Membangun Karier Impian: Webinar Youth Today x Outgoing Exchange Bersama AIESEC in Universitas Andalas

Meraih kesuksesan dalam berkarier merupakan impian semua orang. Terdapat banyak cara dan jalan yang dapat ditempuh dalam mempersiapkan hal tersebut. Dalam prosesnya, rintangan dan tantangan merupakan hal yang pasti untuk dihadapi. Namun demikian, seringkali kesalahan umum yang tak terhindari dilakukan dan membuat hal tersebut menjadi hambatan dalam mencapai tujuan karier yang diimpikan.

Team Leader of International Relations, Outgoing Exchange AIESEC in Universitas Andalas, Myse Annisa mengatakan, dalam masa perkuliahan yang singkat, penting bagi mahasiswa untuk bijak dalam memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien guna mempersiapkan karier masa depan. Salah satu cara yang efektif adalah melalui kegiatan magang yang dapat memberikan pengalaman praktis, keterampilan yang relevan, serta peluang untuk memperluas jaringan profesional. Dengan memilih magang yang sesuai dengan minat dan tujuan karier, mahasiswa dapat melakukan level up untuk diri sendiri, investasi yang penting dalam persiapan kesuksesan di dunia profesional.

Webinar Youth Today x Outgoing Exchange AIESEC in UNAND

Dengan memberikan pemahaman dan langkah strategis yang tepat dalam membangun karier, AIESEC in Universitas Andalas percaya bahwa kesalahan umum dalam proses mencapai karier impian dapat dihindari. Dalam mengimplementasikan hal tersebut, AIESEC in Universitas Andalas mengadakan program webinar Youth Today x Outgoing Exchange dengan tema “Path to Success: Discover the Common Errors and Solutions for your Future Career” pada 25 Mei 2023. Webinar ini dihadiri oleh 91 peserta yang merupakan mahasiswa Universitas Andalas dari berbagai jurusan.

Webinar Youth Today x Outgoing Exchange AIESEC in UNAND

Dilaksanakan di gedung Convention Hall Universitas Andalas, webinar tersebut menghadirkan dua pembicara yang juga merupakan mahasiswa di Universitas Andalas yang memiliki segudang prestasi. Sesi pertama webinar dibawakan oleh Nurul Ilmi Cendikia yang memiliki pengalaman sebagai Ex-Intern External and Entrepreneur at PPI Hongaria. Dalam sesi ini, ia membagikan pengalaman yang didapat ketika mengikuti program study exchange di Hongaria.

Nurul membagikan tips and tricks mengenai cara yang dilakukannya dalam menghadapi struggle yang dialaminya dalam proses kegiatan magang di luar negeri. Dengan adanya perbedaan, seperti perbedaan budaya, bahasa, dan lingkungan yang ada, ia menyadari bahwa kegiatan magang di luar negeri memiliki banyak tantangan yang kompleks. Oleh karena itu, untuk menghadapi hal tersebut, perlu adanya fleksibilitas dan keterbukaan dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

Dengan berani keluar dari zona nyaman, segala struggle yang mungkin muncul dapat diatasi dengan baik. Ia percaya bahwa kesempatan yang ada di depan mata perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, ia memanfaatkan momentum pertukaran pelajar dengan melakukan kegiatan magang untuk menambah wawasan, pengalaman, serta self development yang ia yakini akan berguna bagi kariernya di masa depan.

Webinar Youth Today x Outgoing Exchange AIESEC in UNAND

Di kesempatan yang sama, Putra Abi Nubli yang kerap disapa Abi sebagai Ex-Human Resource Lead at Roote Trails juga membagikan pengalaman magangnya kepada peserta webinar. Dengan keinginan meningkatkan skills dan personal branding, ia memanfaatkan kesempatan yang ia miliki untuk melakukan kegiatan magang di tengah kesibukan perkuliahannya. Dalam sesinya, ia juga membagikan informasi seputar aplikasi yang dapat diakses untuk menemukan informasi seputar magang dan kerja.

Ketertarikannya terhadap human resources mendorong dirinya untuk melakukan CV review untuk beberapa peserta webinar terpilih. Ia mengupas tuntas how to settle the common mistakes in job application. Menurutnya, membangun personal branding yang baik dan didukung dengan CV yang yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin dilamar merupakan aspek fundamental. Di akhir sesinya, ia juga membagikan tips and tricks dalam menghadapi interviewers.

Curiculum Vitae (CV) merupakan golden ticket yang dapat menjembatani pemiliknya di banyak kesempatan. Oleh karena itu, menggunakan satu CV untuk semua pekerjaan yang ingin dilamar tidaklah efektif dan menyesuaikan CV yang akan dilampirkan dengan jenis pekerjaan dan kegiatan yang ingin dilamar adalah hal yang penting. Dengan membuat strategi dalam menyusun CV yang baik dan menarik, kesempatan untuk dilirik oleh recruiters akan semakin besar,” kata Myse.

Webinar Youth Today x Outgoing Exchange AIESEC in UNAND

Selain pemaparan dari para pembicara, acara ini juga mencakup kegiatan Focus Group Discussion (FGD). FGD sebagai sesi interaktif yang memungkinkan peserta untuk berdiskusi, bertukar pikiran, berbagi pandangan terkait, dan mencari solusi bersama dengan membahas beberapa kasus yang berkaitan dengan kegiatan magang dan job application. Melalui FGD ini, peserta diharapkan  mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan saling belajar mengenai common mistakes dalam proses job application.

Hasil dari webinar ini menunjukkan bahwa dalam proses job application, magang, dan program tertentu lainnya terdapat hal-hal yang harus dipersiapkan dengan matang dan penuh pertimbangan. Aspek-aspek, seperti personal branding dan CV yang terstruktur menjadi hal penting dalam prosesnya.

Temuan-temuan ini memberikan wawasan yang berharga dalam memahami jalan yang dapat ditempuh untuk mencapai kesuksesan dengan menemukan kesalahan umum dan solusi yang dapat dilakukan dalam membangun karier yang baik dan implikasinya dalam konteks pekerjaan dan kegiatan magang. Dengan mengadakan webinar Youth Today x Outgoing Exchange, AIESEC in Universitas Andalas berharap bahwa internship program yang merupakan program dari Department Outgoing Exchange dalam merekrut dan mengirim mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang di luar negeri dapat mendorong perubahan positif dan langkah-langkah nyata dalam mencapai karier impian.

Author: Nanda Oktaviana

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini