• 7 April 2018, 6:20 pm
  • Kunena Eatery dan Outlet Wardah Jogja City Mall

Beberapa waktu lalu, Hipwee dan Wardah mengadakan kolaborasi dalam kontes menulis untuk mencari 2 penulis terbaik yang akan dikontrak secara eksklusif oleh Wardah selama 3 bulan di Yogyakarta. Nah, sebelum menentukan 2 orang ini, mereka juga berkolaborasi untuk mengadakan workshop Ruang Belajar Wardah pada 7 & 8 April bagi 15 penulis terpilih yang sudah mengirimkan artikelnya.

Mulai dari belajar tentang dunia kepenulisan di Kunena Eatery sampai mengikuti beauty class di outlet Wardah JCM (Jogja City Mall), menjadi serangkaian acara yang mendukung workshop ini. Selain dijamu dengan ilmu-ilmu baru bersama para pembicara hits nan menginspirasi, para peserta juga berkesempatan untuk bertemu teman-teman baru yang punya passion sama di bidang kepenulisan.

Advertisement

Menariknya, meskipun acara ini berlangsung di Yogyakarta, ternyata ada peserta yang sengaja datang dari Kendari dan Malang untuk mengikuti workshop ini.

Wah, penasaran kan gimana keseruan kolaborasi Hipwee dan wardah dalam #RuangBelajarWardah ini? Yuk, intip pengalaman lengkap mereka di sini!

Berkenalan dengan Wardah, perkembangan perusahaan dan produk-produknya

Nurul Fajriyati, Promotion Officer Wardah

Siapa yang menyangka bahwa Wardah sebenarnya sudah menginjak usia 23 tahun. Belakangan Wardah memang semakin populer di Indonesia bahkan terpilih menjadi best local brand untuk kategori kosmetik.

Advertisement

Nurul Fajriyati, Promotion Officer Wardah, menjelaskan tentang bagaimana perkembangan posisi Wardah saat ini. Dia juga sedikit berbagi cerita tentang beberapa produk Wardah baik dari segi varian dan manfaatnya. Hal ini tentu ‘memancing’ ruang diskusi bagi para peserta untuk berbagi pengalaman mereka tentang kosmetik.

Merchandise Wardah yang dibagikan pada seluruh peserta

Nah, dalam kesempatan ini para peserta juga berkesempatan mendapatkan merchandise berisi produk-produk Wardah. Wah, beruntung banget, kan!

Nggak cuma itu, yuk kita simak bersama keseruan dari inti acara yang disampaikan para pemateri kece di bawah ini!

Materi pertama: IDEATION, membuat ide bareng Apin Imun

Sesi 1- Belajar Membuat Ide Bersama Apin Imun

Hari pertama, Ruang Belajar Wardah memang lebih berfokus pada pelatihan kepenulisan yang diisi oleh pembicara-pembicara yang sudah expert dalam bidang tersebut. Hal ini tentunya semakin melatih para peserta untuk membuat tulisan yang lebih baik dan menarik lagi.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mulai menulis adalah memunculkan ide. Ide bisa berasal darimana saja, tapi kehadirannya tidak bisa dipaksakan. Berlatih untuk mengenal hal-hal baru, membaca buku di perpustakaan, melihat rekomendasi topik menarik dari online bisa menjadi alternatif lain untuk memunculkan ide.

Apin Imun selaku beauty influencer dan juga penulis buku pun menjadi pembicara pertama yang memulai pelatihan kepenulisan ini. Dia berpesan bahwa ide itu bisa datang kapan saja. Ide yang muncul seperti itu harus segera ditulis agar tidak lupa.

Apin Imun juga berbagi pengalamannya ketika menulis sebuah buku.  Baginya, menulis buku itu harus ada deadline-nya agar kamu punya target dan idemu tidak direbut orang lain karena terlalu lama.

Materi kedua: CARA MEMBUAT JUDUL & SUBPOINT YANG ATRAKTIF bareng Silvia Ayudia, Editor Hipwee Community

Nurul Fajriyati, Promotion Officer Wardah (kanan) menyerahkan kenang-kenangan kepada Silvia Ayudia, Editor Hipwee Community (Kiri)

Karena membuat judul dan subpoint yang atraktif merupakan salah satu kesulitan setiap akan memulai menulis, mempelajari dan membandingkan proses penulisan kita dengan media atau penulis lain merupakan hal penting.

Jangan sampai, antara judul, subpoint dan artikelmu tidak berkesinambungan & mengecewakan pembaca. Karena ingat, bagus atau tidaknya judul dan subpoint yang menentukan bukan kamu, tapi pembaca!

Nah, untuk bagian ini, Silvia Ayudia selaku Editor Hipwee Community memang paling cocok untuk berbagi pengalaman sekaligus tipsnya kepada para peserta.

Materi ketiga: BELAJAR MEMBUAT ARTIKEL YANG CATCHY bareng Nendra Rengganis, CEO Hipwee

Sesi-3 Nendra Rengganis berbgai pengetahuan tentang cara menulis artikel yang catchy

Setelah belajar membuat ide, judul, dan subpoint, selanjutnya giliran Nendra Rengganis, CEO Hipwee menjelaskan tentang bagaimana cara membuat artikel yang catchy.

Catchy dalam hal ini tentunya bukan hanya sekedar menarik dari segi teknis penulisannya saja, tapi juga bagaimana menulis konten itu menjadi baik dan memang penting untuk diketahui pembacanya. Ketika tulisan kita sudah baik, maka membuatnya menjadi viral adalah sebuah bonus.

Bagi-bagi hadiah lewat insta post sampai writing challenge

Workshop hari pertama memang berlangsung cukup lama, yaitu mulai dari 08.00-20.00. Alih-alih merasa bosan, para peserta tampak begitu antusias disetiap sesinya bahkan waktu seakan berlalu begitu cepat.

Selain karena sesi yang disampaikan begitu menarik dan penting, makanannya juga enak dan mengenyangkan, para peserta juga ditantang untuk mengikuti insta post dan writing challenge.

Untuk insta post challenge akan dipilih  3 peserta terbaik dalam membuat post gambar dan caption yang berhak mendapat merchandise dari Wardah.

Para peserta sedang mengikuti wring challenge

Sementara untuk writing challenge, sistemnya lebih bertahap, mulai dari menulis ide sampai membuat artikel sesungguhnya yang dipandu setiap sesi oleh para pembicara. Melalui writing challenge inilah 2 penulis yang akan dikontrak eksklusif oleh Wardah  dipilih.

Jalan-jalan dari Kantor Hipwee sampai Outlet Wardah di JCM (Jogja City Mall)

Para peserta ketika berkunjung di kantor Hipwee

Hari kedua, semua  peserta berkumpul di kantor Hipwee yang terletak di Jalan Tunggorono. Mereka juga berkesempatan untuk melihat dan mengunjungi kantor Hipwee. Sebuah kantor yang suasananya dibuat serumah mungkin biar para karyawan yang juga penulis konten ini nyaman dalam menyalurkan ide dan kreativitas mereka dalam menulis.

Mengunjungi salah satu outlet wardah di  JCM adalah destinasi berikutnya. Dalam kunjungan ini, selain melihat varian produk Wardah secara langsung, mereka juga berkesempatan untuk melakukan beauty class yang dipandu oleh Beauty Promotor Wardah, Try Purnama Sary dan Retno Widiarty.

Sesi Beauty Class

Dalam kelasnya, Try menjelaskan bagaimana cara merawat kulit wajah dan menggunakan make-up yang baik dan benar. Hal ini tentu penting bagi perempuan mengingat banyak diantara kita yang masih salah dalam mengaplikasikan perawatan dan make-up. Menurutnya, kesalahan seperti ini tentunya tidak baik untuk kulit dan berpengaruh pada kualitas make-up yang kita gunakan.

Dalam beauty class ini 5 peserta yang memiliki make-up terbaik juga diberikan apresiasi berupa treatment gratis yang tentunya bikin iri!

Dan pemenang dari kompetisi ini adalah…

Setelah mengikuti serangkaian acara workshop Ruang Belajar, akhirnya tibalah waktunya untuk pengumuman pemenang kontrak eksklusif Wardah! Ini, nih momen yang paling ditunggu-tunggu dan tentunya sukses buat para peserta deg-degan.

Para Pemenang Ruang Belajar Wardah

Selamat kepada Alvia Najma dan Luthfia Miranda Putri yang berhasil mendapatkan kontrak eksklusif sebagai penulis Wardah berikut hadiah menarik lainnya.

Para peserta Ruang Belajar Wardah

Bagi teman-teman yang belum beruntung, tetap semangat dan asah terus kemampuan menulismu, ya! Semoga ilmu yang diperoleh selama acara bisa bermanfaat dan sampai jumpa di acara seru Hipwee lainnya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya