A-Z Cara Agar Usia 25 Tahun Udah Bisa Mulai Merdeka Finansial

Tahun 2021 ini, sayangnya harus kembali kita jalani dalam suasana pandemi yang masih mengancam. Lebih dari setahun berkutat dengan pandemi, kita mungkin sudah tidak lagi kesulitan beradaptasi dengan pertemuan virtual atau video conference. Namun setahun terakhir ini pula yang semakin menyadarkan, betapa rentannya kehidupan dan segala perencanaan masa depan kita di hadapan virus yang menyebar di udara. 

Dari rencana liburan yang otomatis gagal semua, sampai perencanaan studi atau karier yang tidak bisa berjalan sesuai target karena pandemi yang berkepanjangan. Belum lagi kalau kita berbicara soal perencanaan finansial, hampir semua orang kalang kabut mengatur keuangan karena semakin banyak pengeluaran yang tidak terduga. Banyak juga yang akhirnya harus mengandalkan tabungan darurat karena kehilangan mata pencaharian. 

Terlebih lagi bagi anak muda yang masih sekolah atau merintis karier, pandemi ini menuntut kita untuk lebih bijak lagi mengatur keuangan. Uang saku atau gaji sekadarnya yang biasanya hanya ‘lewat saja’ tiap bulannya, kini harus bisa memberi kita rasa aman di tengah situasi yang penuh ketidakpastian. 

Di edisi e-book khusus kali ini, Hipwee ingin mengajak Sobat Hipwee bangkit dan berdaya kembali menata hidup kalian masing-masing. Termasuk soal cuan~ Ada berbagai tips finansial dan motivasi untuk lebih dekat lagi meraih kemandirian finansial di usia muda. 

Hardiana Noviantari 

Editor in chief Hipwee