• 26 Mei 2019, 4:00 pm
  • Pesantren Ibtida'ul Hasan Tanggerang Selatan

Pesantren Ibtidaul Hasan yang terletak di Desa Kebasiran Kecamatan Pagedangan Tangerang ini telah berdiri sejak tahun 1990 dan diurus oleh pasangan suami istri. Meskipun memiliki penghasilan yang pas-pasan, namun mereka tetap mendedikasikan hidup dan hartanya untuk para santri yang saat ini berjumlah sekitar 147 orang dengan 40 santri yang tinggal di sana.

Berada di pingiran kota tak menjamin kondisi yang memadai karena fasilitas di sana masih jauh dari kata layak, terlebih lagi pada bangunan pesantren. Kondisi kamar para santri pun sungguh memprihatinkan yang hanya berupa bangunan dengan dinding dari anyaman bambu dengan ukuran sekitar 1.25 x 1.25 m untuk ditinggali 2 hingga 3 anak santri. Untuk itulah, dalam rangka berbagi di Bulan Suci Ramadan, Remaja Islam Sunda Kelapa (Riska Menteng) akan menyelenggarakan Anjangsana Sosial Ramadan 1440 H di Pesantren Ibtidaul Hasan Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Ramadan Bersama RISKA (RBR) 2019. Anjangsana Sosial RISKA (ANSOR) bertujuan untuk menyemarakan bulan suci Ramadan dengan berjuta kebaikan.

Advertisement

Tidak hanya merenovasi pesantren, ANSOR juga memiliki kegiatan lain untuk para santri, pengurus, serta warga sekitar, dengan rincian:

1. Renovasi Pesantren

Perbaikan pada asrama santri putra, drainase serta pembangunan ruang belajar

Advertisement

2. Pelatihan Kewirausahaan

Yang berfokus untuk memberikan bekal wirausaha berupa kantin yang akan dikelola oleh pengurus dan santri sehingga dapat menjadi sumber pemasukan untuk pesantren

3. Pengobatan Gratis ditujukan untuk pesantren dan warga sekitar

4. Bingkisan Lebaran

memberikan keperluan untuk pesantren, para santri dan pengurus

5. Tausiah, hiburan dan Lomba

Tausiah Ramadan yang bertujuan untuk menambah ketakwaan kepada Allah azza wa jalla. Ada pula lomba berupa Adzan, Mewarnai dan MTQ untuk para santri serta diselingi dengan story telling untuk para santri anak – anak 6.

Buka Puasa bersama pengurus dan para santri kami, Remaja Islam Sunda Kelapa (RISKA) sadari, kami tidak dapat berjalan sendiri dan untuk itulah, kami membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam menyukseskan rangkaian kegiatan ini. Uluran tangan dan berjuta kebaikan dari Bapak/Ibu/Saudara/Saudari akan menjadi tunas yang akan terus tumbuh berkembang dan dapat dipanen di dunia dan akhirat.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di
jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiaptiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” – (QS. Al-Baqarah: 261)

Rangkaian Ramadan Bersama RISKA diawali dengan Tarhib Ramadan Fin O Rama yang digelar di tanggal 28 April 2018 dengan menghadirkan funwalk menyambut Ramadan, kompetisi Archery War, talkshow inspiratif bersama Natta, Wardah Maulia dan AyubMomalula, penampilan Volaris RISKA, Tausiyah bersama Ustad Rifky Jafar dan Mario Irwinsyah. Acara Tarhib Ramadan ini, ditutup dengan penampilan dari Chiki Fawzi yang
semakin memeriahkan suasana.

RISKA menggelar Ramadan Bersama RISKA (RBR) 2019 ini dengan tujuan mempersatukan dan menjalin kembali silaturahim setelah perbedaan pendapat dalam pilpres. Semoga dengan acara Ramadan Bersama RISKA, kita bisa merapatkan shaf untuk meraih berjuta kebaikan di Bulan Suci Ramadan.

Contact

Sarah (0856-8712-059)

Alamat: Sekretriat Remaja Islam Sunda Kelapa

Gedung Rumah Sehat Baznas Lantai 5 Masjid Agung Sunda Kelapa

Jl. Jalan Taman Sunda Kelapa No.16A RT.06/RW.04, Menteng, Jakarta 11160

Facebook: Remaja islam sunda kelapa

Website: www.riska.or.id

Twitter: @riskamenteng

IG: @riskamenteng

Youtube: Riska Menteng

Kitabisa: https://www.kitabisa.com/pesantrenlayak

Muda, Gaul, Berkarya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya