutamakan Keselamatan…

Tenang dan Aman di belakang via i.huffpost.com

Pilih tempat duduk sebelah lorong di barisan belakang, yakni area diantara sayap dan ekor pesawat. Hasil studi dari Popular Mechanics menemukan, penumpang yang duduk di barisan belakang mempunyai peluang selamat 40% lebih besar daripada penumpang yang duduk di barisan depan. Dengan kata lain, jika kamu duduk di barisan setelah sayap peluang hidup kamu lebih besar jika ada, amit-amit jabang bayi, kecelakaan. Duduk di sebelah lorong juga akan memudahkan kamu dievakuasi dalam keadaan darurat.

Kalau Kamu Pengen Tidur…

Sleepy Head via l3.yimg.com

Advertisement

Ambil kursi dekat jendela di sisi kiri pesawat, sekitar barisan tengah. Menurut orang-orang yang sering naik pesawat, jendela di sisi kiri pesawat tidak selalu sejajar dengan tempat duduk. Dengan begitu kamu bisa merebahkan kepala lebih nyaman. Duduk di barisan tengah menjauhkan kamu dari kegaduhan toilet dan dapur.

Bagi Kamu Yang Bawaannya Banyak…

Siapa cepat dia dapat via img.welt.de

Kalau kamu lagi rempong karena bawa barang yang banyak dan/atau besar, mengalah aja, pilih kursi yang di belakang. Sebab sebagian besar maskapai menjalankan prosedur penaikan penumpang dari kursi belakang ke depan. Jadi kalau kamu duluan masuk pesawat, kamu lebih leluasa menyimpan tas bawaan. Tapi, kalau tas kamu memang besar banget, sebaiknya kamu daftarkan sebagai bagasi pada saat check-in.

Kalau Kamu Pengen Cepat Turun Dari Pesawat…

Kenapa Buru-buru? via www.theluxurychoice.gr

Mungkin kamu sedang buru-buru atau penerbangan tadi menyiksamu, ada baiknya kamu memilih kursi paling depan di sisi kiri pesawat. Saat menurunkan penumpang, mereka yang duduk di depan akan dipersilakan keluar lebih dahulu. Karena kebanyakan pintu utama pesawat ada di sisi kiri maka penumpang yang duduk di situ kemungkinan lebih cepat keluar dari pesawat.

Untuk mendapatkan kursi yang paling depan, kamu bisa menanyakan kesediaannya pada saat check-in. Pihak maskapai dengan senang hati akan membantu kamu. Di beberapa maskapai kamu bisa ‘memesan’ kursi pilihan saat melakukan pembelian tiket.

Jika Kamu Butuh Kenyamanan…

Duduk Nyaman Dekat Pintu Keluar. via upgrd.com

Nyaman di sini dalam arti ruang yang lebih lega untuk kamu menjulurkan kaki. Karena peminat kelas ekonomi yang membludak maskapai mengakali susunan kursi pesawat agar bisa ditempati sebanyak mungkin penumpang. Akibatnya, jarak antar kursi jadi makin rapat dan kamu nggak bisa leluasa memanjangkan kaki.

Dengan memilih kursi yang berada sejajar dengan pintu keluar kamu akan memperoleh ruang yang lebih luas dibanding kursi lainnya. Mau space yang lebih lega lagi? Setelah memilih kursi tersebut pastikan kamu duduk di dekat lorong jadi kamu bisa curi-curi kesempatan buat menjulurkan kaki ke lorong.

Sekali lagi, kamu mesti menanyakan ketersedian kursi ini saat check-in atau pesan via on-line jauh-jauh hari. Dan yang paling penting, pastikan kamu memenuhi syarat untuk duduk di sini.

Bagi Kamu Yang Bawa Anak Kecil…

Bulkhead untuk kenyamanan keluarga via 1.bp.blogspot.com

Panduan ini berguna bila kamu harus berpergian ke luar negeri dan kamu membawa anak kecil, atau bahkan bayi. Dianjurkan kamu memilih kursi bulkhead. Bulkhead adalah dinding partisi pemisah antar kelas di dalam pesawat. Jadi, bulkhead sering tersedia di pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767 atau 777. Kursi bulkhead memiliki ruang yang sangat luas hingga beberapa maskapai memperbolehkan anak kecil bermain & duduk di lantainya selama dalam pengawasan orang tua (kecuali saat take-off dan landing).

Bulkhead Kebanyakan Terdapat di Penerbangan Ke Luar Negeri via www.familiesago.com

Karena letaknya di depan jadi kamu lebih mudah mengakses toilet. Dan beberapa bulkhead terdapat keranjang untuk bayi, percayalah ini sangat membantu saat kamu harus terbang berjam-jam dengan bayi.