Kreator Terbaik Bulan Oktober 2022: Menulis dengan Lebih Jujur

Banyak hal terjadi di bulan Oktober lalu, yang menjadi sumber inspirasi tulisan-tulisan yang masuk ke Hipwee Creator Community. Beberapa di antaranya adalah tulisan-tulisan manis yang terinpirasi dari hujan hingga persoalan cinta remeh-temeh di masa muda. Dari banyaknya tulisan yang masuk, ada tiga tulisan dari kreator yang sukses menjadi creator of the month atau kreator terbaik bulan Oktober.

Amin Pranoto, Agung Hidayat Apriansyah, dan Risna Afriani adalah tiga penulis tersebut. Hasil dari menulis dengan jujur melalui keresahan sehari-hari, mereka berhasil menyajikan tulisan yang menyenangkan untuk dibaca. Kita kenalan lebih dalam yuk dengan mereka!

1. Amin Pranoto yang terbiasa menulis tentang finansial, lebih jujur melalui tulisan-tulisannya di Hipwee

Amin/ Illustration by Hipwee

Profesi saya penulis seputar finansial, investasi dan bisnis sehingga sehari-hari berkutat pada data, fakta serta angka-angka sebagai bagian edukasi bagi para generasi milenial. Terkadang butuh vibe yang berbeda. Apa ya? Cari yang enak, tapi tetap sesuai passion, yaitu menulis. Nah… ketemu deh menulis di Hipwee jadi semacam healing therapy bagi saya, merangkai bahasa yang lebih ringan, spontan dan seputar kehidupan sehari-hari, tapi tetap bermakna mendalam.

Tulisan-tulisan Amin di Hipwee semua dibuat secara spontan tanpa perencanaan mendalam karena ia lebih banyak menuliskan segala hal sederhana dan simpel yang ditemui sehari-hari di sekitar, di keluarga, dan di kehidupan sosial yang mungkin selama ini sering terabaikan maknanya.

Ia juga memiliki banyak kesedihan, kegundahgulanaan, dan kegelisahan yang harus diungkapkan karena menurutnya memendam itu semua adalah malapetaka. Menulis adalah cara yang elegan dan cantik untuk mengungkapkan semua hal tersebut. “Try it and feel the vibe!” ucapnya.

Selain itu, Amin juga berpesan untukmu yang juga ingin menulis di Hipwee Creator  Community,

Menulis saja hal yang sederhana dan sesuatu yang kau temui setiap hari, kemudian lakukan riset dengan panca indra berserta hati lalu tuangkan dalam kata-kata agar lebih memiliki makna dan enak dibaca. Jangan ada keraguan karena keraguan adalah momok berbahaya bagi seorang penulis do it, now!

Baca tulisan-tulisan Amin di sini!

2. Menulis bagi Risna Afriani adalah persembunyian paling aman saat ia tak ingin dilihat dunia

Risna Afrianti/ Illustration by Hipwee

Dulu saya pikir ini hanya sebatas hobi, tapi ternyata kecintaan saya akan menulis lebih besar dari sekedar hobi. Dunia tulis-menulis ini sudah seperti tempat persembunyian teraman bagi saya, tempat di mana saya menemukan kembali kewarasan saat segala hal yang menyakitkan datang.

Risna terbiasa menulis novel-novel picisan sejak masih muda. Namun, ia masih terlalu malu dan menganggap bahwa menulis hanyalah hobi saja. Ternyata ia bisa menemukan kewarasan ketika hal-hal menyakitkan datang. Ia akan menyusun puisi atau kalimat-kalimat tak bertuan saat sedang hancur dan berurai air mata. Setelah menulis, Risma kembali merasa hidup, lega, dan kembali nyaman.

Selain menulis untuk menjalani hidup dengan lebih nyaman, Risna juga memiliki kutipan favorit untuk memulai hari-harinya,

Just live well

Ia menemukan kalimat itu setelah menonton drama romansa favoritnya yaitu Me Before You. Hingga kini kalimat itu lebih dari sekedar kalimat kutipan, tapi bermetamorfosis menjadi kalimat penenang untuk diri sendiri. Hiduplah dengan baik sering ia bisikkan sebelum memulai hari, tentunya untuk mendapatkan hidup yang baik dimulai dari hal-hal kecil yang dikerjaan dengan baik, seperti tidur dengan baik, makan dengan baik, berprasangka yang baik, berpikir baik dan sebagainya.

Jika kamu ingin menulis seperti Risma, kamu bisa memulai menulis di Hipwee Creator Community yang ia anggap sebagai sebuah platform untuk mengembangkan potensi diri.

Tulisan-tulisan Risna bisa kamu baca di sini.

3. Agung Hidayat menulis untuk menumbuhkan dan membagikan pikiran

Agung/ Illustration by Hipwee

Perasaan penat dan stress seakan hilang jika aku menulis, karena bisa mengungkapkan apa saja. Menulis adalah salah satu cara untuk mengungkapkan sesuatu yang menumpuk dipikiran. Menulis juga cara aku untuk menumbuhkan dan membagikan pikiran-pikiran saat kehidupan tak lagi mendengarkan.

Manurutnya, apa yang kita rasakan dan dan pikirkan perlu dituangkan ke pikiran saat tidak ada yang mau mendengarkan kita sehingga semua beban tak hanya terpendam di kepala. Melalui tulisan, kita bisa berkarya dan menciptakan dunia sendiri di dalamnya.

Kata yang sudah kita rangkai adalah dunia. Dunia yang sudah kita ciptakan, kita buat, dan kita tumbuhkan oleh diri kita sendiri.

Agung memiliki pesan untukmu yang ingin melebarkan sayap di dunia tulis menulis, nih.

Teman-teman Hipwee creator community. Mari kita tetap melebarkan sayap kita dengan tulisan dan segala pikiran kita. Buat mereka tahu siapa kita sebenarnya. Gassss!

Kamu bisa kepo tulisan Agung lebih banyak di sini.

Nah, itu dia tiga kreator terbaik bulan Oktober, Sohip.

Yuk mulai menulis!

Ingin seperti mereka? Ayo tulis dan buat artikelmu dengan klik “Tulis Artikel” di pojok kanan atas halaman Hipwee, jangan lupa untuk menyebarkannya di media sosial kalian ya! Supaya kamu dapat menginspirasi anak muda Indonesia lebih dan lebih lagi. Karena setiap bulannya Hipwee akan memilih kontributor-kontributor terbaik untuk Hipwee ulas dan akan kita kirimkan kejutan ke rumahmu.

Karena semua bisa jadi penulis dan ceritamu selalu layak dibagi.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis