• 13 December 2017
  • Block71 Jakarta

Jakarta, 12 Desember 2017 – Sebuah komunitas baru yang fokus pada edukasi penggunaan data yaitu DataTalk ID hadir mengadakan kegiatan seminar pertama mereka pada Rabu, 13 Desember 2017, bertempat di Block71 Jakarta. Mengusung tema besar “How Strong Data Can Improve Consumer Engagement.”, DataTalk ID mengundang pembicara dari unsur perusahaan/brand, Adi Purwanto Sujarwadi (Product Management Lead GO-LIFE), dan ahensi, Cenmidtal Mulyanto (Associate Analytics Director Mirum Agency), untuk berbagi pengalaman mereka pentingnya penggunaan data dalam membuat keputusan bisnis.

Acara seminar ini merupakan kegiatan pertama DataTalk ID dengan mitra pendukung utama, Sonar Platform, sebuah perusahaan social media analytics yang berbasis di Indonesia.

Saat mempertanyakan mengenai pentingnya data dalam berbisnis, tentu figur professional merasa data adalah kebutuhan yang sangat penting dimiliki terutama dalam era modern dan digital ini. “ada perumpamaan, in “God we trust, All other bring Data”. Ini bisa menggambarkan betapa pentingnya data sekarang, karena jika kita tidak melek data bisa berujung ke tindakan yang tidak menguntungkan atau bahkan merugikan sebuah perusahaan atau masyarakat umum.” Ujar Cenmidtal Mulyanto.

“Berdasarkan pengalaman saya, penggunaan data itu penting banget karena kalau nggak pake data, kita nggak tahu keputusan yang kita ambil itu benar atau nggak. Kita kayak flying blind kalau nggak ada data. Jadi, saya belajar banyak banget selama empat tahun megang produk dan sudah menjadi bagian dari hidup. Apapun yang saya lakukan harus ada argumentasi berdasarkan data dan sukses nggaknya sebuah produk juga diukur based on data.” Tutur kata Adi.

DataTalk ID dihadiri 50 orang dengan target peserta terdiri dari perusahaan, ahensi, media, perusahaan atau organisasi, komunitas, dan masyarakat umum. Dalam seminar ini, setiap pembicara berbagi cerita pengalaman mereka dalam menjalankan strategi komunikasi dan menjalin hubungan baik dengan konsumen (Consumer Engagement) serta keputusan bisnis penting lainnya dengan menggunakan data sebagai referensi utama mereka. Selain itu, acara ini juga menjadi pengenalan komunitas baru bernama DataTalk ID yang kedepannya berperan sebagai platform berbagi informasi dan belajar dari pengalaman baik perusahaan, ahensi, maupun khalayak lain mengenai penggunaan data.

Advertisement

“Mungkin belajar sendiri tentang ini tergolong sulit tapi jika ada komunitas akan menjadi lebih mudah dan mendapat teman berdiskusi yang saling belajar. Saya berharap masyarakat Indonesia, teruatama industri IT dan startup, makin aware soal data dan ekosistem IT di Indonesia secara jangka panjang lebih baik.” tutur kata Adi mengenai pentingnya kehadiran komunitas DataTalk ID.

Harapannya kehadiran komunitas DataTalk ID bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan betapa pentingnya menggunakan data dalam membuat keputusan dalam dunia usaha.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
Sarah Putri (Marketing & Partnership Sonar Platform, Sarah@datatalk.id | 0813-9563-0805)

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya