Bersama Facebook, Kemkominfo dan Siberkreasi Akan Gelar ‘Kelas Asah Digital’ Mulai 21 Juli 2021

Kelas Asah Digital Kemkominfo

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak hal terpaksa dilakukan secara daring. Mulai dari sosialisasi, belajar dan bekerja, hingga berbagai aktivitas lainnya yang sebelumnya umum dilakukan secara tatap muka. Kondisi yang terpaksa dihadapi banyak orang secara tiba-tiba ini, ditambah fakta kalau literasi digital masyarakat Indonesia relatif masih rendah, jelas melahirkan tantangan.

Untuk dapat menjawab tantangan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) telah menjalankan Program Nasional Literasi Digital. Program yang diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2021 lalu ini akan diisi oleh berbagai kegiatan literasi digital, seperti ‘Kelas Asah Digital’ yang dijalankan Kemkominfo bersama Siberkreasi dan Facebook mulai 21 Juli 2021 nanti secara virtual.

Salah satu upaya mempersiapkan masyarakat Indonesia menjadi warga digital yang cakap

(dok. Kemkominfo/Siberkreasi)

Kemkominfo dalam keterangan tertulis menjelaskan Kelas Asah Digital merupakan salah satu upaya untuk membentuk masyarakat yang melek digital, agar Indonesia memiliki warga digital yang cakap, penuh etika dan mengerti seluk-beluk hak dan kewajiban selama berada di dunia maya, termasuk bagaimana mencerna dan membagikan informasi, melindungi data pribadi hingga berinteraksi dengan orang lain.

Adapun Kelas Asah Digital merupakan turunan dari empat pilar literasi digital yang mencakup kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital. Apa yang akan dibahas di dalam kelas ini juga mencakup empat pilar tersebut. Sementara peruntukan Kelas Asah Digital adalah semua masyarakat, baik itu orang tua, guru, maupun kalangan umum.

Kelas Asah Digital akan dilangsungkan setiap Rabu mulai 21 Juli hingga 1 September 2021

(dok. Kemkominfo/Siberkreasi)

Sesi pertama Kelas Asah Digital akan dilangsungkan pada hari Rabu tanggal 21 Juli 2021 secara virtual melalui platform Zoom dan akan disiarkan pula melalui Facebook Siberkreasi. Tema yang diangkat pada sesi ini adalah “Dunia Maya dan Jejak Digital” Kelas akan dibawakan oleh Ketua Umum Siberkreasi Mira Sahid yang juga merupakan praktisi literasi digital.

Selain Mira Sahid, beberapa nama lain yang nantinya akan mengampu Kelas Asah Digital adalah Soni Mongan, Heni Mulyati, Indriyatno Banyumurti dan Amy Kamila.

Kelas Asah Digital memiliki tujuh sesi dan akan berlangsung setiap hari Rabu hingga bulan September 2021. Diawali dengan kelas “Dunia Maya dan Jejak Digital” pada tanggal 21 Juli, dilanjutkan dengan kelas “Menjaga Data Privasi” tanggal 28 Juli, “Etika Warga Digital” tanggal 4 Agustus, “Komunikasi di Dunia Digital” tanggal 11 Agustus, “Netizen Berpikir Kritis” tanggal 18 Agustus, “Tips Mengenali Berita Palsu” tanggal 25 Agustus, dan “Melakukan Verifikasi” tanggal 1 September 2021.

(dok. Kemkominfo/Siberkreasi)

Kemkominfo dan Siberkreasi bersama Facebook mengharapkan Kelas Asah Digital dapat membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat, khususnya para orang tua dan guru terkait teknologi digital baru. Karena dengan itu dapat membantu mempercepat, mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengikuti Kelas Asah Digital ini mulai Rabu nanti, silakan mendaftarkan diri dan memilih kelas yang diinginkan melalui https://s.id/asahdigitalsiberkreasi. Peserta yang mengikuti seluruh rangkaian sesi kelas ini juga akan mendapatkan E-Certificate loh.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, kamu bisa mengunjungi akun @siberkreasi di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi