Inisiatif Baik Campaign.com: A Better World Prize Sebagai Jawaban Keresahan Komunitas Sosial di Indonesia

A Better World Prize melalui Yayasan Dunia Lebih Baik dihadirkan sebagai mendukung komunitas sosial

Jakarta, 20 Juli 2020. Ada banyak isu sosial yang penting dan membutuhkan dukungan masyarakat. Sayangnya, banyaknya dukungan dan pemberitaan yang didapat tergantung pada urgensinya. Di tengah pandemi seperti ini, sejumlah isu yang tidak berelasi langsung dengan COVID-19 kurang mendapat panggung karena dianggap tidak memiliki urgensi tinggi. Padahal, meski tidak tampak berelasi langsung, isu-isu tersebut juga turut terkena dampak.

Advertisement

Misalnya saja isu kekerasan dalam rumah tangga yang sebenarnya semakin meningkat kala masyarakat terpaksa diam di rumah untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19. Atau, isu stunting yang juga bertambah karena korelasinya pada peningkatan angka kemiskinan di masa pandemi. Upaya mengurangi penggunaan plastik yang dulu kerap digaungkan, bahkan di seluruh dunia, kini seperti hilang tanpa jejak.

Jika ini terus berlanjut, semua pencapaian yang selama ini diusahakan akan hilang begitu saja. Padahal isu-isu ini harus tetap bersuara, apalagi beberapa di antaranya bersinggungan langsung dengan nyawa manusia.

A Better World Prize kemudian dihadirkan Campaign.com melalui Yayasan Dunia Lebih Baik dalam upaya mendukung komunitas sosial untuk meningkatkan potensi dan memperluas dampak positif, sesuai tagline-nya “Together elevate our social impact”. Dengan demikian, komunitas didorong untuk terus memperjuangkan isu-isu mereka agar dapat mengingatkan masyarakat kembali akan banyaknya isu yang juga butuh dukungan segera di kala pandemi ini.

Advertisement

“Dalam situasi pandemi ini, semua perhatian, pemberitaan, dan donasi tertuju pada penanganan COVID-19. Perhatian pada isu sosial lainnya jadi menurun. Padahal situasi ini juga berdampak pada beberapa isu sosial. Inisiatif ini ada untuk menjadi pengingat dan pendukung kalau isu sosial lainnya tetap penting, bahkan urgensinya meningkat,” jelas William Gondokusumo, CEO Campaign.com.

Inisiatif ini hadir dalam bentuk inkubasi intensif selama tiga bulan yang terbuka bagi komunitas sosial di seluruh penjuru Indonesia. Salah satu yang akan didapatkan komunitas melalui program ini adalah workshop komunitas bersama sejumlah experts. Selain itu, komunitas akan menjalankan program kampanye sosial melalui aplikasi Campaign #ForChange dengan bimbingan tim Campaign.com. Kegiatan aktivasi ini juga menjadi salah satu sarana komunitas untuk mendapatkan pendanaan dan kolaborasi untuk mendapatkan lebih banyak dukungan dan meningkatkan dampak pada lingkungan sekitar.

Advertisement

Di akhir rangkaian inisiatif ini, komunitas yang berpartisipasi akan mendapatkan Awarding Night, serta berkesempatan mendapatkan hadiah utama berupa uang tunai sebesar 50 juta rupiah dari Yayasan Dunia Lebih Baik. Hal ini merupakan langkah yang diambil Campaign.com dan Yayasan Dunia Lebih Baik sebagai partner komunitas sosial untuk bersama meningkatkan dampak sosial agar tujuan isu-isu sosial tercapai.

“Senang banget sebenarnya ada inisiatif seperti ini. Pandulisane sendiri pernah ikut inisiatif seperti ini sebelumnya, dari Campaign.com juga, dan itu pengalaman yang seru banget,” jelas Putri Sri Hanitami dari komunitas Pandulisane. “Kita bisa berjejaring sama komunitas sosial lainnya, jadi tahu problem dan isu yang diangkat masing-masing komunitas, itu jadi pelajaran tersendiri. Terus materi yang dikasih juga bermanfaat. Yang paling berasa buat aku ya justru yang dasar banget, kayak ngebedah tujuan komunitasnya supaya lebih terarah, belajar mengelola orang-orang di dalam komunitasnya. Dan dari kegiatan itu juga dapat bantuan pendanaan, itu krusial banget sih, karena selama ini komunitasku bergeraknya pakai duit pribadi, dan kan ada masa-masa ketika kita enggak bisa. Dapat pendanaan itu membantu banget.”

Program A Better World Prize ini akan berlangsung dari Agustus 2020 hingga Oktober 2020. Komunitas yang mau bergabung bisa mendaftarkan diri mulai hari ini hingga 30 Juli 2020

melalui: w ww.campaign.com/ABetterWorldPrize.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE