MOS & Adobe National Championship 2022 Sukses Digelar MyEduSolve dan Tekno Sains Academy

Mengangkat tema FEARLESS: Take a Chance & Be the Change

Kejuaraan nasional Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional tahun ini diikuti oleh 851 peserta yang berasal dari 168 sekolah dan universitas. Para pemenang telah dipilih dan empat diantaranya akan menjadi perwakilan Indonesia dalam Microsoft & Adobe World Championship di California, Amerika Serikat pada 24-27 Juli 2022.

Advertisement

Microsoft Office Specialist & Adobe Certified Professional National Championship 2022 mengangkat tema FEARLESS: Take a Chance & Be the Change. Melalui tema ini, MyEduSolve dan ITS Tekno Sains ingin mendukung para generasi muda Indonesia untuk lebih berani mengambil kesempatan dan melakukan perubahan, sekecil apa pun.

Kejuaraan nasional ini terbagi dalam 2 kompetisi, yakni Microsoft Office Specialist (MOS) dan Adobe Certified Professional. Dalam kejuaraan MOS terdapat 3 kategori yang dapat dipilih peserta, yaitu Microsoft Excel 2019, Microsoft PowerPoint 2019, dan Microsoft Word 2019. Sedangkan dalam kejuaraan Adobe Certified Professional, peserta akan diuji kemampuannya dalam memahami design brief dan menuangkannya ke dalam karya visual melalui software Adobe, seperti Photoshop, Illustrator, dan InDesign.

Pada periode 3 Januari-19 Maret 2022, sebanyak 601 peserta Microsoft Office Specialist telah mengikuti kompetisi dengan cara mengerjakan ujian sertifikasi sesuai dengan kategori yang dipilih. Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori Word, Excel, dan PowerPoint diumumkan pada tanggal 1 April 2022.

Berbeda skema kompetisi, para peserta Adobe Certified Professional memulai kompetisinya di babak penyisihan pada tanggal 19 Maret 2022, di mana mereka memiliki waktu selama 6 jam untuk menyelesaikan design brief. Tahun ini, client non-profit yang memberikan design brief kepada para peserta adalah Hoshizora Foundation, sebuah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan.

Setelah itu, sebanyak 30 Grand Finalist mempresentasikan hasil karyanya di hadapan para dewan juri. Pada kejuaraan tahun ini, ketiga dewan juri yang telah memberikan penilaian kepada peserta di antaranya adalah Lia Sidik (Branding and Design Consultant, Founder lia s. Associates Branding & Design), Adi Nugroho Setya Atmojo (Adobe Educator, Design Consultant, dan Founder Desainerhaus) dan Bernard Budiman (Head of Communication Division di Hoshizora Foundation). Juara 1, 2, dan 3 telah diumumkan pada tanggal 27 Maret 2022 sekaligus menutup rangkaian acara puncak.

Acara puncak kejuaraan nasional tahun ini digelar dalam rangkaian acara virtual selama tiga hari, mulai dari 25-27 Maret 2022. Kejuaraan nasional tahun ini secara resmi didukung oleh Saud P. Krisnawan selaku Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Certiport dan Microsoft Indonesia selaku sponsor utama. Acara pembukaan dihadiri oleh Stephanie Seputra selaku CEO MyEduSolve, Setiyo Agustiono selaku Manager Tekno Sains Academy, Obert Hoseanto selaku Learning and Skills Specialist Microsoft Indonesia, Yudi Anwar selaku Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation. Empat perwakilan Indonesia yang akan melanjutkan kompetisi di kejuaran tingkat dunia diantaranya adalah:
1. Ardy Herdiansyah – Institut Pendidikan Indonesia (Juara 1 Microsoft Word 2019)
2. Ni Wayan Asa Senjayani – UPN Veteran Yogyakarta (Juara 1 Microsoft PowerPoint
2019)
3. Heero Ramadhana Sipayung – SMA Pradita Dirgantara (Juara 1 Microsoft Excel
2019)
4. Xixilia Sunaryo – Universitas Sumatera Utara (Juara 1 Adobe Certified Professional)

Keempat perwakilan Indonesia akan difasilitasi pendampingan dan mentorship oleh MyEduSolve selama bulan April-Juli agar dapat memiliki persiapan yang maksimal saat bertanding di Microsoft & Adobe World Championship mendatang.

Kejuaraan nasional ini akan diadakan setiap tahun oleh MyEduSolve. Untuk mengikuti perkembangan dan informasi terbaru terkait MOS & Adobe National Championship 2023, kamu bisa follow akun media sosial Instagram dan Twitter MyEduSolve di @myedusolve, LinkedIn MyEduSolve atau website resmi di myedusolve.com.

Tim Dalam Artikel Ini