• 13 September 2018, 9:15 am
  • Pendopo FISIP Universitas Sumatera Utara

Zaman sekarang, selebgram bisa jadi salah satu profesi yang menjanjikan. Bila sukses, sekali posting atau bikin instastory saja sudah bisa menghasilkan uang jutaan. Bila dulu kita cuma tahu dokter, pengacara, polisi, dan guru, sekarang selebgram bisa juga dijadikan sebagai cita-cita.

Tapi harus diketahui bahwa menjadi selebgram itu tidaklah gampang. Ketenaran itu tidak datang begitu saja dan followers yang sampai 1 M itu tidak muncul begitu saja sejak main instagram. Ada usaha mati-matian yang dilakukan, dan sebenarnya bisa diterapkan oleh semua orang. Penasaran? Yuk, simak artikel Hipwee sampai habis~

1. Karena IG itu base-nya adalah foto, minimal ilmu dasar fotografi harus kamu pahami di sini

Harus ngerti teknik fotografi via unsplash.com

Advertisement

Seperti yang kita ketahui, dasar dari IG adalah foto. Meskipun kamu ingin mengutamakan caption, tanpa foto yang mendukung, mungkin caption yang super penting itu tak akan terbaca. Karena itu, meski sedikit-sedikit, belajar teknik fotografi harus kamu tahu. Meski hanya selfie, setidaknya kamu harus tahu angle terbaikmu, cahaya yang paling pas, sampai background foto yang memikat. Sudah siap?

2. Postingan yang menarik adalah yang bisa bercerita. Mau tak mau, skill menulis kamu harus punya

kemampuan nulis penting juga via unsplash.com

Sebenarnya, foto dan caption memang tidak bisa dipisahkan. Caption tanpa foto yang menarik akan sulit terlihat, dan foto tanpa caption akan terasa kurang. Karena itu, selain mengerti teknik dasar fotografi, kamu pun harus punya skill menulis. Setidaknya kamu harus bisa mengeluarkan isi pikiranmu dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami. Supaya captionmu nggak melulu “delete soon” atau “no caption needed“. Senang juga kan kalau bisa bercerita?

3. Harus pandai-pandai membatasi mana yang harus dikeep mana yang boleh diumbar. Memposting yang tak pantas bisa jadi bumerang

Tahu batas via unsplash.com

Salah satu fakta menjadi selebgram adalah kamu merelakan kehidupan pribadimu diketahui banyak orang. Lagi di mana, dengan siapa, dan ngapain aja semua orang tahu. Di sini, kita harus pandai-pandai memisahkan mana yang boleh diumbar dan mana yang harus disimpan. Karena ada banyak kasus selebgram yang salah posting sehingga mengundang hujatan netizen. Ya memang makin terkenal sih, tapi yakin mau terkenal dengan cara kontroversi?

4. Ikut berbagai acara, kenalan dengan banyak orang lainnya. Jaringan pertemanan sendirinya membuka jalan

kumpul-kumpul sama orang via www.123rf.com

Advertisement

Apa pun profesinya, link atau jaringan pertemanan itu penting. Semakin luas, semakin banyak pula kesempatan yang terbuka untukmu. Karena itu, jangan ragu-ragu untuk bertemu orang baru, ikut komunitas, atau datang ke event seru untuk mencari kenalan baru. Misalnya nih, kamu yang tinggal di Medan, bisa datang ke acara Pixy Beauty & Inspiring Talk tanggal 13 – 14 September 2018 nanti bersama Nadya PS di Universitas Sumatera Utara. Kamu yang tanya panjang lebar nih ke Nadya tentang bagaimana cara mendapatkan followers sampai ratusan ribu, bagaimana membuat konten yang kece di IG, dan hal-hal lainnya.

Nggak cuma itu lho, kamu juga bisa belajar makeup bareng makeup artist Pixy langsung. Selain itu, selama acara akan ada banyak doorprize, voucher, dan promo dari games yang berlangsung selama acara. Ini bisa jadi momen pertama untuk membuka jaringan nih, guys.

5. Untuk pemula, jangan ragu untuk tag akun ternama. Sekali dilike atau repost, bisa banyak untungnya

Tag akun ternama via www.123rf.com

Anggap saja kamu ingin menjadi travel blogger dan selebgram yang fokus pada dunia traveling. Untuk pemula, sah-sah saja kamu men-tag akun ternama semisal Natgeo atau Pesona Indonesia untuk mempromosikan fotomu. Siapa tahu direpost kan? Bila ini terjadi, justru kamu akan untung karena dipromosikan secara gratis. Dengan sedikit kesabaran, kamu akan menjaring followersmu sendiri.

6. Saat ini selebgram jadi profesi yang menjanjikan. Untuk bisa bersaing, kamu harus punya satu ciri khas

punya ciri khas via www.123rf.com

Saat ini, menjadi selebriti tak harus main film atau jadi bintang iklan di TV. Cuma modal akun IG saja kamu sudah bisa jadi seleb. Karena itulah banyak orang ingin jadi selebgram. Di sini, branding diri jadi kunci kemenangan. Untuk bertahan dalam persaingan, kamu harus menentukan apa sih yang “kamu banget!”. Satu ciri ke-khas-an yang cuma ada di akunmu. Nggak harus hal-hal besar kok. Sederhana saja, kamu ingin dikenal sebagai apa? Selebgram lucu dengan postingan sarkatis? Travel blogger yang pandai bercerita? Beauty blogger dengan spesialis makeup natural? Tentukan saja sejak awal agar mudah diingat orang.

7. Terakhir, pastinya jangan malas posting. Ketahui jam-jam potensial di IG dan media sosial lainnya

Jadwal posting via unsplash.com

Nah, setelah tahu trik membuat postingan keren, tidak akan ada gunanya kalau kamu malas posting. Untuk kita orang biasa, mungkin posting IG suka-suka saja. Kalau lagi rajin, sehari bisa dua kali, lalu posting berikutnya sebulan lagi. Untuk jadi selebgram, kamu tentu tidak bisa begini. Setidaknya kamu perlu jadwal update, semisal sehari sekali atau dua hari sekali. Dengan begitu, unggahanmu akan selalu ada di timeline followers. Selain itu pastikan kamu tahu “waktu yang hangat” untuk posting ya~

Itu dia beberapa yang bisa kamu lakukan untuk sukses menjadi Instagram. Nggak sulit sebenarnya ‘kan? Tapi memang nggak bisa instan, dan semua butuh perjuangan. Untuk kamu yang tinggal di Medan, jangan lupa untuk hadir di acara Pixy Beauty & Inspiring Talk tanggal 13-14 September 2018 di Universitas Sumatera Utara. Daftarkan dirimu di artikel ini ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya