Memasuki waktu liburan semester kuliah, kamu dan teman-teman pasti merencanakan liburan untuk menghabiskan waktu ‘kan? Menikmati semilir angin di pantai, mendaki gunung terjal, ataupun hanya menikmati sunset merupakan rencana yang pasti kamu harapkan dalam liburan kamu.

Bicara mengenai destinasi untuk liburan, pasti Karimunjawa masuk dalam daftar tujuan kamu. Yup, memang benar bahwa kepulauan yang letaknya masih masuk kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini memiliki keindahan yang tak kalah ciamik dengan pulau-pulau di wilayah Bali, ataupun Nusa Tenggara. Lagipula, untuk pergi ke Karimunjawa nggak sulit dan cukup murah lho. Nah, kali ini Hipwee bakal ngasih panduan liburan buat kamu yang masih bertanya-tanya apa saja yang dapat dijelajahi dari Karimunjawa.

Untuk transportasi, kamu bisa menggunakan Kapal Siginjai atau Express Bahari sebagai pilihan menyeberang ke Karimunjawa

KMP Siginjai via www.hipwee.com

Advertisement

Dari Jepara, kamu harus mencapai pantai Kartini untuk naik kapal yang akan membawamu ke Karimunjawa. Terdapat beberapa pilihan kapal, yaitu Express Bahari atau kapal cepat dan Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai. Perbedaan dari Speedboat –kapal cepat- dan Kapal Siginjai adalah harga dan waktu tempuh. Untuk speedboat kamu perlu merogoh kocek lebih dalam yaitu sekitar 300-400 ribu per satu kali perjalanan dengan waktu tempuh 2,5 jam dibandingkan dengan KMP Siginjai yang tidak sampai 100 ribu tetapi harus menempuh perjalanan 5 hingga 6 jam perjalanan laut.

Nggak perlu berjalan sepanjang pulau, kamu bisa menginap dan menyewa motor dekat dengan lokasi pelabuhan

penginapan di karimunjawa via karimunjawa.co.id

Sesampainya di pelabuhan Karimunjawa, kamu dapat berjalan kaki untuk menyewa sepeda motor. Nggak jauh kok dari pelabuhan Karimunjawa. Harga sewa untuk satu sepeda motor adalah 75-100 ribu per 12 jam, belum termasuk bensin ya. Syarat untuk menyewa motor kamu harus meninggalkan 1 KTP atau identitas diri. Untuk sepeda motor kamu harus pintar memilih, karena tidak semua sepeda motor memiliki kualitas yang bagus. Maklum dipakai untuk berkendara di jalan yang nggak mulus dan berbatu.

Sedangkan untuk penginapan, kamu dapat menemukannya dengan harga yang beragam. Mulai dari 100 ribu hingga satu juta pun ada, tergantung bujetmu aja. Atau jika kamu ingin menekan bujet penginapan, kamu juga bisa lho camping di pantai. Tapi pastikan dulu, kalau kamu mau camping bukan awal tahun karena angin pantai selatan sedang ganas-ganasnya. Kalau kamu tetap memaksakan camping, siap-siap deh tenda kamu terbang terbawa angin. Wusssh~

Menikmati sunset di Pantai Ujung Gelam pasti romantis banget sih kalau kamu habiskan bersama pasangan kamu

sunset romantis via www.instagram.com

Advertisement

Sebelum menyebrang ke pulau-pulau lain di Karimunjawa, kamu harus mengunjungi Pantai Ujung Gelam yang letaknya berada di ujung pulau Karimunjawa. Untuk masuk ke wilayah pantai ini, kamu tidak perlu membayar retribusi dan hanya perlu membayar parkir. Disini mata kamu akan dimanjakan dengan pasir putih, air laut dengan gradasi warna yang indah. Gradasi warna dari air laut disini merupakan perbedaan tingkat kedalaman laut, semakin gelap warna airnya maka semakin dalam, jadi hati-hati ya ketika bermain di pantai.

Selain bermain bersama hiu di Pulau Menjangan Besar, kamu juga bisa melihat penangkaran penyu. Nggak perlu takut hiunya jinak kok

bermain bersama hiu via siapliburan.com

Jarak dari pelabuhan Karimunjawa ke Pulau Menjangan Besar sekitar 1 km dan membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Untuk menikmati sensasi berenang di pantai yang berbeda dari biasanya, disini kamu bisa berenang bersama hiu. Iya, hiu. Eits jangan takut dulu, disini hiunya masih kecil dan jinak kok. Kalau sedang beruntung, kamu juga bisa melihat hiu-hiu kecil itu sedang memakan ikan-ikan kecil. Harga tiket masuknya 40ribu perorang. Selain bermain bersama hiu, kamu juga bisa berkunjung ke penangkaran penyu yang ada di pulau ini.

Menikmati indahnya terumbu karang di pantai Menjangan Kecil, ada banyak ikan yang bisa kamu temui di sini

berbagai jenis ikan bisa kamu lihat via www.ardiankarimunjawa.com

Setiap sudut Karimunjawa memiliki pantai yang indah, yang membedakan hanya dangkal atau tidaknya pantai tersebut untuk digunakan snorkeling. Untuk masuk ke sini kamu perlu membayar retribusi 10-20ribu perorang. Satu hal yang sangat penting ketika kamu ingin snorkeling adalah snorkel atau alat selam. Nggak perlu khawatir, karena di pantai ini menyediakan sewa alat selam. Siap-siap dikejutkan dengan surga bawah laut di Laut Jawa, yang bikin kamu nggak mau keluar dari air deh! Tapi hati-hati ya jangan terlalu terpana dengan keindahannya karena ketika mengangkat kepala, bisa-bisa kamu udah berada di tengah laut.

Nikmati pemandangan unik di Pulau Cemara Besar, kamu bakalan betah di sana lama-lama

pulau cemara besar via piknikasik.com

Di Pulau ini, kamu dapat melihat hal yang cukup aneh tetapi unik ketika ada hutan pinus dan pohon cemara di pantai. Sebuah hal yang jarang sekali ditemukan kan? Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar pantai ditemani dengan guide dari warga sekitar selama satu jam penuh. Bersantai sambil menikmati angin pantai, desir ombak dan berbincang dengan warga lokal merupakan pilihan yang tepat.

Nah, itu tadi panduan perjalanan ke Karimunjawa buat kamu yang penasaran ada apa di Karimunjawa. Bagaimana? Tidak kalah indah ‘kan dengan Bali dan pulau-pulau eksotik Indonesia lainnya. Jadi kapan kamu ke sana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya