• 28 Agustus 2018
  • SCBD

Bertempat di Soehanna Hall – SCBD, acara puncak NTT Com Startup Challenge 2018 Indonesia telah sukses diselenggarakan pada hari Selasa, 28 Agustus 2018. Acara puncak ini selain menyuguhkan presentasi pitching dari kesepuluh finalis terbaik juga menghadirkan diskusi panel dan beberapa pembicara dari berbagai latar belakang baik startup maupun investor terbaik di Asia.

Dibuka oleh President Director NTT, Mizuho Tada, melalui acara NTT Com Startup Challenge diharapkan NTT Communications dapat menjadi bagian dari inovasi-inovasi yang terus lahir di Indonesia dan Asia pada umumnya. Turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hatarto, beliau berharap startup dapat menjadi awal dari Indonesia 4.0.

Advertisement

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel membahas mengenai ekosistem startup di Indonesia. Dimoderatori oleh Brendan Rakhpongphairoj yang merupakan CEO dari Qontak, diskusi panel bersama Vijay Sarashetti – Head of IT dari Indonusa Dwitama, Joshua Agusta – Investor dari MDI Ventures dan Herman Widjaja selaku VP of Technology dari Tokopedia berjalan menarik. Anggota panel saling memberikan pendapat melalui pengalaman selama menggeluti dunia startup tidak hanya dari sudut pandang produk, namun juga dari sisi market, investment landscape dan tren teknologi yang berguna bagi para startup untuk scale up secara global.

Tahun ini NTT Com Startup Challenge berhasil menarik perhatian 500 startup di Indonesia dan dari 500 startup tersebut dipilih 10 finalis terbaik yaitu iGrow, Ravenry, Halal Local, Raksasa, Live, BJ Tech, Callista, Raelab, FlySpaces, dan Crowde. Setelah mempresentasikan startupnya di hadapan juri selama 4 menit, juri diberikan waktu untuk sesi tanya jawab selama 2 menit pada masing-masing startup.

Semua startup mendapatkan antusiasme yang tinggi dari 400 hadirin yang hadir. iGrow kemudian keluar sebagai pemenang dari NTT Com Startup Challenge 2018 Indonesia, diikuti oleh Ravenry yang memperoleh Best Innovation Award, dan Raksasa yang memperoleh Best Marketing Award. Pemenang selain mendapatkan hadiah uang tunai dengan total USD 10,000 juga mendapatkan fasilitas ICT dari NTT Communications dan juga trip ke Jepang untuk membahas strategic partnership dengan NTT Communications.

Advertisement

Salah satu juri dari KK Fund yaitu Kuan Hsu berpendapat bahwa acara NTT Communications Startup Challenge 2018 Indonesia mampu menghadirkan startup yang bervariasi baik dari segi latar belakang industri dan juga stage dari startup itu sendiri. NTT Communications Startup Challenge 2018 kemudian akan dilanjutkan di Malaysia pada 11 Oktober 2018 dan ditutup di Vietnam pada 22 November 2018.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya