• 28 April 2019, 12:00 am
  • Nanjing, Tiongkok

Bertemakan “Harmoni Cinta Indonesia” Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok cabang Nanjing pada tanggal 28 April, 2019 bertempat di  Huanyu Cheng Mall di kota Nanjing mengadakan  festival budaya Indonesia yang ke-4. Acara tahunan yang rutin digelar ini sebagai ajang mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri juga memberikan wadah bagi mahasiswa dan warga Indonesia di Nanjing dan kota sekitarnya untuk ikut serta berpartisipasi menampilkan bakat bakat mereka dalam acara ini.

Acara Nusantara yang sukses diselengggarakan ini mampu mengundang antusiasme pengujung yang mana bukan hanya warga lokal (china) yang menyaksikkan tetapi juga orang asing dari banyak negara datang menonton di acara Nusantara. “menarik dan mengedukasi” kata salah satu murid lokal yang datang menyaksikkan. Mereka dengan asyik mengunjungi stan pameran yang mana di stan tersebut kita dapat berfoto dengan model yang mengenakan baju adat khas provinsi di Indonesia selain itu kita dapat belajar dari alat musik angklung dan mencipipi makanan khas daerah Indonesia salah satunya papeda dengan ikan kuah kuning.

Advertisement

Nusantara menjadikan wadah mengembangkan bakat terutama bakat mahasiswa Indonesia yang sedang menempuuh pendidikan di sekitar kota Nanjing. Bakat mahasiswa Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan di luar negeri.Ini terbukti dengan banyaknya talenta talenta berbakat ikut berpartisipasi menampilkan karya seni. Karya seni yang ditampilkan mulai dari tarian tarian nusantara, fashion show festival yang memukau dan tak kalah menarik dimeriahkan oleh group band dan paduan suara yang ikut tampil dalam acara nusantara ini.

Harmoni cinta Indonesia juga turut menghadirkan batik sebagai kesenian  Indonesia yang mendunia dimana kita bisa belajar proses pembuatan batik tulis di stan batik yang sudah disediakan. “Suka dan senang bisa belajar membatik dengan manual, pertama kalinya saya memegang canting batik dan diajari proses pembuatannya,” kesan mahasiswa Indonesia di kota Nanjing. Tak hanya itu stan batik ramai dikunjungi oleh turis asing maupun lokal mereka dengan senang mencoba membatik dan mengoreskan canting diatas kain putih yang sudah mereka beri motif hasilnya pun bermacam macam motif yang mereka goreskan dan sangat berkesan bagi mereka bisa mencoba mempelajari batik dari kesenian Indonesia.

Tak lengkap rasanya kalau belum dangdutan bersama salah satu semboyan warga Indonesia di Nanjing, acara sangat meriah ditutup dengan dangdutan bersama baik panitia maupun penoton ikut serta goyang dangdut di acara Nusantara hingga berakhir dipukul 10 malam.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya