Altra, Pemuda yang Ulet dan Berprestasi

“Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” – Ir. Soekarno.

Pemuda merupakan agen penggerak atau agent of change perubahan di Indonesia. Pemuda akan memegang estafet kepemimpinan di masa yang akan datang (future leader) juga sebagai garda terdepan untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan di masyarakat Indonesia.

Pemuda adalah penerus Indonesia. Segala cita-cita Indonesia bisa diwujudkan dan diteruskan oleh pemuda. Namun, kenyataanya banyak pemuda yang belum menyadari akan pentingnya peran mereka bagi Indonesia.

Salah satu cara Altra, pemuda yang saat ini mengenyam pendidikan di UPN “Veteran” Yogyakarta dan baru saja pulang dari perjalanan studinya di University of Pecs, Hungary adalah dengan berprestasi.

Advertisement

“Kenapa harus luar negeri? Karena aku terinspirasi dari Kakak-ku.”, jelasnya pada 10 Juni 2022.

Altra memulai kisah perjalanan prestasinya dengan mengikuti beasiswa IISMA. Informasi mengenai IISMA ia dapat karena ia menjabat sebagai Koordinator Hubungan Luar dan Pengembangan Bisnis AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta.

Altra hanya memiliki waktu persiapan yang tergolong singkat. Altra memanfaatkan waktunya untuk banyak bertanya kepada pihak universitas terkait informasi dan berkas dokumen yang telah dipersiapkan.

Saat yang dinantikan pun tiba yakni pengumuman beasiswa IISMA. Setelah dibuka, kabar baik pun menyelimuti Altra karena ia berhasil menjadi awardee IISMA 2021.

“Awalnya, aku terpilih untuk studi di Boston University, namun kemudian berubah menjadi di University of Pecs, Hungary.” ujarnya pada 10 Juni 2022.

Altra berencana untuk berkontribusi kepada negara Indonesia dengan membuat mentorship persiapan IISMA. Ketika di Eropa, ia juga telah membuat talkshow dengan duta besar Vatikan yang ditayangkan melalui Instagram Live.

Altra merasa bahwa kesuksesannya saat ini karena pengalaman ia berorganisasi di AIESEC. Ia pun berpesan bagi para pemuda agar terus ulet dalam belajar, berkembang dan berprestasi.

Penulis: Salwa S. Haifa, Bernadetta Bening, Devi Aulia Oktaviona

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini