• 19 September 2018, 9:00 am
  • Universitas Paramadina Jakarta

Memiliki hobi dandan terkadang harus menghadapi komentar orang yang nyelekit. Seperti “Menor banget sih? Mau ngelenong?” atau “Palsu banget sih mukanya dilukis habis-habisan gitu. Apa nggak gerah ya?”. Bahkan tak jarang dibilang genit dan kecentilan. Padahal jago memakai makeup adalah skill yang berguna dan menjual.

Jadi, daripada memerdulikan nyinyiran orang yang bikin sakit hati, lebih baik fokus dengan bakatmu itu. Ada banyak profesi yang bisa kamu tekuni dengan penghasilan tinggi. Untuk kamu yang hobi dandan dan bereksperimen dengan makeup, beberapa profesi ini bisa kamu coba.

1. Beauty Blogger, profesi kekinian yang menjanjikan. Modal awalnya hanya internet dan rajin-rajin posting di Instagram dan blog

beauty blogger via lakshemirova.com

Advertisement

Seiring dengan perkembangan digital dan media sosial, beauty blogger kini menjadi profesi yang sangat bergengsi. Bila sudah tenar dan followersnya sampai ratusan ribu sekali endorse produk kecantikan bisa dapat uang jutaan lho. Modal awalnya apa? Cuma sering-sering bikin video dan postingan tentang hasil makeupmu. Pas dan sesuai dengan hobimu ‘kan?

2. Sering dimintain tolong dandanin teman? Kenapa nggak jadi Makeup Artist saja?

Makeup artist via unsplash.com

Orang yang suka dandan biasanya gemar bereksperimen dengan berbagai gaya makeup. Di sini kadang-kadang dia memanfaatkan teman yang mau didandani. Nah, makeup artist adalah profesi yang paling tepat untuk ditekuni. Jangan disepelekan, karena pekerjaan ini sangat menghasilkan. Sekali merias, ratusan ribu hingga jutaan bisa didapatkan. Apalagi kalau sedang musim wisuda atau pernikahan. Wah, dalam sehari banyak uang bisa dihasilkan.

3. Setiap produk kecantikan itu dibuat dengan proses yang panjang lho. Kamu yang berbakat jadi ilmuwan, berpotensi besar jadi Makeup Chemist

Ilmuwan kosmetik via unsplash.com

Untuk yang satu ini mungkin belum terlalu familier di telinga. Makeup cemist atau cosmetic chemist sederhananya adalah ilmuwan kosmetik. Tugasnya adalah membuat serangkaian riset dan menemukan produk kosmetik yang dibutuhkan oleh konsumen. Meski di sini butuh skill kimia dan riset, tapi ketertarikan atas produk-produk kecantikan sangat vital perannya. Kamu yang suka dandan dan mencoba-coba berbagai produk kecantikan, punya banyak kesempatan di bidang ini.

4. Mengaplikasikan makeup juga butuh ilmu tinggi. Karena itu profesi Makeup Consultant juga semakin diminati

Makeup Consultant via unsplash.com

Advertisement

Setiap orang memiliki kebutuhan makeup yang berbeda-beda. Contoh sederhananya, yang kulitnya berminyak membutuhkan makeup yang berbeda dengan orang yang kulitnya kering. Selain itu, kini makin banyak orang yang ingin tampil cantik dengan cara yang tepat, artinya dengan menggunakan produk-produk kosmetik yang tepat dan sehat. Di sinilah peran makeup consultant saat dibutuhkan. Dengan rajin-rajin membaca dan kaya pengalaman berdandan, kamu bisa menjadikan makeup consultant sebagai pekerjaan idaman.

5. Menggabungkan passion bisnis dan minat pada kecantikan, kenapa nggak? kamu bisa buka salon kecantikan

Buka salon via unsplash.com

Dia yang suka berdandan, biasanya juga menaruh perhatian besar pada rambut. Mulai dari gonta-ganti model rambut hingga mewarnainya. Kalau kamu termasuk salah satunya, dan punya keinginan untuk berbisnis sendiri, kenapa nggak mencoba buka salon kecantikan saja? Jangan meremehkan lho, karena kamu bisa saja menjadi the next Merrie Elizabeth, pengusaha salon Indonesia yang masuk Forbes 30 Under 30 Asia. Merrie Elizabeth adalah pendiri BloBar, sebuah salon kecantikan yang memfokuskan diri pada pewarnaan rambut untuk anak muda. Bagi Merrie, kunci untuk sukses berbisnis adalah kepekaan melihat trend dan peluang yang muncul dari sana. Selain itu komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik juga akan sangat membantu.

Ingin tahu lebih banyak soal bisnis salon kecantikan? Yuk, ngobrol-ngobrol bareng Merrie Elizabeth dalam acara Pixy Beauty & Inspiring Talk di Universitas Paramadina Jakarta tanggal 19 & 20 September nanti. Di sini kamu bisa kepoin lebih lanjut tips dan trik berbisnis di dunia kecantikan. Nggak cuma itu lho, kamu juga bisa belajar makeup dengan makeup artist dari Pixy. Gratis dan banyak promo dan doorprize yang bisa kamu dapatkan selama acara. Lumayan nih untuk tambah-tambah ilmu! Yuk, langsung daftarkan dirimu di artikel ini ya~

Nggak perlu terlalu dipikirkan kalau kamu disebut ganjen atau genit hanya karena suka dandan. Ingat saja bahwa dalam dirimu ada potensi besar yang bisa sangat menjanjikan. Nah, dari sekian banyak profesi, mana nih yang menarik minatmu? Biar makin mantap, jangan lupa ikutan Pixy Beauty & Inspiring Talk bersama Merrie Elizabeth ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya