• 17 Agustus 2019
  • Los Angeles Historic Park

Jakarta, 21 Agustus 2019 – Indonesia Creative Incorporated (ICINC) adalah sebuah payung program dari BEKRAF yang bertujuan untuk membawa lebih banyak musisi Indonesia ke pasar musik global melalui sub-program Indonesia Rising. Bekerja sama dengan 88rising, sub-program Indonesia Rising telah menyelenggarakan fase talent development dimana 4  finalisnya; Arta, Devinta Trista, Monéva dan Cellosux menerima berbagai pelatihan di Los Angeles, California.

Selama 1 bulan fase talent development, ke-empat finalis telah merekam lagunya sekaligus membuat video klip untuk lagu tersebut bersama produser dan sutradara kenamaan dari 88rising. Para finalis juga menerima pelatihan yang penting untuk masa depan karir bermusik mereka dan tentunya mereka dipersiapkan untuk menjadi musisi ternama Indonesia  selanjutnya. Puncak dari pelatihan mereka selama 1 bulan merupakan penampilan mereka sebagai opening act di Head in the Clouds, sebuah festival musik tahun dari 88rising yang tahun ini diselenggarakan pada 17 Agustus 2019 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Advertisement

Oliver Zhang sebagai Artist Manager 88rising memperkenalkan para finalis kepada para penonton dan Arta mendapatkan kesempatan pertama untuk menyanyikan lagunya. Selanjutnya cellosux menghibur para penonton tidak hanya dengan lagunya tetapi juga dengan permainan gitarnya. Monéva lalu membuat musim panas di LA lebih hangat lagi dengan suara indahnya dan akhirnya Devinta membuat para penonton merasakan indahnya cinta melalui lagu balladnya.

Devinta, sebagai salah satu finalis ICINC: Indonesia Rising membagikan pengalamannya menjadi salah satu penampil di Head in the Clouds Festival, “Saya sangat gugup tadinya, namun saya juga tidak ingin mengecewakan semua pihak yang telah mendukung program ini, terutama BEKRAF. Akhirnya saya naik ke panggung dengan pola pikir itu, dan akhirnya saya bisa tampil maksimal! Rasanya lega setelah penampilan tadi!”

Sebanyak 25.000 orang memadati area Los Angeles Historic Park, dimana Head in the Clouds Festival diselenggarakan. Festival ini menjadi salah satu gelaran musik yang paling ditunggu dengan penampilan dari musisi Asia dari berbagai penjuru dunia seperti Rich Brian, NIKI, Joji, IKON dan banyak lagi. Rich Brian dan NIKI juga turut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan caranya masing-masing. Di pembukaan penampilannya,
NIKI menyanyikan lagu Indonesia Raya diiringi dengan rekaman suara Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi. Sementara Rich Brian menampilkan bendera Indonesia pada layar panggung.

Advertisement

Ricky J. Pesik, selaku Wakil Kepala BEKRAF juga turut membagikan pendapatnya setelah menyaksikan penampilan para finalis, “Setelah menyaksikan penampilan mereka dan reaksi para penonton, kami melihat ada potensi besar untuk membuka jalan bagi talenta-talenta kreatif Indonesia masuk ke ekosistem pasar global. Semoga kerja sama dengan 88rising dapat terus berjalan sehingga dapat membawa lebih banyak lagi talenta Indonesia dan para finalis yang sudah mendapatkan pelatihan sekarang dapat berkembang lebih jauh lagi.”

Keempat finalis ICINC: Indonesia Rising sudah kembali ke Indonesia dan disambut hangat oleh keluarganya setelah merantau selama 1 bulan. Lagu yang mereka buat bersama 88rising  akan dirilis di platform streaming musik pada akhir bulan ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya