Acungkan tanganmu yang berharap bisa ke luar angkasa setelah menonton film Gravity atau Interstellar? Seketika impian menjadi astronot saat masih kanak-kanak muncul kembali. Meski pada akhirnya kamu sadar kalau impian itu ya hanya sebatas angan. Bukannya mustahil, namun untuk mimpi yang satu ini dirasa terlalu rumit perjalanannya.

Nah, ada kabar bagus nih, buat kamu yang ngidam melakukan perjalanan ke luar angkasa. Bukan sebagai astronot memang, melainkan sebagai turis. Iya, turis luar angkasa. Lho emangnya bisa? Zaman serba canggih seperti sekarang, apa sih yang nggak bisa? Hehehehe. Kira-kira berapa yang harga tour ke luar angkasa ini? Pasti mahal ya? Hmm… baca sampai akhir, biar tahu biaya paket tour-nya. 🙂

Tahun 2018 nanti rencananya perusahaan Blue Origin akan mulai menjual tiket perjalanan ke luar angkasa

New Shepard berhasil diujikan dua kali. via www.blueorigin.com

Blue Origin adalah perusahaan milik Jeff Bezos yang bergerak di bidang wisata luar angkasa. Blue Origin sendiri sejauh ini udah berhasil melakukan 2 kali uji coba roket tanpa awak yang bernama New Shepard. Roket tersebut berhasil melalui perjalanan suborbital singkat, di mana uji coba yang kedua baru aja dilakukan pada Januari lalu. Nah, dengan berhasilnya dua uji coba ini, pada tahun depan Blue Origin rencananya bakal mengadakan uji coba yang ketiga tetapi dengan penumpang manusia.

Direncanakan pula pada tahun 2018 nanti, jika uji coba berjalan mulus, Blue Origin bakal membuka penjualan tiket perjalanan luar angkasa untuk umum. Walaupun belum dibuka penjualan tiketnya, tapi yang udah ada ribuan orang mengaku pengen menjajal tur luar angkasa ini.

Advertisement

P.S: Perjalanan suborbital adalah jika sebuah pesawat/roket diluncurkan dari bumi yang mencapai 100 km (62 mil) di atas permukaan laut lalu kembali mendarat ke bumi.

Sebelumnya nih Guys, udah ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan luar angkasa ini, apa aja tuh?

Virgin Galactic termasuk perusahaan yang pionir di bidang tour luar angkasa. via www.telegraph.co.uk

Blue Origin bukanlah satiu-satunya perusahaan yang niat banget menyiapkan tur luar angkasa. Masih ada beberapa perusahaan lainnya. Sebut aja perusahaan SpaceX dengan pesawat Dragon dan Falcon 9-nya, Orbital Sciences yang punya pesawat Cygnus dan Taurus 2, Virgin Galactic dengan pesawat SpaceShip Two-nya, dan beberapa lainnya. Sementara perusahaan Virgin Galactic, miliknya Richard Branson terbilang salah satu pionir di kancah bisnis tour luar angkasa ini.

Kalau kamu mungkin masih harus menunggu sampai beberapa tahun ke depan, Dennis Tito sih udah ngerasain asyiknya jadi pelancong luar angkasa di tahun 2001

Dennis Tito, turis luar angkasa pertama. via archives.deccanchronicle.com

Dennis Tito, seorang multimiliuner sekaligus insyinyur Amerika yang menjadi turis luar angkasa pertama di dunia. Untuk perjalanan selama seminggu lebih di luar angkasa, Tito harus merogoh kocek sebesar $20 juta. Beuh, mahal banget ya. Btw, sebelum melakukan perjalanan luar angkasanya tersebut, Tito harus menjalani serangkaian tes yang diberikan oleh Pusat Pelatihan Kosmonot Rusia (Star City).

Sementara itu Anousheh Ansari menjadi turis luar angkasa wanita pertama di dunia

Anousheh Ansari, wanita pertama yang jadi turis luar angkasa. via www.space.com

Anousheh Ansari melakukan perjalanan luar angkasanya pada 18 September 2006 silam. Ia menjalajahi luar angkasa via misi Soyuz TMA-9 bersama dengan dua astronot. Ansari sendiri adalah seorang insinyur Iran-Amerika yang adalah seorang muslim. Jadi, Ansari adalah wanita muslim pertama yang berhasil menjelajahi luar angkasa.

Jadi, untuk menikmati wisata luar angkasa ini berapa ya biayanya? Ehem biayanya adalah

Untuk merasakan sensasi ini, dibutuhkan dana hingga milyaran. via www.thesundaytimes.co.uk

Untuk menikmati sensasi melayang selama 5-6 menit (dari durasi penerbangan 15 menit) di Stasiun Luar Angkasa Internasional, kamu harus merogoh kocek setidaknya $200-250 ribu, via KosmoKurs. Sementara kalau kamu mendaftar di perusahaan Virgin Galactic, kamu harus merogoh kocek sekitar $200 ribu atau sekitar Rp 2 miliar! Ehem, 2 Milyar..

Perjalanan luar angkasa nggak selamanya berjalan mulus, pada tahun 2014 pesawat Spaceship Two jatuh saat tengah diujicobakan

Jatuhnya Virgin Galactic… via www.bbc.com

Pada 1 November 2014 silam, Spaceship Two milik Virgin Galactic, jatuh saat tengah diujicobakan. Pesawat luar angkasa yang membawa 2 awak ini jatuh di Mojave air and Space Port, California USA. Setidaknya salah seorang awaknya tewas dan satunya lagi terluka parah. Padahal udah ada sekitar 800 orang yang membayar uang muka dari keseluruhan biaya Rp 2 miliar rupiah ($200 ribu) untuk tour luar angkasa tersebut. Sayangnya uji coba tersebut gagal. Justin Bieber adalah salah satu seleb yang udah dijadwalkan akan terbang. Musibah nggak ada yang tahu ya, Guys..

Mahal banget sih, namun nggak menutup kemungkinan perjalanan luar angkasa ini bakal lebih ramah di kantong di masa depan. Seperti ramainya maskapai penerbangan murah yang saat ini memungkinkan siapa saja untuk terbang. Jadi boleh dong ya tetap punya impian ke sana. Semangat!