#NyalakanHati, Gerakan Bank OCBC NISP untuk Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi COVID-19

Perkembangan pandemi COVID-19 yang menghadirkan berbagai perubahan dalam menjalankan aktivitas selama bulan suci Ramadan, berpotensi menimbulkan dampak serius pada kesehatan mental masyarakat.

Jakarta, 14 Mei 2020 – Perkembangan pandemi COVID-19 yang menghadirkan berbagai perubahan dalam menjalankan aktivitas selama bulan suci Ramadan, berpotensi menimbulkan dampak serius pada kesehatan mental masyarakat. Keterbatasan interaksi sosial secara fisik menimbulkan adanya perasaan terisolasi karena tidak bisa berkunjung dan bertemu langsung dengan keluarga di momen Ramadan. Selain itu perasaan cemas juga semakin meningkat dikarenakan kekhawatiran kondisi ekonomi yang akan terjadi kedepannya. 

Ajak Jaga Kesehatan Mental, Bank OCBC NISP Hadirkan Gerakan #NyalakanHati

Advertisement

Survei yang dilakukan oleh Bank OCBC NISP di akhir bulan April 2020 menunjukkan bahwa 61% responden merasa khawatir atau sangat khawatir terkait situasi pandemi; dimana 29% responden merasa stres, 40% merasa cemas, dan 68% merasa bosan.1 Sejalan dengan survei ini, survei Kantar juga menunjukkan adanya peningkatan perasaan cemas dimana faktor pengaruh terbesar pertama yakni sebesar 49% disebabkan oleh kekhawatiran akan dampak pandemi terhadap kehidupan sehari-hari, termasuk kebebasan dalam berinteraksi sosial. Dan faktor terbesar kedua disebabkan kekhawatiran terhadap kesehatan finansial, yakni sebesar 43%.

“Bank OCBC NISP terus mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap bergerak maju dan produktif pada masa pandemi COVID-19. Pada Maret 2020 lalu, Bank OCBC NISP telah meluncurkan panduan ‘Solusi Banking from Home’ dan menyelenggarakan ‘#TAYTB Live Stream Fest’ yakni festival online terbesar pertama di Indonesia pada bulan April 2020. Pada bulan Mei 2020 ini, Bank OCBC NISP kembali membawa semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa #TAYTB dengan memberikan dukungan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan mental dengan rangkaian gerakan #NyalakanHati”, jelas Ka Jit, Head of Strategy and Innovation Bank OCBC NISP

Rangkaian kegiatan dalam gerakan #NyalakanHati dari Bank OCBC NISP, diantaranya adalah :

Advertisement
  1. Meluncurkan film pendek berjudul “Sepuluh Meter” yang disutradarai oleh Yandy Laurens dan dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir berserta keluarga. Film ini menceritakan seorang sahabat yang mengajak untuk terus bergerak maju dan tidak putus asa dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19. Film “Sepuluh Meter” dapat dinikmati di Youtube Bank OCBC NISP yang ditayangkan perdana hari ini, 14 Mei 2020.
  2. #NyalakanHati Mental Health Tool-kit yang ada di www.taytb.com/nyalakanhati, berisi konten informatif terkait kesehatan mental, antara lain : a) e-Guidebook “Stay Happy at Home” berisi konten kesehatan mental dan tips praktis Solusi Banking  from Home yang bisa dibagikan dengan mudah kepada keluarga dan kerabat. b) e-Jurnal NyalakanHati, sebuah buku pendamping berdasarkan film “Sepuluh Meter” untuk diskusi bersama sambil menyelami diri saat #DiRumahAja. c) Kurasi konten & artikel yang berkaitan dengan mental health dan aktivitas yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi stres.
  3. Partnership dengan institusi kesehatan mental dan juga psikolog, dimana nasabah bisa mendapatkan bebas biaya konseling, hingga promo khusus untuk mengikuti berbagai program kesehatan mental. Daftar lengkap bisa dilihat di taytb.com/nyalakanhati mulai 14 Mei 2020.
  4. #TAYTBLiveTalks yang secara regular membagikan topik terkait managing finances, wellness dan tips menjaga kesehatan mental setiap hari Senin dan Rabu, live di IG @ocbc_nisp jam 12.00 – 13.00 WIB.

Yandy Laurens, Sutradara film pendek “Sepuluh Meter” yang juga hadir di acara pemutaran perdana turut membagikan pendapatnya, “Sepuluh Meter hadir dari kegelisahan yang sama-sama kita alami di tengah situasi yang serba tak pasti. Proses pembuatannya unik sekali, karena keseluruhan tahap penulisan, pra produksi, shooting, dan editing film ini dilakukan dari rumah masing-masing, tanpa bertemu langsung. Harapan saya, film Sepuluh Meter bisa mewakili perasaan kita yang di rumah dan menjadi gambaran seberapa tangguhnya kita sebagai pribadi.” 

Advertisement

Cinema XXI, sebagai perusahaan jaringan bioskop terbesar di Indonesia, melalui Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI menyatakan, “Kami mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Bank OCBC NISP dan sineas perfilman Indonesia dalam menghadirkan karya di tengah kondisi pandemi saat ini. Kami berharap inisiatif ini dapat memberikan semangat dan inspirasi bagi para pelaku industri kreatif khususnya industri perfilman.” 

Komitmen Bank OCBC NISP Hadirkan Kenyamanan Aktivitas Perbankan

Gerakan #NyalakanHati merupakan cerminan Bank OCBC NISP terus bergerak maju bersama masyarakat dan menjadi rekan terpercaya untuk menghadapi berbagai situasi, bahkan di saat krisis. Di Bank OCBC NISP, pandemi ini menjadi momentum untuk melakukan percepatan transformasi menyeluruh untuk menciptakan cara baru dalam bekerja dan berinteraksi. Bank OCBC NISP mengakselerasi sistem layanan tanpa tatap muka dan kertas (paperless) hingga mencapai 96%. Nasabah individu kini sepenuhnya bisa membuka akun secara online tanpa tatap muka dan kertas, bahkan bisa melakukan lebih dari 90% transaksi yang biasa harus melalui cabang. 

“Akselerasi digitalisasi yang dilakukan Bank OCBC NISP membantu masyarakat untuk tetap positif dan produktif. Melawan rasa takut terpapar virus, dengan meminimalisir interaksi langsung saat melakukan transaksi perbankan, melalui aplikasi mobile banking ONe Mobile. Melawan rasa cemas soal kondisi keluarga di kampung halaman, dengan jangan mudik dan kirim uang melalui fitur multi-transfer di ONe Mobile. Serta melawan panik akan kondisi kesehatan finansial, dengan belajar pengelolaan keuangan dirumah melalui #TAYTBLiveTalks dan kelola dana darurat dan investasi di ONe Mobile”, tutup Ka Jit. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE