Sandy Walsh Intens Belajar Bahasa Indonesia Sebelum Resmi Gabung Timnas

Belajar Bahasa Indonesia agar tidak terkendala bahasa saat membela skuad Garuda Indonesia

Sandy Walsh merupakan salah satu pemain keturunan yang akan dinaturalisasi agar bisa bermain di timnas sepak bola Indonesia. Walaupun proses naturalisasinya belum selesai, ternyata pemain liga Belgia ini sudah rajin belajar Bahasa Indonesia dengan mengikuti kursus. Dia juga mulai membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Indonesia dalam kesehariannya. Ini dibuktikan dengan postingan-postingan media sosialnya.

Lewat wawancara media Belgia, GVA, Sandy mengakui bahwa dirinya sudah mengetahui dasar-dasar Bahasa Indonesia, namun ketika membagikan sesuatu di media sosial dia masih menggunakan Google Translate. Sandy belajar bahasa Indonesia karena tidak mau terkendala bahasa saat membela timnas Indonesia.

Profil Sandy Walsh

Sandy Walsh | @sandywalsh

Sandy Walsh merupakan seorang pemain sepak bola yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Brigitta Portier. Di mana kakeknya yang berasal dari Surabaya dan neneknya berasal dari Purworejo.

Pemain yang berposisi sebagai bek ini lahir di Brussels, 14 Maret 1995. Sejak berusia delapan tahun, dia belajar sepak bola di Akademi Anderlecht, hingga akhirnya dia berpindah ke Genk U-23. Setelah setahun berada di tim U-21, Sandy masuk ke tim senior Genk. Dia bermain reguler selama lima musim di sana. Kemudian pada tahun 2017, dia pindah tim ke tim Belgia lain, yakni Zulte Waregem.

Walaupun besar di Belgia, dia sempat dipanggil untuk membela timnas Belanda U-15 pada tahun 2009 silam. Sejak saat itu dia rutin membela timnas Belanda level usia, namun belum pernah menembus skuad senior.

Daftar calon pemain naturalisasi Indonesia yang diminta Shin Tae-yong

Sobat Hipwee yang merupakan pecinta olahraga sepak bola tanah air mungkin sudah tahu mengenai proyek Shin Tae-yong untuk menaturalisasi pemain berdarah Indonesia yang merumput di luar negeri. Tujuan dari pelatih Korea Selatan ini adalah untuk memperkuat kesebelasan timnas agar bisa bersaing dengan negara lain.

Sebenarnya ada tiga nama lain yang menjadi target naturalisasi timnas selain Sandy Walsh. Mereka adalah Kevin Diks, Jordi Amat, dan Mees Hilgers. Namun menurut anggota Exco PSSI Hasani Abdulgani, dua nama yakni Kevin Diks dan Mees Hilgers, tak dilanjutkan proses naturalisasinya. Praktis hanya tinggal Jordi Amat dan Sandi Walsh yang proses naturalisasinya berlanjut.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai Sandy Walsh dan perkembangan proses naturalisasi pemain sepak bola berdarah Indonesia. Semoga dengan naturalisasi ini, timnas Indonesia bisa lebih kuat dan bisa bersaing dengan lawan-lawannya. Sobat Hipwee punya harapan apasih buat timnas? Yuk, tulis di komentar!

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.