Penuh Haru, Penutupan KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa Tahun 2022 Meninggalkan Kesan Mendalam Bagi Masyarakat Desa Purwodadi

Setelah menjalani rangkaian kegiatan sebagai bentuk pengabdian di Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang selama kurang lebih empat bulan lamanya, pada hari Selasa, 21 Juni 2022 peserta KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa melaksanakan Closing Ceremony & Mini Festival. Kegiatan ini diikuti oleh 29 orang peserta yang terdiri dari jajaran dosen prodi Ilmu Komunikasi Unesa, Perangkat Desa Purwodadi, MUSPIKA (Musyawarah Pimpinan Kecamatan), para pelaku UMKM dari dua KUBE (Kelompok Usaha Bersama) yang sudah dibentuk sebelumnya, serta anak-anak pekerja migran beserta pengasuhnya. 

Advertisement

Selain ditujukan sebagai penutup rangkaian kegiatan KKN, kegiatan ini juga bertujuan untuk menampilkan hasil dari pendampingan mahasiswa KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa terhadap pelaku UMKM dan anak pekerja migran yang ada di Desa Purwodadi. Dalam acara ini, para pelaku UMKM diberi kesempatan untuk mempromosikan produk-produk usaha mereka melalui bazar dan parade busana. Sedangkan anak-anak para pekerja migran berpartisipasi menjadi pengisi acara dalam kegiatan ini melalui tiga penampilan yakni Tari Manuk Dadali, Tari Indang, dan Ganongan. Agenda utama dalam acara ini adalah penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara pihak Pemerintah Desa Purwodadi dan Universitas Negeri Surabaya yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Prodi terkait. Acara yang tak kalah penting juga adalah Seminar Hasil KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa tahun 2022 yang bertujuan untuk memaparkan seluruh program kerja dan hasil yang telah dicapai.

dok. KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa

Danang Tandyonomanu, Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Unesa dalam sambutannya menyatakan bahwa mahasiswa KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa pada hakikatnya diajarkan untuk mencoba menerapkan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari di bangku perkuliahan dan menyesuaikannya dengan kehidupan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Hal ini rasanya telah berhasil dilaksanakan dengan baik oleh para peserta KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa. 

Pasalnya, Maslakah yang merupakan pembimbing anak-anak pekerja migran di Desa Purwodadi memberi tanggapan positif sekaligus rasa terima kasih yang mendalam bagi para peserta KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa. Menurutnya, kedatangan para mahasiswa KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa telah berhasil membangkitkan keterpurukan para anak-anak pekerja migran, terutama setelah kurang lebih dua tahun lamanya terkendala oleh pandemi. Maslakah berharap semangat dan keceriaan yang telah dipupuk lewat program-program pemberdayaan KKN-T Ilmu Komunikasi Kab. Malang ini tidak berhenti sampai ditutupnya kegiatan KKN-T ini saja melainkan dapat langgeng hingga masa-masa selanjutnya.

dok. KKN-T Ilmu Komunikasi Unesa

Selaras dengan Maslakah, Nuriyah selaku salah satu peserta pemberdayaan UMKM menuturkan bahwa adanya rangkaian kegiatan pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh peserta KKN-T Ilmu Komunikasi Kab. Malang telah membawa mereka selangkah lebih maju dalam hal pemasaran produk. Walaupun belum begitu mahir, namun setidaknya ada ilmu baru yang mereka peroleh dan dapat dijadikan bekal untuk meningkatkan kualitas UMKM.

Dengan berakhirnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Ilmu Komunikasi Unesa yang telah dilaksanakan selama 4 bulan di Desa Purwodadi ini telah purna tugas mahasiswa dalam menjalankan program kerja dan belajar kehidupan bermasyarakat. “ Harapan kedepannya,semoga rekan-rekan KKN bisa memetik hikmah untuk masa depan masing-masing individu” ujar Sutarmin, Kepala Desa Purwodadi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini