• 14 September 2019
  • Teater Utan Kayu, Jakarta

Cakramurti Collective adalah sebuah laboratorium dan platform berkesenian berbasis pemikiran dan riset yang menyediakan wadah bagi seniman dari disiplin seni apapun untuk kemudian secara kolektif bergerak bersama menyuarakan kegelisahan dan gagasan melalui karya seni.

Cakramurti Collective sendiri diinisiasi oleh Gusti Cakramurti, seorang lulusan arsitektur yang berlaku sebagai pimpinan produksi dan direktur artistik, dibantu oleh rekannya, Elgana seorang desainer kostum, dan Jasmine Anshori yang merupakan seniman dan vokalis. Latar belakang yang beragam menjadikan Cakramurti Collective sebagai ruang yang terbuka akan kemungkinan-kemungkinan terciptanya bentuk seni baru yang eksperimental. Lebih jauh dari itu, Cakramurti Collective merupakan sebuah gerakan yang mendobrak batas-batas imaji dan konstruksi sosial masyarakat sehingga diharapkan dapat menjadi katalis kebudayaan yang tetap berpijak pada kekayaan tradisi dan kearifan lokal nusantara.

Advertisement

Cakramurti Collective sangat menjunjung tinggi keberagaman, kebebasan, kesetaraan, dan keterbukaan. Berkolaborasi dan berkarya adalah nafas yang akan selalu dibawa oleh Cakramurti Collective demi mewujudkan tatanan sosial masyarakat yang inklusif dan terbuka akan wawasan budaya dan nilai-nilai humanisme.

Bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation, Teater Utan Kayu, dan Indonesia Kaya, Cakramurti Collective sebagai alumni dari Ruang Kreatif Seni Pertunjukan 2018 akan menyelenggarakan sebuah pertunjukan seni multidisiplin eksperimental yang berangkat dari khazanah budaya nusantara.

Pertunjukan ini merupakan sebuah pertunjukan eksperimental yang menggabungkan berbagai disiplin seni, seperti tari / performans, fashion, instalasi, dan musik dengan judul Zie: A Multidisciplinary Experimental Performance. Karya tersebut akan dipentaskan pada tanggal 14 September 2019 pukul 19.30 WIB di Teater Utan Kayu, Jakarta.

Advertisement

Pertunjukan ini juga akan melibatkan beberapa seniman berbakat seperti Yennu Ariendra, seorang komposer musik, produser, musisi, dan DJ; Josh Marcy, seorangĀ  koreografer dan penari; Razan Mohamad, seorang koreografer dan penari, Fitri Anggraini, seorang koreografer dan penari, serta Try Anggara yang juga seorang koreografer dan penari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya