BRImo Jakarta Coffee Experience 2022 Berikan Pengalaman Seru Serba Kopi

Suntikkan semangat pada industri kopi tanah air & edukasi tentang kopi

Jakarta – Bank BRI berkolaborasi bersama Komunitas Pasar Kopi Cipete menggelar event BRImo Jakarta Coffee Experience (JCE) 2022, bertempat di Grange Park Cipete, Jakarta Selatan (22/03). Kegiatan ini digelar untuk menyuntikkan semangat pada industri kopi tanah air dan menyebarkan edukasi tentang kopi sekaligus mendukung gerakan Cipete Creative District. Berlangsung selama tiga hari, yakni 25-27 Maret, acaranya dikemas menarik melalui berbagai agenda yang interaktif seputar kopi yang diikuti oleh 46 tenant kopi dari seluruh Jakarta. 

“Kopi, saat ini lebih dari sekadar minuman, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Kopi sudah berkembang menjadi media bersosialisasi, bahkan menjadi katalis ide-ide dalam industri kreatif,” papar Ketua Panitia BRImo Jakarta Coffee Experience 2022, Mugni Fiat. 

Fenomena seru pertalian kopi dengan industri kreatif tersebut diterjemahkan BRImo Jakarta Coffee Experience 2022 melalui beragam sajian menarik berbasis kopi, yang diharapkan dapat merangkul tidak hanya para Coffeepreneur dan Coffee Enthusiast, melainkan juga masyarakat luas. 

“Tujuannya, membentuk kecintaan akan kopi, memberikan edukasi tentang kopi, sekaligus membangun semangat komunitas kopi dan para pelaku bisnis kopi di Jakarta dan sekitarnya, melalui coffee, education, art, and music yang menjadi nyawa dari BRImo Jakarta Coffee Experience 2022,” lanjut Mugni.

Event ini, dikatakan Mugni, juga bertujuan mengajak masyarakat mendukung industri kopi Indonesia, termasuk para petani kopinya. “Dukungan dalam bentuk apapun, kami percaya dapat menyuntikkan semangat baru yang sangat berharga,” tegasnya. 

Sedangkan Co-founder Teamup, Ahmad Romero Comacho (Popo) mengatakan, “Inisiatif digelarnya event BRImo Jakarta Coffee Experience ini kami cetuskan karena melihat perkembangan industri kreatif terutama kopi di Jakarta sangat baik. Kita berharap, selanjutnya BRImo Jakarta Coffee Experience akan menjadi event yang berkelanjutan dan menjadi salah satu barometer di industri kopi nasional.”

Kesempatan yang sama, Muhammad Yusuf, Department Head of Acquiring Business, dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) selaku sponsor utama BRImo Jakarta Coffee Experience 2022 menambahkan bahwa event kreatif seperti ini diharapkan pada akhirnya dapat mendorong semakin bertumbuhnya industri kopi di tanah air dan meningkatkan cashless payment

“BRI sangat mendukung event kreatif seperti BRImo Jakarta Coffee Experience. Semoga dengan kegiatan semacam ini, semangat dan kecintaan akan kopi akan semakin berkembang, serta dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan cashless payment, salah satunya melalui penggunaan super apps BRImo dan QRIS BRI untuk solusi transaksi kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

Merek-merek kopi favorit berkolaborasi bersama menggelar acara ini, seperti Tuku, Dua Coffee, Twin House, Klasik Beans, Ruuma Kopi, serta masih banyak lagi. 

Beberapa kegiatan yang akan digelar diantaranya :

  • Coffee Experience Corner, di mana pengunjung dapat menikmati story telling dari mana asal jenis kopi, cara penyajian, hingga rasa kopi yang ada. Selain mencoba memproduksi kopi spesial, bahkan pengunjung berkonsultasi bersama experts untuk mengetahui masa depan karir di industri kopi
  • Pairing Food with Coffee, setiap tenant coffee diajak untuk membuat sebuah menu yang dapat dicocokkan dengan kopi. Menu ini akan dijual ke pengunjung sambil diceritakan oleh tenant, dan mereka dapat melakukan voting untuk menentukan pemenangnya

Selain itu, ada kompetisi Jakarta Coffee League, Ruang Bincang Kopi, Coffee Market, Music Performance dan Karaoke Night Closing yang seru. Beberapa agenda dalam BRImo Jakarta Coffee Experience 2022 digelar secara hybrid sehingga lebih banyak partisipan dapat mengikutinya, baik secara daring maupun luring.

Dari Pasar Kopi Cipete Menuju Jakarta BRImo Coffee Experience (JCE) 2022

Semua bermula dari pertemanan antar pemilik usaha kopi di Cipete. Distrik ini memang dikenal banyak menghasilkan hal-hal kreatif dan salah satu yang menghidupkannya adalah industri kreatif kopi. Tak heran, Cipete bahkan diklaim sebagai surga bagi pecinta kopi,

“Dari pertemanan antar pemilik usaha kopi yang saling bertetangga, lahir Pasar Kopi Cipete yang merupakan inisiasi internal dari kafe yang ada di sekitar Cipete. Acara ini banyak mengundang audience di sekitar dan acara dibuat berfokus pada kelekatan industri kopi di Cipete. Pada perkembangannya, untuk merangkul komunitas yang lebih luas, yaitu Jakarta dan sekitarnya, maka komunitas ini menggelar BRImo Jakarta Coffee Experience 2022 ujar Andanu Prasetyo selaku Founder dari kopi Tuku. 

Pertumbuhan Kopi di Indonesia

Tren kopi sebagai minuman yang disukai di Indonesia terus menanjak. Data dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian tahun 2018 menunjukkan bahwa konsumsi kopi Indonesia sepanjang periode 2016-2021 diprediksi tumbuh rata-rata 8,22%/tahun sehingga pada 2021 diperkirakan Indonesia mengkonsumsi sekitar 370 ribu ton kopi. 

Konsumsi Kopi di Indonesia per orang dapat mencapai 1.5 kilogram. Dilihat secara jumlah, indikator ini sudah baik, akan tetapi bila dibandingkan dengan beberapa negara, Indonesia memiliki nilai konsumsi yang jauh lebih kecil. Malaysia misalnya, mengkonsumsi 4 kilogram kopi per orang. 

Indonesia juga merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, mencapai 660 ribu ton pada tahun 2019-2020. Hampir seluruh produksi kopi di Indonesia dipasok dari pengusaha kopi perkebunan rakyat.

Tim Dalam Artikel Ini