Belajar Personal Branding Bersama Youth Today AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta!

Yogyakarta, 30 Oktober 2021 – AIESEC in UPN “Veteran” Yogyakarta sukses menyelenggarakan Youth Today, sebuah acara webinar yang diinisiasi oleh AIESEC in Indonesia. Youth Today kali ini mengangkat tema #YOUthFirstStep Brand Yourself for Bright Future Career. Tema ini diambil bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya personal branding terlebih pada dunia kerja, serta bagaimana cara sukses melalui interview kerja dan membuat profil pada LinkedIn agar terlihat menarik di mata recruiter. Acara dihadiri lebih dari 150 peserta dari seluruh Indonesia.

Acara ini diawali oleh sambutan dari Annisa Agusti Andini selaku ketua pelaksana Youth Today. Melalui Youth Today kali ini Annisa berharap para peserta bisa mendapatkan insight mengenai personal branding dan pentingnya hal itu diterapkan di dunia kerja serta dalam mempersiapkan karir.

Youth Today kali ini dipandu oleh Arfiana Maulina sebagai moderator yang juga merupakan presiden dari Elevate The Future dan Thirst Project Indonesia. Sesi pertama dimulai bersama Nugroho Saputro yang merupakan Head of Business Development at Schoters. Beliau menyampaikan materi mengenai pentingnya personal branding bagi setiap orang terkhusus bagi mereka yang ingin terjun dalam dunia kerja. Beliau juga memaparkan bagaimana membuat esai diri yang baik dengan menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result). Tak lupa beliau juga memberikan tips dan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat membuat sebuah curriculum vitae.

Sesi selanjutnya disampaikan oleh Syahadatan Beva selaku Learning and Development Supervisor di Agung Sedayu Group. Pada sesi ini, disampaikan bagaimana seseorang dapat membangun personal branding di proses perekrutan. Beliau memaparkan bahwa dalam proses perekrutan pekerjaan yang paling diperhatikan adalah memiliki knowledge, skill, dan attitude yang baik. Dalam sesi ini beliau juga memaparkan bahwa menulis pengalaman dalam platform LinkedIn merupakan hal yang sangat dianjurkan. Menurut fakta, 94% recruiters menggunakan LinkedIn untuk mencari tahu lebih dalam mengenai kandidatnya.

Webinar Youth Today kali ini diakhiri dengan pemaparan dari pembicara terakhir, yaitu Muhammad Azam yang merupakan seorang Junior Web Developr di Cosy Inc Japan. Pada sesi terakhir ini, beliau membawakan materi mengenai pengalaman karirnya saat magang. Beliau juga menceritakan bahwa pendidikan dan organisasi merupakan hal yang penting dalam memasuki dunia karir. Dalam pemaparannya beliau berpesan untuk seluruh peserta dapat mengambil banyak pengalaman sebelum lulus dari perkuliahan, “take as many experiences as you can before you graduate.”

Youth Today kali ini berjalan dengan sukses dan mengundang antusias peserta untuk aktif bertanya kepada para pembicara yang telah hadir. Annisa, selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa ini merupakan pengalaman yang luar biasa baginya. Menjadi ketua pelaksana mengajarkan Annisa banyak pelajaran yang akan bermanfaat di masa depan nantinya. “Setelah mengikuti Youth Today, saya semakin termotivasi untuk lebih mengembangkan LinkedIn dan saya juga mendapatkan banyak ilmu baru tentang bagaimana membuat CV yang baik dan bagaimana recruiter mencari tahu para kandidatnya.” Ungkap Illyah, seorang peserta Youth Today dari Universitas Gadjah Mada.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini